Adv

Apa yg terjadi dibulan Februari?


Apa kabar di bulan februari ini? Apakah sekarang dipenuhi dengan cinta dan kebahagiaan? Terkadang bulan ini diidentikkan dengan pink dan coklat. Semuanya digambarkan dengan bentuk hati, beberapa orang mengatakan bahwa ini bulan penuh cinta. Banyak acara yang berhubungan dengan aroma cinta dilakukan. Entah yang bernuansa perjodohan seperti blind date atau pernikahan. Memang februari merupakan bulan romantic bagi kebanyakan orang.
Semua tempat berusaha menghadirkan suasana romantic termasuk banyak toko yang berusaha untuk melakukan penjualan besar-besaran terhadap pernak pernik valentine. Sepertinya banyak orang yang memanfaatkan moment seperti ini untuk menyatakan cinta atau sekedar memupuk cinta. Sepertinya akan banyak kejadian yang seru di youtube, karena banyak orang sekarang hobi untuk eksis, dimana semua rekaman kejadian special dimasukkan ke youtube agar dilihat banyak orang, syukur-syukur bisa jadi artis instant dan terkenal. Tidak hanya di Indonesia, fenomena ini juga banyak terjadi diluar negeri.





Okelah, kembali lagi ke februari yang identik dengan valentine day, valentine day adalah suatu kejadian yang terjadi dibulan ini. Sebagian warga dunia merayakannya dan mengganggap sebagai moment penuh cinta, kalau dahulu memang diidentikkan dengan perayaan agama, namun sekarang hanya menjadi tradisi dan kebiasaan saja, namun tetap saja bebrapa orang menganggap bahwa perayaan ini dilarang atau haram. Memang hal ini sah-sah saja karena merujuk pada sumber kepercayaannya masing-masing yang dianut oleh umatnya.
Terlalu sensitive jika saya membahasnya apalagi saya tidak mendalami agama sehingga tidak paham darimana semua itu berasal, namun ada baiknya jika pembaca blog ini tahu sedikit sejarahnya yang saya sadur dari Wikipedia dan berbagai sumber. Ada baiknya juga sedikit membaca agar tidak berburuk sangka J .
Hari Valentine (bahasa Inggris: Valentine's Day) atau disebut juga Hari Kasih Sayang, pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat. Asal-muasalnya yang gelap sebagai sebuah hari raya Katolik Roma didiskusikan di artikel Santo Valentinus. Beberapa pembaca mungkin ingin membaca entri Valentinius pula. Hari raya ini tidak mungkin diasosiasikan dengan cinta yang romantis sebelum akhir Abad Pertengahan ketika konsep-konsep macam ini diciptakan.

Hari raya ini sekarang terutama diasosiasikan dengan para pencinta yang saling bertukaran notisi-notisi dalam bentuk "valentines". Simbol modern Valentine antara lain termasuk sebuah kartu berbentuk hati dan gambar sebuah Cupido (Inggris: cupid) bersayap. Mulai abad ke-19, tradisi penulisan notisi pernyataan cinta mengawali produksi kartu ucapan secara massal. The Greeting Card Association (Asosiasi Kartu Ucapan AS) memperkirakan bahwa di seluruh dunia sekitar satu miliar kartu valentine dikirimkan per tahun.[1] Hal ini membuat hari raya ini merupakan hari raya terbesar kedua setelah Natal di mana kartu-kartu ucapan dikirimkan. Asosiasi yang sama ini juga memperkirakan bahwa para wanitalah yang membeli kurang lebih 85% dari semua kartu valentine.
Di Amerika Serikat mulai pada paruh kedua abad ke-20, tradisi bertukaran kartu diperluas dan termasuk pula pemberian segala macam hadiah, biasanya oleh pria kepada wanita. Hadiah-hadiahnya biasa berupa bunga mawar dan cokelat. Mulai tahun 1980-an, industri berlian mulai mempromosikan hari Valentine sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan perhiasan.

Sebuah kencan pada hari Valentine seringkali dianggap bahwa pasangan yang sedang kencan terlibat dalam sebuah relasi serius. Sebenarnya Valentine itu merupakan hari Percintaan, bukan hanya kepada pacar ataupun kekasih, Valentine merupakan hari terbesar dalam soal Percintaan dan bukan berarti selain valentine tidak merasakan cinta.
Di Amerika Serikat hari raya ini lalu diasosiasikan dengan ucapan umum cinta platonik "Happy Valentine's", yang bisa diucapkan oleh pria kepada teman wanita mereka, ataupun, teman pria kepada teman prianya dan teman wanita kepada teman wanitanya.


Hari Valentine pada era modern
Hari Valentine kemungkinan diimpor oleh Amerika Utara dari Britania Raya, negara yang mengkolonisasi daerah tersebut. Di Amerika Serikat kartu Valentine pertama yang diproduksi secara massal dicetak setelah tahun 1847 oleh Esther A. Howland (1828 - 1904) dari Worcester, Massachusetts. Ayahnya memiliki sebuah toko buku dan toko peralatan kantor yang besar dan ia mendapat ilham untuk memproduksi kartu dari sebuah kartu Valentine Inggris yang ia terima. (Semenjak tahun 2001, The Greeting Card Association setiap tahun mengeluarkan penghargaan "Esther Howland Award for a Greeting Card Visionary".)

Tradisi Hari Valentine di negara-negara non-Barat
Di Jepang, Hari Valentine sudah muncul berkat marketing besar-besaran, sebagai hari di mana para wanita memberi para pria yang mereka senangi permen cokelat. Namun hal ini tidaklah dilakukan secara sukarela melainkan menjadi sebuah kewajiban, terutama bagi mereka yang bekerja di kantor-kantor. Mereka memberi cokelat kepada para teman kerja pria mereka, kadangkala dengan biaya besar. Cokelat ini disebut sebagai Giri-choko, dari kata giri (kewajiban) dan choco (cokelat). Lalu berkat usaha marketing lebih lanjut, sebuah hari balasan, disebut “Hari Putih”(White Day) muncul. Pada hari ini (14 Maret), pria yang sudah mendapat cokelat pada hari Valentine diharapkan memberi sesuatu kembali.

Di Taiwan, sebagai tambahan dari Hari Valentine dan Hari Putih, masih ada satu hari raya lainnya yang mirip dengan kedua hari raya ini ditilik dari fungsinya. Namanya adalah "Hari Raya Anak Perempuan" (Qi Xi). Hari ini diadakan pada hari ke-7, bulan ke-7 menurut tarikh kalender kamariyah Tionghoa.
Di Indonesia, budaya bertukaran surat ucapan antar kekasih juga mulai muncul. Budaya ini menjadi budaya populer di kalangan anak muda. Bentuk perayaannya bermacam-macam, mulai dari saling berbagi kasih dengan pasangan, orang tua, orang-orang yang kurang beruntung secara materi, dan mengunjungi panti asuhan di mana mereka sangat membutuhkan kasih sayang dari sesama manusia. Pertokoan dan media (stasiun TV, radio, dan majalah remaja) terutama di kota-kota besar di Indonesia marak mengadakan acara-acara yang berkaitan dengan valentine.

Ada hal lain yang juga mungkin terjadi hanya dalam 4 tahun sekali, yaitu perayaan ulang tahun ditanggal 29 februari. Memang akan banyak moment penting yang terlewatkan apalagi jiga moment tersebut adalah sweet seventeen atau lainnya, saya bisa membayangkan betapa sedihnya. Tapi itu sudah jadi konsekuensi lahir ditanggal 29 februari, semoga tidak banyak kisah yang terlewatkan yah. Menikmati setiap moment dalam hidup memang menyenangkan. Tapi moment menyenangkan bisa anda lakukan setiap hari. Nikmati setiap sentuhannya. Selamat bulan februari, banyak cinta untuk anda.\

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.