Adv

Catatan yang tertinggal di 2008

Okei!!! Sebelum menceritakan lebih lanjut kayanya pengen banget ngucapin selamat hari ibu kepada seluruh ibu diseluruh dunia. Semoga kita makin menyadari bahwa sesungguhnya benar bahwa surga itu berada di bawah tlapak kaki ibu. Pesan moral yang pengen diambil intinya adalah kita harus menghormati orang tua apapun dan bagaimanapun caranya. :~ hehehe ternyata saya memang bijaksana hihihi

Wah….. perjalanan dari Jakarta beberapa hari ini memang cukup melelahkan, semua seraba mahal dan sangat tidak nyaman bahasa kerennya uncomfortable. Mudah-mudahan nanti saya sempet nyeritain sebelnya dalam perjalanan ini wakakaka. :D ya sudahlah!! :z sesampainnya di Pontianak rasaya bener-bener kangen untuk menikmati makanan di Pontianak. Wuih, apa ya kira-kira menu makan siang saya kali ini? Hmmm pilihan tepat untuk segera meluncur ke Restoran Ayam Goreng Pemuda. Menu apa ya kira-kira yang
bakal saya nikmati?? Pasti dong saya akan memilih makanan sehat, apa ajah nih menu pilihannya? Penasaran pengen tahu kelanjutan cerita makan siang sehat saya ? Let,s go blogger!! :~ :~



Makanan sehat kali ini yang saya pilih adalah makanan kaya serat. Hmmm makan lalapan kayanya cocok nih. Dan akhirnya lalapan dan sambal bajak denganterasi merupakan pilihan utama saya. Saya juga sempet memilih makanan pendamping dan saya pilih ayam semur, dadar jagung dan sambal kentang.

Wuih, bergizi sekali makanan saya kali ini dan pastinya juga bakalan sangat mengugah selera untuk segera dinikmati, belom lagi rasa lapar yang emang udah menyerang saya dari tadi. Tak lupa sepiring nasi putih dan tentu saja minuman kegemaran saya, SOYA BEAN. Its so delicious. Dan moeakkkknyuzzzz

Lalapan saya kali ini terdiri dari, rebusan daun singkong, rebusan wortel, timun segar dan satu lagi lalapan yang jarang sekali saya makan, that was KECIPIR. Pernah denger sayuran yang satu ini kan?? Agak sepet, sedikit manis dan ada semacam rasa yang sulit untuk diceritakan hehehehe. Yang jelas enak banget kok! Asal sambalnya juga pas buat dari segi pedes, manis dan gurihnya. Oh ya menurut tinjauan teoritis yang saya baca :D kecipir mengandung lumayan banyak serat dan mengandung lumayan banyak anti oksidan sehingga lumayan bagus buat kulit tapi mesti diinget saat merebusnya, kecipir tidak bole terlalu matang sehingga menjadi becek. Bahkan kalo bisa cukup disiram air yang mendidih.

Owww…. Yang jelas, pasti rasa sepet dan bau langu yang dihasilkan akan semakin timbul, dan bagi anda yang ngga terbiasa dengan rasa ini sebaiknya mesti mempersiapkan sambel yang bener-bener pas untuk lidah anda. Kalau bisa mempunyai raa yang lebih tajam. Gimana-gimana yang namanya lalapan memang akhirnya sambalnya juga yang menentukan kelezatannya. Hmmmmso deliciozzz. Yuk mariiii…
Untuk menu tambahan lain yang cukup menarik untuk dinikmati adalah dadar jagungnya. Rasa jagung yang bener-bener terasa dan ditambah dengan jagung pipilannya, membuat rasanya bertambah maknyuz lagi. Menurut saya ada dua jenis dadar jagung yang mengugah selera. Yang pertama adalag dadar jagung yang dibuat flat seperti telur dadar atau yang dibuat berbentuk bulat atau oval dengan tipe garing diluar dan lembut didalam. Biasanya yang sperti ini ada tambahan lain didalam adonannya semisal udang,ayam atau hati. Bisa kebayang lezatnya seperti apakan?? Hmmm bener bener rasa yang tak terduga. :~ tapi kali ini saya ngga akan ngebahas gimana cara ngebuatnya. Kali ini yang bakal saya buat adalah gimana cara membuat sambalnya.

Resep:Sambal bajak
Bahan
• 10 buah cabai merah.
• 1 buah tomat, buang bagian tengahnya, potong kecil-kecil.
• 2 sdt terasi, sangrai.
• 3 butir bawang merah.
• 2 siung bawang putih.
• 1 cm lengkuas.
• 2 lembar daun salam.
• 1 batang serai, ambil bagian pangkal, memarkan.
• 2 sdm asam jawa, larutkan dalam 3 sdm air, remas-remas lalu ambil airnya.
• 2 sdm gula merah.
• Garam secukupnya.
• Minyak goreng untuk menumis.
Cara membuat
1. Terasi disangrai hingga harum, pisahkan.
2. Cabe merah, bawang merah, dan bawang putih, serai, terasi, daun salam dan lengkuas ditumis hingga layu.
3. Taruh semua bahan di cobek, lalu dihaluskan. Air asam diberikan sedikit-sedikit.
4. Sambal bajak cocok untuk menemani ayam goreng.

Nah dari resep diatas, ada beberapa hal yang bisa dikurangi jumlahnya, semisal bawang putih, atau malahan dikurangi sama sekali. Mungkin karena kebiasaan dirumah, saya lebih senang jika tidak menggunakan bawang putih sama sekali.
Selamat mencoba resep ini. Dan jangan lupa….. undang saya kalau sukses ya.

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.