Adv

Menu Cemilan Sore < Pisang Goreng Keju, Lumpia Goreng isi Sayuran,Kelepon dan Kacang Mede Goreng

SEBELUM MELANJUTKAN TULISAN INI, IJINKAN SAYA MENGUCAPKAN SELAMAT IDUL ADHA, JANGAN LUPA JAGA KOLESTEROL YA......

Wah menyenangkan sekali saat bisa bersantai dan lepas sebentar dari program diet yang cukup menyiksa saya setelah beberapa lama berdiet, sore hari yang menyenangkan untuk hunting makanan kecil disekitar Kota Baru. Dipinggir jalan banyak sekali ditemukan penjual gorengan dan jajanan kecil dengan harga yang lumayan murah, berkisar antara Rp.600,- rupiah sampai dengan Rp.1000 rupiah. Wak :~ pastinya udah pada ngiler yah? Makanya para blogger mesti mencoba menikmati menu ini disore hari sembari menikmati kopi atau teh plus susu ato bole juga ditambahkan krimer.
Nah Klo mau nyari, silakan aja disepanjang jalan kota baru. Disana para blogger bisa menemukan puluhan penjual gorengan dengan menu yang bermacam-macam serta ada beberapa pilihan menu lauk seperti ayampanggang dan lainnya. So.. :D tunggu apalagi? Let's Go Blogger....



Oke, Menu pertama yang saya nikmati adalah pisang keju, hmmm kalo diliat dari tampilannya memang sangat menyenangkan sekali pisang goreng ukuran kecil yang dilumuri susu dengan parutan keju diatasnya. menyenangkan sekali. tapi begitu dilihat setelah digigit ternyata pisang goreng terlihat seperti jemput-jemput. Tidak ada yang special rasanya. Khas pisang goreng cuman lebih asin dan gurih sedang rasa manisnya didapat dari susu.Sebenarnya menurut saya, pisang goreng yang enak adalah pisang goreng yang renyah dan gurih sedangkan rasa manis lebih baik didapat dari pisang. Cari pisang kepok yang pas dan tidak terlalu matang. Untuk tepung yang digunakan sebaiknya tidak hanya menggunakan tepung terigu saja karena akan membuat tidak gurih dan cenderung melempem saat dingin. Sebaiknya tambahkan tepung beras sedikit dengan perbandingan 1(tepung beras):2(tepung terigu) dan jangan lupa untuk menambahkan soda kue sedikit agar bisa menghasilkan efek renyah dan crispy. Ini suka juga bisa digunakan untuk ayam goreng.Tips lain yang ngga bole dilupakan adalah, jangan menambahkan gula pasir terlalu banyak kedalam adonan karena akan membuat pisang goreng lengket diwajan dan akan lebih cepat gosong. Pastikan juga api yang digunakan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Semoga pisang goregnya sempurna dengan rasa yang menyenangkan.

Menu selanjutnya adalah lumpia. Lumpia yang enak dan gurih adalah lumpia yang garing dikulit dan gurih diisiannya. Ada beberapa tips yang harus diterpakan untuk mendapatkan lumpia yang mantep dan woekeh. Misalnya sewaktu menggoreng tambahkan butter untuk membuat kulit lumpia menjadi kering dan krenyez. Untuk isian memang ada beberapa macam jenis sayuran dan daging yang bisa dimasukkan kedalam kulit lumpia. Hmm bisa isian standart seperti kentang, wortel danayam atau mau isian daging cincang atau bisa juga dengan bermacam-macam sayuran.


Kali Ini sepertinya yang dipilih untuk isian kali ini adalah bengkuang dengan ebi, benar-benar gurih dengan tambahan bawang putih dan merica. Hmmm rasa yang luar biasa, garig dan lembut diluar serta lemut dan mantap didalam. Saya jadi teringat isiab chai kwee yang menjadi favorit santap siang meskipun harus segera mencuci mulut karena aroma bawang putih yang menyengat. hehehe ;) Segelas kopi tetap menjadi pilihan menyenangkan.

Kelepon, salah satu pusaka kuliner Indonesia yang harus dijaga kelestariannya. Memang tidak susah untuk mendapatkan kuliner yang satu ini. Kue terbuat dari tepung ketan dengan tambahan pewarna daun suji dan beraroma pandan, dengan isian gula merah dan taburan kelapa parut. Rasanya gurih. Warning!! Peringatan untuk anda, jika ingin menikmati makanan ini jangan pernah untuk memakannya panas-panas karena cairan gula merah yang berada di tengah kelepon akan sangat panas dan bisa membakar lidah anda dan ingat jangan pernah menelan kelepon tanpa menggigit atau mengunyahnya terlebih dahulu. Bahaya jika tersedak!! :~ heehhe :)

Oh ya. Buat para blogger, jangan pernah meremehkan kudapan sederhana ini. selain sehat ternyata kudapan ini dapat menjadi kudapan buat yang lagi diet, karena selain sehat ternyata mengandung sedikit lemak. dan pastinya tidak mengandung pengawet hehehe. Sip lah. Selamat menikmati kudapan sore.

1 komentar:

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.