Adv

Makan Siang < Mie Bangka Legit "Bu Novi" Cabang Jakarta

Uhui... :z Masih dalam program diet ketat huehuehue... menghindari makan nasi dan menyantap mie saja untuk mengurangi berat badan. Kembali mencari dan mencoba segala menu yang berhubungan dengan mie. Hmmm Lumayan panas cuasa Pontianak, males banget mau jalan ke tempat yang jauh untuk mencari makan. Saya putuskan untuk mencari makan siang disekitar tempat saya bekerja saja hehehehe.... kemana yah.... Akhirnya diputuskan untuk mencoba tempat makan baru bernama.. teretttt toet... Warung Mie Bangka Legit "Bu Novi" Cabang Jakarta.

Wah tempatnya lumayan ramai karena banyak orang yang sedeang santai untuk minum kopi disini. Tempatnya lumayan luas dan terasa seperti warung makan chinese dari peralatan masak sampai tata ruangannya. Oh ya letaknya ada dijalan Sutan Syarif Abdurahman disamping MItraMart swalayan. Let's go Blogger... Kita vheck aja sama-sama yuk!! :z :z :~

Yap.... Mie legit bangka. Penasaran ama namanya dan akhirnbya membuat saya terpanggil untuk menikmatinya, hmmm seperti apa ya kira-kira? Akhirnya setelah memilih duduk dibawah kipas angin, saya langsung memesan seporsi mie legit bangka itu. Tidak terlalu lama menunggu, dan saya bisa merasakan kemikmatan mie tersebut tersaji dan terhidang didepan mata. Harumnya lumayan menggoda selera saya.

Tampilannya begitu ringan dan menggoda. Disajikan bersama kuah sup yang berisi lobak asin. Harum banget. Hmmm menyenangkan juga yah. bisa menikmati aroma yang seperti mie yamien. yup mirip banget.... ;) tapi para blogger mungkin ngga menemukan kuah kental disini. dengan aroma cumi atau udang. Disini mie disajikan kering dengan kuah yang menempel di mie tanpa tergenang dan para blogger juga ngga nebenukab kangkung, karena telah diganti dengan sawi. rasa gurih ini sepertinya didapatkan dari kaldu ayam dan kecap ikan yang ditambah dengan kecap manis. Rasanya bener legit dan gurih. Nah... yang ngga kalah menggtodanya lagi adalah rasa supnya yang gurih banget, berasal dari sup tulang ditambah merica dan lobak asin. Mantep banget..... maknyuz dah pokoknya.
Rasanya pas banget untuk menukmati 1 porsi mie ini beserta kuahnya, tapi ada cara makan yang lebih oke nih. seperti, jangan makan mie ini dalam keadaan sudah dingin dan juga jangan mengunyah terlalu lama, karena rasa legitnya akan berubah menjadi pahit. Menambahkan merica dan cabe bisa jadi pilihan tepat untuk menambah rasa mantap bin maknyus.

Saya beberapa kali mencari untuk resep mie ini. tapi saya tidak menemukan resep yang sama bin mirip dengan makanan ini. Akhirnya saya menyepadankan dengan mie yamin.
Nah, nih dia resep mie yamin

MIE YAMIN

June 21, 2007 · Filed under mie

Versi I

Sumber: Susan

Bahan-bahan:
100 gr jamur merang, dipotong menurut selera (mau dibelah 2, belah 4 atau diiris tipis)
250 gr fillet ayam dipotong menurut selera
Bawang putih dicincang
Jahe seruas jari digeprek
kecap ikan
1 sdm minyak wijen
Kecap asin
1 sdt merica
Minyak sayur untuk menumis
Kecap manis secukupnya
Air untuk merebus
Ceker ayam digeprek (biar kaldunya banyak keluar)
Daun bawang dirajang halus
Sawi / bokcoy
Mie
Baso sapi / ikan sesuai selera

Cara membuat:

* Rebus ayam & ceker hingga empuk dan matang. Ambil dagingnya, sisihkan kuahnya.
* Tumis bawang putih hingga harum, masukkan daging ayam dan minyak wijen tumis hingga berubah warna. Masukkan jamur, kecap ikan, kecap asin & kecap manis, garam dan merica. Tambahkan dua hingga tiga sendok makan kaldu ayam. Tutup panci dan masak hingga air habis. Angkat.
* Panaskan kembali kuah ayam, tambahkan garam dan merica.Rebus bakso didalamnya hingga terapung, masukkan rajangan daun bawang. Masukkan sawi yang telah dipotong-potong selama 3 menit dan angkat sawinya.
* Siapkan mie sesuai petunjuk memasaknya. Setelah masak tiriskan airnya dan tuang 1 sdm minyak wijen, minyak goreng , kecap asin dan kecap manis, aduk dengan sumpit supaya tidak lengket.
* Taruh mie dalam mangkok, beri dua sendok ayam dan jamur ditengahnya, dua tiga lembar daun sawi /bokcoi.
* Hidangkan bersama bakso dan kuahnya yang terpisah.

*****
Versi II

Sumber: ???

Bahan :
Bakso
pangsit goreng / rebus,
tahu bakso.
Paha ayam 4 potong.
Jamur merang 10 buah.( Bisa jamur apa aja kalo suka )
Mie telor / Mie basah
Cai sim ( sawi ).
Bawang putih.
Kecap ikan.
Kecap asin / Kikoman.
Kecap manis.
Daun bawang potong tipis2.
Minyak sayur.
Sambal botol

KUAH:
Rebus paha ayam sampe mateng, air nya jangan dibuang.
Sisihkan paha ayam.
Masukkan bakso, tahu bakso sampai air mendidih lalu kecilkan apinya.
Kalo mau pakai pangsit rebus, masukkan pangsitnya belakangan.
Tambahkan garam, merica sesuai selera.

TUMIS AYAM JAMUR.
Cabik2 / suwir2 daging ayam.
Iris bawang putih dan jamur tipis.
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan jamur dan daging ayam.
Kasih air sampai terendam.
Kasih kecap ikan, masak sampe air habis.

Cara menghidangkan:
Sediakan 2 bh mangkok ( 1 kecil, 1 besar ), untuk kuah bakso dan mie nya.
Untuk Mie Yamin : Beri kecap manis dan campur sampai rata. Diatasnya beri tumis ayam jamur , irisan daun bawang dan caisim yg sudah di seduh pake air panas. Beri pangsit goreng.
Untuk mangkok kuah: Beri 1 sdm minyak sayur. Tuangkan bakso dan kuahnya. Kalo mau pangsit rebus, celupkan segera diair panas dan masukkan bersama bakso dan kuahnya ke dalam mangkok. Beri caisim yg sudah diseduh air panas, dan irisan daun bawang.

Gimana, sudah siap menikmati mie yamin buatan sendiri :) silakan menikmati dan jangan lupa untuk mengundang saya untuk menjadi testernya hehehe

Oh ya, jangan lupa ya, segelas juice sawo akan membuat suasana akan lebih enyenangkan hehehehe. :~ :z


Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.