Adv

Durian oh Duren…..




Cerita ini ngga ada hubungan ama Julia Perez (wanita sejuta alat Bantu :D )yang lagi sibuk dengan urusan belah durennya yang banyak mendapat kecaman… :r . Ini adalah kisah mengenai hari ultah Yuyun (crew volare) yang menginjak seperempat abad ( :p buka rahasia nih ) yah…. Ada kolak durian disana, dan ini juga berhubungan dengan musim kawin yang lagi melanda kota Pontianak…. :z mantap khan….


Ngomongin soal duren emang udah menjadi salah satu item wajib yang harus dimakan saat mampir ke Pontianak, yup…. Kota yang selalu banjir duren pada bulan-bulan tertentu, Asal tahu aja, sekarang ini hampir seluruh sudut kota Pontianak sedang dilanda penjual duren dadakan… dimana aja bisa mendapatkan J …. Blom lagi dari segi harga yang luar biasa murah banggetz myurah nye…. Kaya iklan hypermart…, dalam harga normal untuk ukuran sedang berkisar antara Rp.10000,- ampe Rp.7000,- rupiah… Nah karena banjir duren sedang melanda…. Untuk harga yang sedang berharga Rp.5000,- dan untuk ukuran kecil dihargai Rp.2500,- dan menurut info lagi bias sampe jatuh menjadi Rp.5000,- per 3 biji nya atau bahkan lebih ekstrim lagi menjadi Rp.1000,- per bijinya


Wah, buat peggila duren bisa kekenyangan atau bahkan sampe mabok duren :z (ada yang sudash pernah kena belom?) kita lihat apa sih yang dimaksud dengan duren…….

Durian adalah nama tumbuhan tropik yang berasal dari Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Varian namanya yang juga populer adalah duren. Orang Sunda menyebutnya kadu.

Tumbuhan dengan nama ini bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga (genus) Durio. Nama ilmiah durian komersial adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadangkala ditemukan di pasaran setempat di Asia Tenggara meliputi D. kutejensis (lai), D. oxleyanus, D. graveolens (durian kura-kura atau kekura), serta D. dulcis (lahong).

Warna buahnya berbeda-beda dari hijau kekuning-kuningan, dan mempunyai bentuk dari bujur hingga bundar. Kulit buahnya bersabut dan permukaannya dipenuhi sudut-sudut tajam ("duri"). Buah mengeluarkan bau yang kuat dan khas. Bagian buah yang dapat dimakan adalah salut biji yang berwarna kekuningan, yang melindungi bijinya.

Banyak orang menganggap buah durian sebagai buah yang enak. Masyarakat sering menyebutnya "raja buah-buahan". Akan tetapi sebagian orang tidak tahan akan baunya dan menganggapnya berbau busuk. Richard Sterling (dalamThe Travelling Curmudgoen) mengatakan: "baunya mirip sekali dengan kotoran babi, terpentin dan bawang, dan dihiasi dengan kaos kaki kotor dari lapangan olah raga. Baunya tercium dari jauh." Ada juga yang menggambarkan bau durian seperti bau yang keluar dari truk sampah.

Nah sekarang ini hubungan dengan hari burung nya mba yuyun :D . Sekitar jukie box saya dan tia sempet PM ke mba yuyun buat ngucapin selamat hari ULTAH dan nanya buat traktiran, Akhirnya melalui bang Herman, sekitar pukul 20.00., undangan tersebut, sehabis bang Herman siaran…. Undangan berlaku buat semua, dan akhirnya saya, bang herman dan pandhi (suit…. Suit….) siap untuk berangkat. Tak lupa teriakan bang Indra untuk minta bungkusin :~ …..

Nyampe didaerah sekitaran jalan Veteran, rumahnya mba Yuyun, kita langsung disambut hangat sama yang empunya rumah dan dipersilakan masuk…. Menu yang dihinagkan adalah kolak kacang hijau duren dan setengah buah semangka ukuran sedang…… waw….. seperti kita mulai bersemangat untuk menikmatinya…. Like usually…. Shy catz… :z …….

Akhirnya kita santap juga…. Kolaknya terasa gurih, enak dan pas karena ngga terlalu manis, saya rasa pemakaian santan dengan takaran pas dan penambahan garam sedikit membuat gurih dari santan akan terasa lebih mantap, kacang hijauya juga pas matangnya, terlihat dari kacang hijau yang sempurna pecahnya…. Ngga bantet ;) itu karena waktu pemberian gula yang pas waktunya, jika gula diberikan sebelum kacang hijau matang, maka akan membuat biji kacang hijau menjadi bantet :z

Penambahan duren untuk aroma, akan membuat kolak menjadi semakin menggoda dan tentu saja mengundang selera, secara… banyak yang suka duren… ampe essense nya banyak yang suka palagi durennya…. Kecuali orang-orang yang memang harus berpantang karena penyakit tertentu (kesian deh loe ;) )….


Cara Membuat KOLAK KACANG HIJAU
Bahan :
250 g kacang hijau yang bagus, rendam air dingin selama 2 jam
1 liter air
1/2 sdt garam
2 cm jahe, memarkan
1 lembar daun pandan, potong-potong
200 g gula Jawa, sisir
50 g gula pasir
200 ml santan kental

Cara Membuat :
Tiriskan kacang hijau. Didihkan air, garam, dan pandan.
Masukkan kacang hijau, rebus dengan api sedang sampai kacang hijau merekah.
Kecilkan api, rebus terus hingga kacang hijau matang.
Tambahkan gula jawa, gula pasir, jahe dan santan, aduk hingga mendidih. Sajikan panas/dingin (sesuai selera)

Over all …. Kolak kacang ijo duren emang matepzzz palagi klo pembuatannya menggunakan teknik yang benar… ;z selamat menikmati yah…… :~


3 komentar:

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.