Adv

Gado Gado Bu Sumiyati Samping Volare (sumatera 28)



Flash back dulu yah...
Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.

Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau terkadang juga disajikan dengan lontong.

Sayuran

Sayur-sayuran yang sering digunakan dapat bervariasi, walau sayuran yang biasa digunakan adalah:

* Sayuran hijau yang diiris kecil-kecil seperti selada, kubis, bunga kol, kacang panjang, dan tauge.
* Sayuran lainnya seperti wortel dan mentimun.
* Tomat
* Kentang rebus yang diiris.
* Telur rebus.

Dengan perkecualian telur dan kentang rebus, sayur-sayuran yang digunakan biasanya masih dalam keadaan mentah. Walau terkadang sayuran seperti kubis dan bunga kol bisa juga direbus air panas. Ada juga sayuran yang terkadang dimasak dengan uap air panas.
aus kacang

Salah satu perbedaan gado-gado dari salad adalah saus kacang yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan untuk saus kacang ini juga dapat bervariasi. Bahan yang biasa digunakan adalah:

* Kacang goreng yang dilumatkan
* Bawang putih
* Cabai, Merica
* Air jeruk nipis

Terkadang juga ditambah:

* Kecap
* Terasi

Resep lezat gado-gado ala jerry
Description:
Bumbu gado-gado tuh variasinya macam-macam. Ini salah satu favorit.

Ingredients:
Bumbu gado-gado :
1/2 lb Kacang goreng, haluskan
1/2 cup peanut butter
Cabe merah, haluskan (pakai sambel oeleg juga gak pa-pa)
4 bw putih + 3 bw merah, haluskan
3 lembar daun jeruk
2 sdm bw merah goreng, hancurkan
1/4 cup gula merah (brown sugar)
2 sdt garam
1/2 kaleng santan
1 sdm cuka atau 2 sdm air asam
2 cups air

Pelengkap :
Lontong
Sayuran (kecambah, kacang panjang, kol, ketimun, dsb)
Tahu Goreng
Tempe Goreng
Kentang rebus
Telur rebus
Daun Selada (green letucce)
Tomat
Kerupuk/emping melinjo

Directions:
1. Tumis bw putih dan bw merah hingga harum. Masukkan air, kacang, peanut butter dan semua bumbu (kecuali santan). Aduk-aduk hingga tercampur rata.
2. Menjelang mendidih, masukkan santan, aduk rata. Jika sudah mendidih, angkat.
3. Sajikan dengan bahan pelengkap.

Tips aja untuk menyingkat waktu :
- Goreng kerupuk kemudian tahu dan tempe, sambil merebus kentang + telur dalam satu panci.

nah yang jelas ada beberapa jenis modifikasi gado-gado yang ada di Indonesia
sekarang saya mau ngebahas mengenai gado-gado yang sering dikunjungi orang disekitaran sumatera 28 maupun dari beberapa tempat yang lumayan jauh dari sini.kalau dilihat darijumalah pengunjung emang lumayan banyak setiap harinya, mulai dari yang berseragam ala pegawai pemerintah sampai seragam perusahaan seasta dan seragam sekolah. dari segi tempat emang terkesan tidak tertata rapi dan kurang besar dengan pengunjung yang lumayan banyak namun kebersihan nya tetep terjaga. 

Dari segi pelayanan cukup lumayan cepat dan ramah dari cara bertanya pegawai sampai pesanan sampai di meja pemesan. ada yang agak berbeda dari gado-gado ini, yaitu penambahan mie kuning basah sebagai bahan campuran. apakah ini ada pengaruh karena penjualnya bibi madura?? ngga tahu juga, yang jelas ada dari bumbu kacangnya juga ditumbuk menggunakan ulek. dan rasanya terasa tipis aja. dan cenderung cukup manis tapi kurang gurih. ini dimungkinkan karena kacangnya tidak digoreng dengan minyak melainkan disangrai. ada beberapa pilihan rasa mulai dari pedes, sedang sampai ngga pedes sama sekali, terus sayang sekali minus tambahan bawang goreng, emping dan kentang. dengan harga Rp.5000,- emang cukup worth it dengan rasa dan porsi yang disajikan. ada tambahan disana berupa menu es kacang hijau dan tape ubi atau singkong seharga Rp.500,- cukup pas untuk pendamping makan gado-gado. wah... tapenya enak banget lho... manis alami... saya sarankan untuk datang... karena makanan ini sehat dan kaya serat, bagus untuk pencernaan

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.