Tukang Jalan Jajan

Ngeliwet Seru di Canopy Center

Makan sama sama dimana? ini selalu jadi pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh banyak orang pada saat berbuka puasa atau halal bihalal setelah satu bulan berpuasa. Bebribicara mengenai tradisi makan bersama, tentu bukan hal aneh di Indonesia, begitu pula bangsa Barat. Namun mungkin cara menikmati makannya yang berbeda. Dalam budaya Eropa dan Amerika, makan bersama biasanya diartikan duduk di meja lalu makanan akan dihidangkan secara berurutan, mulai dari makanan pembuka hingga makanan utama dan penutup. Makannya pun mengikuti etiket yang berlaku, tak boleh sembarangan
 
Ngeliwet Seru di Canopy Center
Ngeliwet Seru di Canopy Center

Makan Dalam Kebiasaan Kolonial

Indonesia yang sudah dijajah sejak zaman Belanda tentu menyerap berbagai budaya Eropa khususnya Belanda yang dipadukan dengan kebiasaan lokal. Cara penyajian ini berkembang pada masa kolonial Belanda yang memadukan etiket dan tata cara perjamuan resmi Eropa dengan kebiasaan makan penduduk setempat yang mengonsumsi nasi. Cara penyajian ini dulu begitu populer di kalangan masyarakat Eropa-Indonesia, namun tetap digemari di Belanda dan dihidupkan lagi di Indonesia pada masa sekarang. Beberapa Suku yang dekat dengan Belanda masih terus mempertahankan budaya ini dalam jamuan keluarga termasuk jenis-jenis makanan yang disajikan
 
Ngeliwet dengan lauk pauk serta sayur mayur lengkap di Canopy Center
Ngeliwet dengan lauk pauk serta sayur mayur lengkap di Canopy Center
Makan seperti ini memang biasa disajikan dalam suasana yang lebih modern. Aneka hidangan Indonesia yang macm-macam jumlahnya disajikan secara bergantian, sebagai contoh, sup ikan kuah kuning diajikan terleboh dahulu baru kemudian nasi sebagai makanan pokok disajikan dengan lauk dan sayur dalam pinggan lalu ditutup dengan dessert manis ala Indonesia seperti bongko dalam saus kinca. Padanan lainnya pun masih banyak dan bisa dipadupadankan sesuai selera tuan Rumah

Liwetan ala Indonesia

Entah mengapa Liwetan ala Jawa selalu tertukar dengan Seprahan/saprahan ala Melayu di Pontianak. Ini mungkin kesalahan awal restoran atau rumah makan memberikan menu pada sajian mereka. Salah sebut nama ini terus berlanjut sampai sekarang. Mungkin inilah tradisi makan bersama asli ala Indonesia yang juga membuat guyub. Lembaran daun pisang digelar diatas lantai atau meja lalu diberi nasi dan aneka lauk, sayuran tak berkuah serta aneka sambal. Memakannya pun khas dengan menggunakan tangan. Makna tradisi yang dimulai dari kebiasaan dan pengaruh agama Islam di pesantren-pesantren di Jawa dan Sunda ini adalah nilai kebersamaan dan kesederhanaan. Tradisi ini kembali muncul dan populer kembali sejak tahun 2017 di Pontianak
Paket Lengkap Ngeliwet di Canopy Center
Paket Lengkap Ngeliwet di Canopy Center
Artinya makan bersama dalam selembar daun pisang ini sungguh dalam, artinya dari tidak adanya perbedaan, semua makan di wadah yang sama, bersamasama. Di beberapa daerah, tradisi makan bersama seperti ini punya nama yang berbeda termasuk di suku Melayu Kalimantan Barat yang mengenal nama Seprahan. Namun jika dilihat dari menu, tampilan dan cara makan serta tata caranya mungkin sedikit berbeda namun kesetaraan merupakan tujuannya.

Makan Sama Rasa di Canopy

Melihat hamparan daun pisangnya saja saya sudah lapar! berawal dari buka puasa bersama, menu liwetan disini terpampang nyata. Kesedapan yang tertata diatas daun pisang ini sangat menggoda dan membuat semua saraf lapar langsung bekerja. Bagaimana tidak, semua warna dan aroma tersusun rapi diatas meja. Warna terang dan kontras berpadu dengan rempah dan bumbu. semua dalam sajian liwetanala Canopy. Dari laporan pandangan mata, menu ini sudah pas buat yang ingin makan besar bersama keluarga atau Halal Bihalal bersama teman sebaya.
Ayam goreng dan Ikan Bakar paket Ngeliwet Canopy Center
Ayam goreng dan Ikan Bakar paket Ngeliwet Canopy Center
  • Lauk Pauk
Ada dua pilihan protein hewani, ada ikan dan ayam, keduanya bisa digoreng atau dibakar. Saya lebih suka dibakar, selain keinginan saya mengurangi minyak, saya menginginkan rasa daging yang lebih juicy. Bumbu bakarannya berupa kecap dengan aroma bawang putih yang “nendang” dan membuat saya jatuh cinta. Kecap yang mengkaramel dengan rasa bawang putih yang membalut tipis. Terasa juga rempah rempah yang mampu membuat rasa lapar terbit. Jika masih terasa kurang menggigit, juga bisa dicocol ke sambal cabe hijau yang pedas menggoda.
Nasi liwet di Canopy Center
Nasi liwet di Canopy Center
  • Urap Tak Pernah Salah
Aneka sayur mayur yang beragam, direbus namun masih renyah lalu dibalur dengan parutan kelapa berbumbu memang paling pas dinikmati dengan nasi liwet. Rasanya yang segar, pedas dan gurih semakin menambah rasa nasi liwet. Tekstur sayur yang bermacam ragam tentu menjadikan sensasi mengunyah jadi berbeda. Tentu saja sayuran hiaju sehat bagi tubuh, jadilah Urap ini selain sebagai pelengkap nikmat juga pelengkap sehat.
Es Teh dalam Paket Ngeliwet Canopy Center
Es Teh dalam Paket Ngeliwet Canopy Center
  • Aneka Pelengkap Nikmat
Tak lengkap rasanya nasi liwet tak ada ikan asin. Ada ikan layang yang tipis dan renyah serta dilengkapi tempe dan tahu bacem yang manis gurih. Apalah jadinya orang Indonesia tanpa kerupuk. Ada kerupuk mamang yang siap membuat sensasi menggigit dan mengunyah menjadi semakin menyenangkan. Semua pelengkap ini bertabur diatas daun pisang dan siap disantap bersama yang lain.
Makin rame makin seru, ngeliwet di canopy center
Makin rame makin seru, ngeliwet di canopy center
  • Penutup yang Manis
Semangkuk kolak Ubi jadi pemanis tampilan sekaligus pemanis di mulut. Ubi kayu a.k.a ketela dengan siraman kuah santan dan gula merah serta aroma daun pandan membuat akhir makan semakin lengkap dan bahagia. Ada segelas es teh manis untuk penyeimbang rasa di lidah. Semuanya tersaji dalam paket lengkap, 2 porsi, 4 porsi sampai 6 porsi. more merrier more happier
Capucino Canopy Center
Capucino Canopy Center
Es Krim Strawberry Canopy Center
Es Krim Strawberry Canopy Center
Kopi susu es krim Vanilla Canopy Center
Kopi susu es krim Vanilla Canopy Center
ice cream with espresso Canopy Center
ice cream with espresso Canopy Center
Paket Nasi Goreng Ikan Asin Canopy Center
Paket Nasi Goreng Ikan Asin Canopy Center
Paket Ayam Rendang Canopy Center
Paket Ayam Rendang Canopy Center

Paket Lengkap dari Canopy

Makan! Enak! Bahagia! Pada dasarnya tidak hanya kenyang saja, Makan itu Menjaga relasi sosial dan dengan kekuatan supranatural merupakan fungsi dari makanan sosial, selain itu kekhidmatan juga dapat dibangun oleh makanan sosial. merencanakan untuk makan seprahan sebagai bentuk jembatan sosial yang membangun keakraban bisa dilakukan di Canopy dengan melakukan reservasi terlebih dahulu dengan menelpon 0852-4576-9615, 0813-4564-6575. Canopy Center, Café, Event Venue dan Hostel ada di Jalan Purnama 2, Kota Pontianak Kalimantan Barat. Seprahan Nasi Liwet ini bisa dipesan untuk beberapa paket
*Paket 1 untuk 2 orang Rp. 80.000
*Paket 2 untuk 4 org Rp.150.000
*Paket 3 untuk 6 org Rp. 220.000

Pilih saja yang sesuai dengan jumlah yak! Pastilah makan Makin rame pasti makin seru, perbincangan makin hangat. Supaya makin seru, sinsingkan lengan, ayo makan pakai tangan! Selamat makan dan Salam Yumces!




19 komentar:

  1. Wah seru banget nih ya makan bersama di Canopy Center. Makanannya menggoda banget

    BalasHapus
  2. Wah enak banget nih ikan mujaernya. Aku jadi pingin nih makan ikannya

    BalasHapus
  3. Ini nih yang bikin aku pingin, Es Krim Strawberry Canopy Center

    BalasHapus
  4. Wah menu makannya banyak banget nih. Nggak bingung mau makan yang mana :D

    BalasHapus
  5. Wah enak banget nih Mbak makanannya. Apalagi ikannya tuh hehe. Jadi, lapar deh

    BalasHapus
  6. Duh ngeceesss😢😢
    Walaupun keliatannya menunya 'cuma gitu doang'tapi emang esensi makan di daun pisang itu lebih niqmadh👍👍

    BalasHapus
  7. Tradisian makan bersama dengan ngeliwet di Jakarta cukup populer beberapa waktu terakhir. Namun, kadang repot dipersiapkan sendiri. Untunglah di beberapa restoran, seperti Canopy Center makan bersama dengan ngeliwet lebih mudah dilakukan ya. Cukup pesan saja.

    BalasHapus
  8. Wuah es tehnya ditaruh di tengah makanan ya, haha. Kupikir es tehnya dipinggirkan

    Aku gak pernah makan ngeliwet sih di resto. Ngeliwetnya ya sama teman2 organisasi dan itu syeruuuuu

    BalasHapus
  9. Makanannya kok enak2 semua ya. Aku mau pilih paket 3 ah buat ngajak keluarga dan pasangan. Pasti senang bgt bisa ngeliwet di Canopy Center.

    BalasHapus
  10. Duh ngiler banget sama eskopi susu tambah eskrim vanila. Gak kuat liatnya bang wkk asik dong makan bareng liwet ini sama2

    BalasHapus
  11. Aaak~
    Enak banget makan cara bersama begini...
    Bikin makin lahap.

    Apalagi ditambah saling becanda dan curhat.
    Aahh...bahagia bangeett~

    BalasHapus
  12. Jangan salahkan urap kakak, karena sayuran ini amat nikmat dengan nasi panas, dan gara gara lihat urap, jadi pingin makan urap dah, haha

    BalasHapus
  13. Harga paketnya termasuk murah ya mas. Kalau liburan bareng keluarga enaknya makan ramai-ramai di Canopy center ini

    BalasHapus
  14. Makanannya eenak-enak tuh, dan makin seru karena dimakan rame-rame ya. Harganya juga enggak mahal.

    BalasHapus
  15. Wah, makanannya sangat menggoda untuk menggagalkan diet hehe..Pasti lezat-lezat deh

    BalasHapus
  16. Emang liwetan ada ala lainnya kak. Bukannya liwetan made in indonesia, hahaha

    BalasHapus
  17. Ngeliwet begitu cukup menyenangkan. Harga Rp 150.000,- untuk berempat itu murah lho. Terakhir kali saya ngeliwet begitu di sebuah hotel di Surabaya, kudu bayar Rp 200.000,- untuk berempat itu.

    BalasHapus
  18. Kalau ngeliwet itu memang enak pas acara ngumpul2 ya. Seru kayaknya. Makan diatas daun pisang dengan beraneka obrolan santai.

    BalasHapus
  19. Es krim stroberinya menggouda 😍 ngeliwet emang seru ya, makan sama Sama kenyangnya berassaaa 👍

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.