Belajar Tanpa Batas di Ruang Digital

kali ini webinar JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Sorong dihadiri lebih dari 100 UMKM. Belajar Tanpa Batas di Ruang Digital
Pandemi memberi kesempatan Tukang Jalan Jajan belajar lebih banyak. Memanfaatkan situasi yang membuat kita lebih banyak beraktifitas dari rumah dengan terus menambah ilmu. Tidak melulu lewat bangku sekolah, ilmu praktis sudah banyak diberikan lewat media online, entah itu workshop, kursus bahkan pelatihan sekalipun. Semua bisa didapat dengan modal internet atau smartphone

Belajar Tanpa Batas di Ruang Digital
Belajar Tanpa Batas di Ruang Digital


Belajar Tanpa Batas di Ruang Digital disa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Manfaatnya ada bermacam macam, mulai dari bisa menghemat biaya dan waktu, lebih praktis dan flexibel, pendekatan yang lebih sesuai, pengalaman belajar yang menyenangkan, lebih personal, mudah didokumentasikan, ramah lingkungan karena bisa mengurangi penggunaan kertas, dan yang terakhir alternatif selama social distancing.


Belajar Tanpa Batas di Ruang Digital

Pepatah lama mengatakan, belajar bisa sampai kenegi Cina, namun sekarang semua batas sudah bisa didobrak dengan teknologi bernama internet. Salah satu alternatif untuk melakukan pembelajaran jarak jauh di tengah wabah Corona adalah melakukan kursus, webinar atau pelatihan berbasis online yang menyenangkan. 

Dengan kursus, pelatihan, webinar atau workshop berbasis online jarak belajar tidak menjadi hambatan dan bahkan menjadi tanpa batas. Apalagi saat ini banyak pembelajaran yang dikemas sangat menarik, walaupun berbasis online, materi disajikan dengan kreatif. Interaksipun dapat dilakukan secara virtual dan saling berdiskusi satu sama lain

Tak hanya materi yang disajikan, berbagai macam video pembelajaran berbasis online bisa disajikan. Membuat lebih bervariasi serta menumbuhkan semangat dan motivasi belajar karena lebih menyenangkan. Tak heran antusiame belajar online meningkat


Mempersiapkan Diri untuk Belajar Online

Ini penting agar kita bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin hingga memahami materi yang diberikan dengan baik. Persiapan yang matang membuat proses belajar jadi lebih baik. Apa saja yang sebaiknya dipersiapkan?

1. Ruangan Khusus yang Nyaman

Tukang jalan jajan memiliki ruangan khusus untuk belajar online, dengan ruangan yang memiliki pencahayaan yang baik dan serkulasi udara yang nyaman ditambah dengan ruangan yang bebas gangguan. Tidak ada yang berlalu lalang atau bersuara bising. Kita lebih tenang mendengarkan narasumber dan jikalau membuka kamera juga aman karena pencahayaan yang baik.

Jangan diruang tidur ya, bawaannya mengantuk dan malah hilang konsentrasi karena kepikiran untuk meluruskan punggung dan alih alih malah mengantuk. iya kan? 

2. Jaringan Internet yang Stabil

Ini juga kunci utama, bahkan terkadang saya menyiapkan dua jaringan untuk berjaga jaga, semisal dari wiifi dan smartphone. Belajar online menyangkut audio video, maka sinyal internet juga harus kencang dan stabil supaya penerimaan pembelajaran juga baik. 

Jika sinyal terputus putus, bisa saja kita tertinggal materi yang disampaikan dan mood kita juga jadi buruk. Maka dari itu, pastikan semuanya lancar dan sudah ada backup sehingga bisa lebih fokus. Ssssttttt jangan lupa cek kuota sebelumnya.

3. Atur Jadwal dengan Baik

Kita boleh saja belajar sebanyak banyaknya tapi ingat, jadwal harus diatur dengan baik. Jangan sampai saling bertubrukan. Saya sendiri biasanya memilih kursus atau workshop sejenis paling banyak dua jenis dalam sebulan supaya dapat belajar dengan maksimal.

Mengambil kursus yang terlalu beragam terkadang membuat kita tidak fokus mau belajar dan mendalami yang mana terlebih dahulu. Sesuaikan jadwal kursus dengan kegiatan harian kita supaya tidak saling mengganggu

Dengan begini belajar online bisa berjalan dengan efektif. Belajar yang menyenangkan adalah dalam kondisi senang dan tenang. tidak terburu buru atau kepikiran mengerjakan sesuatu.

4. Catatan Selama Belajar

Walaupun dibagikan copy materi, saya biasakan untuk menyediakan buku dan pulpen untuk mencatat setiap quote atau pemikiran dari pemberi materi yang dianggap bagus dan relevan. Biasanya kutipan dari pengalaman mereka ini tidak tercatat dalam materi yang dibagikan

5. Siapkan Minuman dan Makanan Kecil

Supaya tidak mudah bosan saat mengikuti belajar online maka disarankan untuk menyiapkan minuman dan makanan kecil sebelum belajar online, Sehingga pada saat haus atau tiba tiba lapar, kita tak harus bolak balik ke dapur. Bisa-bisa tertinggal pelajaran dan hilang fokus.

Oh ya, mumpung ingat. Saya mau sedikit berbagi tentang kegiatan yang dilakukan oleh JNE yang kebetulan memberikan webinar kepada UMKM yang bagus untuk pengembangan Bisnis mereka, siapa tahu  sewaktu waktu webinar ini diadakan di Kota kamu, sekalian bisa ikutan kan


Webinar JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi

Setelah sukses dibeberapa kota sebelumnya, kali ini webinar JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Sorong yang dihadiri lebih dari 100 UMKM, diisi oleh pembicara yang kompeten dibidangnya. Mereka adalah Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong, Ratna Sari selaku Owner Nami Craft, dan Teguh Hidayat Iskandar Alam selaku CMO Mooipapua.

Latar belakan bisnis mereka menarik untuk diulik, Teguh Hidayat Iskandar selaku CMO Mooipapua memulai dangan ceritanya, “Mooi papua kan bergerak di bidang skincare, saat pandemi omset kita justru meningkat karena kebiasaan masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah. Peningkatan omzetnya mencapai 280% atau hampir tiga kali lipat.”,
ujarnya.

Ternyata, bisnis yang awalnya offline beralih ke online dan memanfaatkan jasa pengiriman untuk lebih memperluas pemasaraan. Berdiri sejak 2018, Mooipapua telah memasarkan produk yang eco-friendly dan social conscious. Dua hal ini menjadi value proposition sekaligus diferensiasi Mooipapua dibandingkan kompetitornya.

Teguh menambahkan, “Kami tidak terlalu banyak iklan tapi terbesar di value proposition. Produk kami eco-friendly karena bahan bakunya berasal dari alam, mulai dari buah merah, pala fakfak, dan hasil alam lainnya”. Keunggulan ini menjadi daya jual yang mempu bersaing dipasaran dengan produk sejenis.

Webinar-JNE-Ngajak-Online–GollAborasi-Sorong 1
Ratna Sari - Owner Nami Craft

Lain lagi cerita dari Ratna Sari selaku Owner Nami Craft yang membangun bisnisnya di sektor kriya menyampaikan pentingnya optimalisasi media sosial untuk memasarkan produk, seperti memaksimalkan produksi konten yang menarik hingga menggunakan hashtag atau tagar pada copywriting yang digunakan.

Pada webinar ini, Ratna menambahkan pentingnya diferensiasi dalam memasarkan produknya “Diferensiasi sangat penting ditambah saat ini kompetitor kita tidak sedikit yang awalnya bisa dihitung jari. Kami berfokus pada cara pengemasan yang berbeda dan menyediakan banyak kategori pengemasan seperti Korean Wrapping yang banyak digemari konsumen”, ujarnya.

Webinar kali ini memberikan gambaran kepada pengusaha lain bagaimana peralihan penjualan dari offline menjadi online dengan memanfaatkan internet dan saluran sosial media memberikan kesempatan produk dapat dikenal luas ke seluruh dunia.

Pasar yang semakin lebar membuat pengusaha ini harus dapat bermitra dengan perusahaan penyedia jasa logistik. Pengemasan yang ciamik dan aman serta pengiriman yang baik dan tepat waktu tentu menjadi nilai lebih perusahaan. Nah, JNE memang membuka peluang sebesar besarnya untuk terus bermitra dengan UMKM diseluruh Indonesia


JNE membantu Pengiriman Produk untuk Pasar yang Lebih Luas

Kementerian Koperasi dan UMKM menargetkan di 2024, 30 juta UMKM di Indonesia mampu digitalisasi. Untuk mencapai target tersebut diperlukan adanya kemitraan strategis antar pelaku usaha lintas sektoral. 

Tentu saja, dalam hal ini perusahaan penyedia jasa logistik berperan besar sebagai penggerak distribusi sekaligus solusi bagi UMKM Indonesia untuk melek digital melalui pelatihan. Adanya Webinar JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi membuka jalan bagi banyak UMKM untuk maju bersama.

Webinar-JNE-Ngajak-Online–GollAborasi-Sorong 2
Fredi Luhukay - Branch Manager JNE Sorong

Hal ini disambut baik oleh Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong, yang terus berupaya mendukung UMKM dengan berbagai program dan layanan, “Kami siap membantu dan memfasilitasi UMKM dari berbagai sisi. Untuk masalah penjualan logistik dalam kota hingga luar negeri, saya siap untuk membantu.”, sambutnya.

Fredi menyampaikan JNE Sorong bangga dengan adanya Goll..aborasi JNE yang mampu menyatukan UMKM untuk bertukar pendapat mengenai bisnis online. Fredi juga menyampaikan bahwa saat ini JNE secara rutin melaksanakan berbagai program layanan terkhususnya bagi UMKM

Program promo cashback, program apresiasi seperti JLC (JNE Loyalty Card), gratis jemput paket tanpa minimal berat, COD, dan e-fulfillment untuk menjadi solusi pengiriman dan kemudahan bertransaksi digital.

Segala kemudahan ini dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk terus berkembang, memperkenalkan produk, meluaskan pasar dan mengembangkan bisnis. 

Jadi, belajar bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan memanfaatkan teknologi, siapa tahu bisa dimanfaatkan ilmunya dalam waktu dekat untuk mendapatkan cuan.
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.