Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration”

Rainforest World Music Festival bertema “Legendary Rainforest Celebration” yang diadakan pada 17-19 Juni 2022 akan mengambil format hybrid di kuching
Sama seperti dendam, rindu harus dibayar tuntas! Sama seperti Borneo Jazz, Rainforest World Music festival pun sudah 2 tahun tidak Tukang Jalan Jajan saksikan secara langsung. Untunglah taun ini border Malaysia sudah dibuka kembali, artinya saya bisa kembali menyaksikan gelaran festival musik tahunan ditengah hutan Kalimantan!

Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration”
Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration”

Festival musik besar di dunia memang ada beberapa yang wajib kunjung dan yang paling dekat dengan Pontianak adalah Rainforest World Music Festival. Ini keseruan yang sayang sekali untuk dilewatkan, apalagi kita bisa melihat banyak penampil dari berbagai belahan dunia dalam satu panggung, memainkan musik khas dari daerahnya masing-masing. Tak sekedar menikmati musiknya saja, kita bisa mempelajari budayanya.


Berkenalan kembali dengan Rainforest World Music Festival

Tahun ini memasuki pelaksanaan ke 25 kali, bukan waktu yang sebentar untuk sebuah festival musik yang mampu bertahan dengan penonton yang selalu bertambah. Sempat menjejakkan angka lebih dari 30.000 penonton dalam 3 hari adalah suatu perjuangan luar biasa untuk terus eksis dan melakukan inovasi.

Sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 1998, Rainforest World Music Festival telah berkembang setiap waktu dan menjadikannya salah satu festival musik terkemuka di dunia, yang terdiri dari beragam seniman lokal dan internasional yang tidak pernah gagal untuk membuat penonton tak berhenti bergoyang

Jadwal Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration”
Jadwal Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration” 

Dari tahun ke tahun, selalu ada yang bertambah. Mulai dari bazaar handicraf dari berbagai belahan Malaysia hingga dunia, termasuk dari Jogja yang mewakili Indonesia yang sempat Tukang Jalan Jajan temukan. 

Jadwal Virtual Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration”
Agenda Virtual Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration” 


Adapula festival makanan dunia yang membuat hati berbunga bunga mengunjunginya. Ini suatu kebahagiaan tersendiri bagi saya yang hobi icip icip makanan dari berbagai tempat. Masalah rasa nomor 2 yang penting sudah pernah melihat langsung dengan mata dan menyentuh dengan lidah.


Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration” 

Tahun ini, Rainforest World Music Festival bertema “Legendary Rainforest Celebration” yang diadakan pada 17-19 Juni 2022 akan mengambil format hybrid, dengan konser fisik berlangsung di Desa Budaya Sarawak sementara pemirsa juga dapat melakukan streaming langsung dari rumah mereka melalui rwmf.net 

Oh ya, ini hybrid pertama sejak kemunculan pertamanya di tahun 1998. Kece banget kan ya! Jadi yang masih penasaran buat nonton dan belum ada kesempatan datang melihat langsung di Kuching, Sarawak, Malaysia

Penampil Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration”
Performers Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration” 

Dengan tujuan menyatukan dunia kembali dengan musik, RWMF akan menyambut kembali sejumlah artis internasional dari Kanada, India, Amerika Serikat, Finlandia, Thailand, Indonesia, Vietnam, Singapura, Jepang, Australia, Meksiko, Selandia Baru, Cina, Bhutan dan Seoul antara lain, dengan Majlis Seni Sarawak yang memadukan musik tradisional Sarawak dengan cita rasa internasional membuka pertunjukan tiga hari dalam kolaborasi musik pertama kali dengan Sarawak Tourism Board.

Rainforest World Music Festival 2022 juga akan menampilkan suara dan ritme Sarawak, menampilkan elemen musik dari beragam kelompok etnis Sarawak melalui pertunjukan yang menggembirakan yang akan mengangkat cita rasa suku Sarawak yang unik ke panggung internasional.


Tiket Masuk Rainforest World Music Festival 2022

penjualan tiket Early Bird mulai 18 April 2022 untuk konser fisik dan virtual. Mereka yang tertarik dapat pergi ke rwmf.net untuk mendapatkan tiket dalam berbagai kategori – Pass 1 Hari Dewasa (RM 150), Pass 3 Hari Dewasa (RM375), Pass 1 Hari Anak (RM80), Pass 3 Hari Anak ( RM155) dan Paket Keluarga 1 Hari - 2 Dewasa dan 2 Anak-anak (400).

Tiket Masuk Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration”
Tiket Rainforest World Music Festival 2022

Bagi yang sudah pernah menonton secara  Virtual tahun lalu memberi umpan balik yang sangat berharga tentang bagaimana menonton festival dapat menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia – fisik dan digital – untuk membuat edisi hybrid pertama RWMF tahun ini. 

Semoga ini menciptakan preseden unik untuk RWMF edisi ke-25 ini akan menjadi acuan festival ini kedepannya, menjembatani masa lalu dengan masa depan dan mempertahankan serta menciptakan kembali warisan musik kami dan tradisinya selama bertahun-tahun yang akan datang.
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.