Lima Sambal Pilihan Tukang Jalan Jajan

5 sambal asli Pontianak pilihan tukang Jalan Jajan, Sambal Coconey, Sambal Matah Pempek DIni. Sambal Cumi Asin Ngaloong, Sambal Uni Riri, Dapur Siti
Penggemar pedas kudu merapat, sekarang Tukang Jalan Jajan mau berbagi lima sambal yang jadi pilihan menemani makan nasi putih di tulisan kali ini. Beneran mantap, karena ngga perlu tambahan lain lain buat makan enak. Langsung enak dan simpel. Buat disimpan dirumah juga aman!

Lima Sambal Pilihan Tukang Jalan Jajan
Lima Sambal Pilihan Tukang Jalan Jajan

Kemasannya ada yang botolan namun ada pula yang siap saji dan untuk dimakan saat itu juga. Semuanya sudah teruji dilidah dan bisa jadi pilihan teman makan yang mampu membuat saraf kenikmatan dan indera sedap terbakar manja, Bukannya bikin jera malah bikin ketagihan.


Sambal Coconey


Jika Anda penggemar makanan pedas, Anda bisa memakannya sepanjang waktu tanpa merasa bosan. Anda harus memesan di Sambal Coconey untuk menemani makan Anda. Ada dua jenis #sambal yang saya buat kemarin 
  • Sambal bawang, pedas saja atau sangat pedas 
  • Sambal cumi, biasa atau sangat pedas 
 
Maaaaannnnn ini gaswat mrikintil. Cukup dengan nasi panas dan sambal bawang cumi asin langsung ludes isi piringnya. Nasinya jadi sangat pedas dan enak. Minyak cabai dicampur dengan nasi putih untuk membuat ueeenaaaakkkk. Aroma bawang putih, cabe merah, dan daun jeruk menyatu dengan cumi-cumi untuk menciptakan rasa yang manis. Ihhh cumi asinnya sekali digigit, teksturnya licin dan kenyal yang bikin harus makan nasi berkali-kali. 
 
Hatikau kacau balau. Sambal kosongannya juga mantep jiwa, diletakkin diatas telor mata sapi atau dadar lalu disiram dengan kecap! Awas..... Nasi putihmu dalam ancaman! Inget ya. Ini kudu nyetok banget dirumah. #sambelcocokey bikin #tukangjalanjajan sangat kacau!


Sambal Cumi Mercon Ngaloong

 
Super membahayakan. Ini sambel cumi mercon Ngaloong ! Uendang buambang gulindang! Etapi aku kasi tahu dulu sebelumnya kalau ngaloong ini sebenarnya tempat makan prasmanan yang memenuhi selera pecinta pedes! Kalau makan ditempat, tersedia nasi putih dan nasi merah plus aneka lauk lainnya mulai dari telur balado, terong balado, pentol balado dan mie goreng. 

Lauknya ada ayam bakar madu yang manis dan gurih! Nikmat dengan nasi bakar euy! Aneka sayuran mulai dari tumisan daun singkong. Aneka gorengan, mulai tempe, perkedel, ebi furai, dan gorengan lainnya.

Jadi sebenarnya, nasi putih dan sambal cumi mercon ini saja sudah cukup membuat nafsu makan melonjak. Ini tipe sampal pedas yang bikin dower dan jahat sama nasi. Pasti susah berhenti dan malah bikin nagih


Sambal Uni Riri


Persambalan di Pontianak kembali gonjang ganjing. Tukang Jalan Jajan sudah tidak meragukan bagaimana kemampuan dapur uni riri meracik sambal yang menggetarkan lidah. Awalnya lebih dikenal dengan rendang khas Solok dan dendeng balado yang sedep mantep dan sudah pernah aku bahas.

Jadi ada dua sambal yang siap mengaduk aduk perasaan nikmat kalian.
  • Sambalado Teri Petai atau Tanpa Petai
  • Sambal Hijau Teri Petai atau Tanpa Petai

Karakteristik sambal ala Minang yang terasa pedas dan gurih membuat minyak yang muncul paling pas diaduk dengan nasi putih! Mau sambal hijau ataupun sambal merah punya karakternya masing masing apalagi aromanya yang khas. Tambahan teri medan yang gurih memberikan tekstur yang seru saat dikunyah. Belum lagi dengan tambahan petai yang memiliki sensasi tersendiri.

Rasanya... Sepiring nasi panas ngga pernah cukup untuk menikmati sambalado dan sambal hijau dapur uni riri ini. Dapur uni riri sabana lamak. Yuk makan!


Sambel Kentang Ati Dapur Siti


Ini makanan susah banget ditolak. Iya kan? #TukangJalanJajan sangat familiar dengan makanan ini. #SambalGoreng Hati adalah makanan dengan bahan hati ampela ayam dengan bumbu sambal dan tambahan petai. Ini salah satu jenis masakan yang cukup populer di rumah tangga Indonesia terutama untuk acara khusus seperti arisan dan pesta pernikahan.

Hayoooo... Siapa yang suka ngambil banyak dan lepas kendali saat menemukan makanan ini diatas meja prasmanan? Tolong ngaku ya! Sambal Goreng Hati merupakan masakan yang biasa disajikan waktu Lebaran bersama dengan opor ayam dan ketupat. Makanan yang sangat akrab dilidah seluruh warga Indonesia. Masing masing pulau tentu punya ciri khas penyajian yang berbeda satu sama lainnya. Mulai dari tingkat kepedasan hingga aneka rempah yang digunakan.

Penamaannya juga beragam. Mulai dari sambel ati ampela, balado ati kentang, atau nama lainnya. Ternasuk kondimen tambahannya. Kalau aku ya, pete!! Edamame khas Indonesia yang bau tapi bikin ngiler. Sambal kentang ati dari dapur siti ini asli dari Pontianak. Cita rasanya gurih dan pedas dengan hati ampela yang empuk berbumbu. Fresh from the oven karena dibuat hanya berdasarkan pesanan saja


Sambal Matah Pempek Dini


Jangan aneh, kok sambal matah ada di warung pempek? Bagaimana ceritanya? Kalau berbicara 100% rasa Bali jelas tidak namun ada faktor kemiripan yang membuatnya bisa disandingkan. Tukang jalan jajan sendiri kepincut dengan rasa dan aromanya. Sedep mantep yaaaa kannn!

Potongan bawang merah, cabe dan serai yang disiram dengan minyak membuat semua aroma keluar. Apalagi sambal ini disajikan dengan ayam goreng berbumbu yang digoreng renyah. Dibaluri ke nasi hangat dan ayam goreng, nikmat mana lagi yang bisa didustakan. Pempek Dini jago meraciknya

Sayangnya sambal ini belum dijual terpisah, masih sepaket dengan ayam gorengnya. Tapi jika mau, kita bisa memesan ekstra. Semoga nanti dijual dalam kemasan tertentu dengan inovasi rasa yang beragam


Sambal, Sahabat Makan Orang Indonesia


Banyak yang setuju, walaupun sambal bukan lauk utama tapi sambal bisa jadi gong penentu nikmat atau tidaknya sebuah hidangan. Orang Indonesia harus makan pakai sambal agar rasanya lebih enak. Nafsu makan meningkat berkali-kali. Kabarnya, makannya juga harus menggunakan tangan agar makin sempurna.
 
Ada banyak hal yang bisa dibanggakan di Indonesia, termasuk kekayaan masakannya. Tidak hanya masakan dengan banyak bumbu, variasi sambal yang berbeda juga sangat lezat. Begitu lezatnya hingga beberapa orang akan menyantap hidangan apa saja dengan sambal. Tanpa sambal, makanan tidak memiliki rasa. Jika sambalnya benar-benar pedas, makanannya akan terasa lebih enak.

Selamat makan dan Salam Yumcez

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.