Sop Kroket ala Pontianak di Dapur Siti

Untuk semangkuk sup kikil dapur siti dengan 5 buah kroket dihargai 25 ribu aja. plus ongkos kirim 5 ribu. Supaya hemat, silakan pesan makanan lainnya
Pasti Teman Tukang Jalan Jajan penasaran, apa rasanya sup kikil di mix dengan pastel atau kroket atau korket dalam bahasa Pontianak. Pertanyaan ini tidak berlaku untuk penduduk Pontianak dan sekitarnya ya. Jadi bagaimana rasanya, gorengan dicemplungkan kedalam makanan berkuah!

Sop Kroket ala Pontianak di Dapur Siti
Sop Kroket ala Pontianak di Dapur Siti

Perpaduan antara sup kikil yang berkuah dengan kroket yang renyah dengan isian ubi. Rasanya menarik dan unik, perpaduan tekstur makanannya membuat susah untuk berhenti menyeruput kuahnya. mari kita makan dengan bahagia. Mari kita selesaikan semua makanan ini kedalam lambung dengan bahagia


Pastel atau Korket atau Kroket


Kira kira kalian menyebutnya apa ya? kadang kala ada beberapa makanan yang susah dibedakan karena penamaannya sama dibeberpa wilayah tapi bentuknya berbeda. Saya sering banget harus mencari tahu dibeberapa sumber supaya tidak salah kaprah.


Pastel


Mari kita selami masalah pastel terlebih dahulu, sebenarnya makanan aslinya jauh dari Spanyol dan Portugal namun mendapat sentuhan Indonesia. Tak melulu gurih namun juga asin. Pastel sendiri mempunyai arti pastel dengan nama Pastel de nata yang aslinya manis. Berupa egg tart khas Portugal yang ditaburi bubuk kayu manis. 

Sementara di Spanyol, pastel merupakan sebutan untuk kue. Namun bisa juga berarti sajian lain. Tapi begitu sampai di Indonesia, pastel mendapat pengaruh dari empanada, roti isi khas Spanyol yang sudah ada sejak tahun 1520 di Galicia. Untuk isiannya, empanada berisi tuna, sarden, atau chorizo.

Lalu saat masuk ke Indonesia untuk isiannya berupa suun, telur, serta sayuran yang terdiri dari wortel dan kentang. Ada juga yang menambahkan telur rebus. Pastel di Indonesia biasa disajikan dengan cabai rawit hijau atau cocolan sambal kacang. Semuanya tergantung selera.


Korket atau Kroket


Bagaimana dengan korket atau kroket? Banyak yang mengira ini camilan Indonesia. Aslinya resepnya datang dari Perancis. Sampai ke Indonesia karena dibawa oleh Belanda.

Resep aslinya, kroket dibuat dari ragout yakni adonan tepung terigu, susu, dan daging ayam atau sapi. Setelah adonan dingin baru dibentuk menjadi silinder, bulat telur atau oval. Baru kemudian dilumuri tepung dan dibalut tepung panir. Baru kemudian digoreng dengan tepung

Sementara cara Belanda kroket divariasikan dengan campuran kentang dan ragout keju. Camilan ini sering disebut kroket kentang.

Sementara kroket yang sekarang bentuknya mirip pastel dengan isian mirip kroket. Nah di Pontianak korket diisi dengan bihun atau singkong. Khusus untuk sup kroket menggunakan korket isi singkong tumis dengan rebon.


Sop Kroket ala Pontianak di Dapur Siti


Dapur Siti berjualan online sejak beberapa waktu lalu, saya justru tahunya dulu berjualan cucur dan wajik. Kue tradisional yang sama sama manis, gurih dan legit. Tapi akhir-akhir ini ada beberapa lauk pauk yang dijual. Mulai dari sambal goreng ati, opor ayam dan sup kikil. Mantep kan ya!

Sop Kroket ala Pontianak di Dapur Siti

kroket dapur siti ini memiliki kulit renyah, isian ubinya padet dan gurih, aroma lada dan bawang putihnya menggoda selera! Dicocol kedalam sambel cabe yang pedas pasti makin menggelora.

Lain cerita dengan #supkikil nya yang berisi kentang dan wortel. Rasanya gurih. Kuah beraroma rempah, hangat melewati tenggorokan, begitu ditenggelamkan semua kroketnya kedalam kuah otomatis semua kaldu terserap sempurna.

Kikilnya melimpah ruah dimana mana, kenyal kenyil dan terlihat bersih tanpa aroma yang mengganggu. Duh kalau ada taburan seledri atau bawang goreng pasti tambah nikmat lagi. Kalau ingin kuah menjadi segar, tinggal kucuri jeruk dan sambel. Ini jawara dunia fana!


Dapur Siti


Menikmati kroket dapur siti memang membangkitkan selera dan saraf kenikmatan! Sekali lagi makanan disini semuanya harus preorder. Pemesanan biasanya dibuka dihari kamis hingga sabtu dan dikirim hari minggu dengan onkos kirim 5 ribu rupiah aja. 

Sop Kroket ala Pontianak di Dapur Siti

Untuk semangkuk sup kikil  dapur siti dengan 5 buah kroket dihargai 25 ribu aja. plus ongkos kirim 5 ribu. Supaya hemat, silakan pesan makanan lainnya misalnya cake pisang!

Oh ya... Sayangnya sup korket tak tersedia sepanjang waktu Makanan ini kudu PO di @bungahimawarii di #DapurSiti


Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.