Cak Dower Semut Ireng 22, Kuliner Jawa Timuran di Pontianak

Cak Dower Semut Ireng 22 yang menjual Tahu campur khas Suroboyoan. Ngga cuman itu sih, ada tahu tek, rujak cingur dan nasi rawon di Pontianak.
Mencari makanan Jawa Timuran di Pontianak bukan perkara mudah. Tidak banyak orang Pontianak yang notabenenye berlidah Melayu merasakan petis suroboyoan yang khas. Tukang Jalan Jajan menemukan salah satu tempat Jualan ini di Cak Dower Semut Ireng 22  yang menjual Tahu campur khas Suroboyoan. Ngga cuman itu sih, ada tahu tek, rujak cingur dan nasi rawon.

Cak Dower Semut Ireng 22, Kuliner Jawa Timuran di Pontianak


Nafsu makan tukang jalan jajan langsung bergejolak! waktunya untuk menuntaskan semua hasrat! sudah lama jiwa ini menginginkan makanan ala Jawa Timuran. Tanpa bermaksud kejam! langsung deh aku pesen semuanya!


Ciri Khas Makanan Jawa Timuran


Mungkin makanan dari wilayah Jawa Timuran sudah banyak dikenal, tidak hanya rawon, rujak cingur, dan soto Surabaya yang sudah terkenal dengan rasa gurih dan pedas. Jawa Timur punya lontong kupang yang menggunakan hewan laut semacam kerang berukuran sangat kecil. 

Lontong kupang dihidangkan dengan potongan lontong, kuah petis coklat bening plus taburan kupang, dan sate kerang. Sajian biasa ditambah bawang putih goreng atau jeruk nipis untuk menghilangkan amis. Dulu, saat di Malang, saya sering menikmatinya karena ada yang berjualan keliling kampung.

Dari banyak jenis makanan yang saya makan, rata rata menggunakan bumbu rimpang yang tajam dan senang menggunakan santan, mbah saya menambahkan santak kedalam sambel kentang ati juga di sayur bobor walaupun hanya sedikit. 

Selain itu, rasa manis gurih dan sensasi pedas, sangat gampang ditemui. Rata rata pengolahannya juga membutuhkan waktu yang cukup panjang dan melewati beberapa proses.

Beberapa tulisan merangkumnya seperti ini
1. Banyak menggunakan terasi dan petis sebagai pemberi rasa pada masakan.
2. Manis, gurih dan agak pedas.
3. Masakan banyak dimatangkan dengan cara direbus, digoreng, dipepes, dan dibakar.

Mungkin ada tambahan lain yang juga kalian temukan sendiri saat mencoba kulineran ala Jawa Timuran.


Beberapa daerah yang memiliki Kuliner Khas Jawa Timuran


Tukang Jalan Jajan tak mungkin mampu menuliskan secara lengkap daerah dan nama kulinernya, mungkin beberapa saja yang pernah dinikmati. Kalian juga boleh menambahkan ke kolom komentar.


1. Rawon

Kuliner khas Jawa Timur ini hampir ada dimana mana, dikenal dengan nama Rawon. Pasti sudah banyak yang berkenalan dengan rasanya. Masakan dengan kuah yang berwarna coklat kehitam-hitaman yang didapat dari bahan rempah bernama kluwek. Rawon biasanya berisi tauge, telur, sayuran hijau, hingga daging sapi. 

Cara makan rawon hampir sama seperti soto yang dimakan dengan nasi didalamnya, apalagi ditambah telur asin, kerupuk dan bawang goreng. Aku juga suka nambahin tempe goreng, perkedel dan empal manis. Duh, kok banyak banget ya :)


2. Rujak Cingur

Ini rujak yang terbilang berbeda dari rujak kebanyakan. Berbeda dari rujak biasanya yang berisikan irisan buah-buahan dan bumbu kacang atau sambel, Rujak Cingur menjadi favorit para pecinta kuliner karena berisi cingur atau congor atau mulut sapi di antara rujak sayur dan rujak buah. Mulai dari lontong, tempe, tahu, aneka sayuran rebus dan buah sayur seperti timun, mangga muda, nanas, bengkuang dan kedondong. 

Bumbu saus kacangnya terdiri dari, petis, cabai, gula merah, dan kacang tanah yang telah digoreng. Bumbu-bumbu itu diulek dan ditambahkan sedikit air agar sedikir encer. BTW ada satu bahan rahasia yaitu serutan pisang batu yang membuat rasanya sepat dan sedap


3. Nasi Krawu

Salah satu kuliner yang banyak tersebar di Indonesia, makanan Jawa Timur ini berasal dari kota Gresik, namanya Nasi Krawu. Masakan kaya rasa ini terbuat dari pelbagai bahan, di antaranya, daging sapi, sambal terasi, dan serundeng. 

Nasi Krawu disajikan di atas daun pisang, yang membuatnya terasa semakin sedap dan aromanya harum. Comfort food yang gampang diterima lidah Indonesia.


4. Sego Tempong

Nah, makanan yang satu ini aku temuin di warung berjalan yang menggunakan mobil pick up yang dimodifikasi. Nasi Tempong, atau biasa juga disebut Sego Tempong datangnya dari Banyuwangi. Tempong artinya tampar. Sesuai namanya, mencicipi masakan ini bakal membuatmu terasa seperti ditampar karena sambelnya pedes tapi bikin nagih!. 

Kuliner ini terbuat dari sayuran rebus seperti bayam, kubis, kenikir, yang disiram sambal kemudian dimakan dengan lauk seperti tahu atau tempe, daging ayam atau pun ikan, dan juga sambal. Sambal Nasi Tempong ada beberapa jenis di antaranya, sambal kacang dengan aroma kencur yang kuat dan sambal terasi pedas. Siapa yang bisa menolak?


5. Menjes

Begitu sampai di Malang dulu, menjes adalah makanan yang pertama kali saya coba
Cemilan yang berasal dari Malang, Menjes adalah semacam tempe yang terbuat dari ampas tahu. Dalam prosesnya, Menjes menggunakan bahan tepung berbumbu sebagai balutan dan baru kemudian digoreng hingga coklat keemasan. 

Tepung itu terbuat dari kunyit, daun jeruk, bawang putih, kemiri, dan ketumbar. Teksturnya yang empuk, rasanya yang gurih, membuat Menjes cocok menjadi pilihan untuk makan nasi atau pun sekadar mengemil. Kalau aku lebih suka dimakan sebagai cemilan dan dimakan hangat hangat dengan cabe kletus!
 

6. Gethuk Pisang dan Wingko Babat

Sekarang ngomongin cemilan manis yuk! aku menemukannya saat bepergian menggunakan kereta api saat dulu pedagang kaki lima. Gethuk pisang asalnya dari Kediri. Gethuk terbuat dari bahan dasar pisang. Pisang yang digunakan adalah Raja Nangka. Pisang jenis ini memiliki rasa khas yaitu manis sekaligus asam. Gethuk Pisang terasa padat karena karakteristik Pisang Raja Nangka dan cara memasak yang tepat.

Jangan lupakan Wingko Babat yang juga berasal dari Jawa Timur. Kuliner ini sudah cukup terkenal di Pantai Utara Pulau Jawa. Paling gampang didapat mulai dari terminal sampai toko oleh-oleh. Wingko Babat terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan, dan gula. Bentuknya bulat pipih dengan rasa manis, gurih, dan kenyal.

Banyak lagi lhooo yang lain! Seperti pecel, tahu berontak dan masih banyak lagi, Tapi tak mampulah saya tuliskan semua. Tapi kita selesaikan dulu dan kembali ke masalah utamanya

 

Menu Cak Dower Semut Ireng 22

Sampai kesini Tukang Jalan Jajan langsung kalap banget! auto pesen tapi udah mengukur isi perut sampai kemana. Mulai dari Tahu campur, tahu tek, rujak cingur dan nasi rawon. 


Tahu Campur

Satu kata untuk semua makanan ini! Nikmat! Mari kita selesaikan mulai dari dibagian tahu campur, Tukang jalan jajan sangat menikmati empuk dan kenyal kenyilnya aneka tetelan dan kikil berbalut kuah berbumbu dan amis amis petis yang menggoda. 

Potongan lontong yang padet tapi lembut plus potongan tahu jawa yang digoreng dengan paduan mie basah dengan potongan daun selada dan tauge. Disiram kuah tahu campur yang berbumbu dan penuh dengan kaldu sapi. Ditambah dengan petis dan dan sambel rasanya semakin membuncah dan makin nikmat diseruput selagi hangat


Tahu Tek

Makan tahu tek seperti membangkitkan kenangan. Makanan yang selalu ditunggu saat malam hari lewat didepan kos kosan. Tek tek.... tek.... tek.... bunyi sendok dipukulkan ke kuali sembari berkeliling. Makanan sederhana tapi enak banget menurutku

Tahunya di goreng saat akan dipesan dan digunting gunting dan dicemplungkan kedalam minyak panas, dicampur dengan telor kocok kemudian didadar. Potongan lontong ditambah dengan tauge yang direndam air panas kemudian dimasukkan tahu telur dadar baru kemudian diberi potongan daun seledri.

Tahu tek baru disiram bumbu hingga berlumur bumbu kacang dan petis yang berlimpah ruah, nikmat! Biasanya aku request tambahin daun seledri. Pilihan petis dan kecap adalah rahasia kenikmatannya.


Rujak Cingur

Lain cerita dengan nikmatnya rujak cingur yang hitam pekat dengan kenyal kenyil congor sapi yang sedap. Walaupun kondimen sayur dan buah buahannya tak terlalu lengkap tapi bumbunya yang kental, mlekoh dan gurihnya. Paling sedep kalau ditambahin kerupuk mamang. Pasti sedep banget!


Rawon

Potongan daging dengan sedikit lemak ditambah dengan tauge bantet kemudian Lanjut seruput kuah rawon yang hangat dengan rempah dan bumbu kluwek yang mlekoh. Tukang Jalan Jajan tim makan dengan nasi dan kerupuk udah. Sedep mantep! Bye bye asam urat dan kolesterol! Mari makan Enak



Cak Dower Semut Ireng 22, Kuliner Jawa Timuran di Pontianak

Buat orang Pontianak yang kangen makanan Jawa Timuran, Cak Dower Semut Ireng 22 merupakan salah satu solusi yang membahagiakan. Agak susah mencari makanan ini di Pontianak dan bahagia banget menemukannya, seperti dapet harta karun ditempat yang tersembunyi.

Tukang Jalan Jajan menikmati di  Semut Ireng 22 / Cak Dower Jl. Purnama 1 No.1a, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Ini layak coba genkssss! PATOET DIPOEDJIKAN Banget! Selamat makan dan Salam Yumces!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.