Uncle Tang Kopi Tiam, Minum Kopi ala Singapura

Uncle Tang sendiri memiliki menu menu sarapan ala Singapura, seperti roti bakar, pisang goreng
Siapa yang suka ngopi kalau ke Singapura? suka kangen dengan apanya? Kopi, roti panggang, atau malah penjualnya? Sekarang Tukang Jalan Jajan mau mengajak untuk berkunjung ke salah satu lokasi Kopitiam yang mengadopsi singaporean style! Pontianak sekarang punya Uncle Tang, kopitiam baru yang apik lokasinya. Ada ruangan indoor dan outdoor serta taman luas yang asri. Udaranya sejuk kalau pagi dan sore karena banyak pohon besar dan berada di tepi parittokaya. Bagi kamu yang mau bersantai atau mencari inspirasi, pas banget untuk tinggal berlama lama disini.

Uncle Tang Kopi Tiam, Minum Kopi ala Singapura
Uncle Tang Kopi Tiam, Minum Kopi ala Singapura

Kopi Tiam Era Modern

Kopitiam atau kopi tiam, rasanya kopi yang satu ini sudah begitu terkenal. Terutama di daerah yang masih dalam rumpun melayu. Kopi tiam merupakan budaya akulturasi  dua kebudayaan yaitu Melayu dan Cina yang persebarannya di sekitar kawasan melayu. Gampang sekali ditemukan di semua sudut Singapura dan Malaysia serta sebagian wilayah Indonesia. Makanya, seringkali orang menyebut kopitiam Singapore dan kopitiam Malaysia.Tidak ada yang bisa mengklaim siapa yang memilikinya. Asal kata enyebutannya sebenarnya berasal dari kosa kata melayu yaitu kata kopi dan kata tiam yang diartikan sebagai kedai dalam bahasa hokkien. Jadi arti sebenarnya adalah kedai kopi yang di dalamnya selain menyajikan kopi, teh dan susu juga menjajakan berbagai jajanan sebagai teman minum. Tentu saja kalau merujuk ke Pontianak, tak sekedar makanan pengganjal teman minum kopi, bisa juga makanan kelas berat tersaji disana. Bahkan tiap kopi tiam memiliki makanan andalannya masing masing.

Keistimewaan Kopi Tiam

Hal yang paling istimewa dari kopitiam adalah semua proses dilakukan dengan tradisional dan mutu kopi benar-benar dijaga. Bahkan, kebanyakan kopitiam memilih biji kopi langsung ke daerah Kalimantan Barat yang akrab lidah konsumen, kemudian memilah kopi kualitas terbaik. Biji kopi dijaga selalu kualitasnya dengan baik, disimpan di tempat yang sudah disediakan agar kualitasnya tidak menurun. Nah Uncle tang juga melakukan hal yang sama, biji kopi disangrai sendiri dan digiling setiap hari supaya menghasilkan aroma dan rasa yang selalu segar. Semua proses ini benar-benar dipertahankan hingga saat ini. Tidak heran bila kopitiam memiliki rasa yang sangat enak, berbeda dengan kopi lainnya. Aromanya sangat kopi karena memang 100 persen menggunakan kopi asli. Apa lagi yang membuat banyak penggemar kopi tiam susah pindah kelain hari? tentu kopi susu nya! Jika coffe shop menggunakan susu UHT maka kopi tiam menggukan kental manis yang super creamy.

Tak lengkap hanya dengan menikmati kopi, makanan  pendamping menjadi ciri penting yang tidak boleh ditinggalkan. Kurang lengkap rasanya jika minum kopi tanpa makanan pendamping. Satu lagi ciri khas kopitiam adalah makanan pendamping yang lain dari yang lain. Kopitiam selalu didampingi oleh telur setengah matang dan roti panggang atau bakar dengan selai butter atau srikaya. Ini menjadi teman sejati, jika di Pontianak maka harus ada pisang goreng serikaya hangat dan legit.

Uncle Tang Kopi Tiam

Sebelumnya Tukang Jalan Jajan mau mengingatkan, jangan berpikir kalau nongkrong dipinggir parit ngga oke dan jorok. Jangan under estimate ya! coba dulu mampir ke Uncle Tang, kopi tiam modern yang mirip dengan warung kopi di Singapura. Letaknya berada dipinggiran parit tokaya, di pojokan jalan Soetoyo. Uncle Tang sendiri memiliki menu menu sarapan ala singaporean kopi tiam, seperti roti bakar, pisang goreng yang siap dicocol dengan srikaya dan nutella dan kopi asli Pontianak yang digiling setiap hari. Nah, parit di Pontianak ini besar-besar ya, dulunya memang sungai yang dijadikan sarana transportasi menggunakan sampan bahkan kapal, namun karena sudah banyak yang di barau dan dibuat jembatan penghubung, membuat banyak akses terputus padahal dulu bermuara di beberapa pasar besar hingga ke Sungai Kapuas. Uncle Tang sendiri konsepnya sudah modern namun pemandangan outdoornya masih alami dan sejuk apalagi dilantai duanya terbuka dan ada glasshousenya lho!

Tepian Parit ini sudah bersih dan tertata rapi, diseberang sungai ada juga pusat jajanan yang belum sempat diresmikan karena adanya pandemi. Dari pengalaman saya, Uncle Tang by Pondok Ale Ale ini beneran tempat nongkrong yang santai dan penuh spot kece. Pohonnya banyak dan anginnya sepoi sepoi, beneran disebelah Parittokaya lho! Jadi yang hanya tahu namanya tapi ngga pernah lihat paritnya yang gede itu, mampir kesini. Bersihhhhhh dan adeeeemmm.

Oh ya ada juga menu minuman kekinian seperti "Plant your drink". Apaan tuh? jadi kamu bisa pilih base minumannya, lalu pilih tanahnya sebagai penutup bagian atas, baru kemudian dipilih tanaman yang mau ditanam. ada mint, marigold, kecambah dan bunga telang. Serius! Saya baru tahu kalau marigold bisa dimakan!


Menu Pilihan Uncle Tan Kopi Tiam

Ini lho menu menarik yang tadi Tukang Jajan Jalan diceritain tadi. Menu spesial yang menarik untuk dicoba ya pastinya  "Plant Your Own Drink". Yuk ikutin aku nyobain makanannya.

❤ Plant Your Own Drink Marigold

Jadi minuman ini membebaskan kita memilih isi gelas kita sendiri seperti diriku yang memilih base coklat dengan oreo sebagain soilnya lalu ditanam dengan Marigold. Jadi kita bisa mengaduknya jadi satu atau memakannya perlapisan. Coklat dengan Oreo? Siapa yang bisa nolak? Disini juga saya pertama kali makan bunga marigold segar!

❤ Plant Your Own Drink Mint

Konsepnya sama dengan minuman sebelumnya, cuman sama memilih Taro sebagai base nya dan regal sebagai soilnya lalu ditanam dengan mint! Jadi yang ini saya campur, lalu diminum dengan mengunyah mint. Jadi seger dong! Ini sensasi baru deh

❤ Lemon Squash

Super seger dengan dan seperti ada rasa jeruk kecil pontianaknya sedikit mirip kiam boi... Ih pokoknya seger pool! Cocok buat yang abis kepanasan dan kepedesan.

❤ Dalgona

Sudah tahu kaaaan #dalgona seperti apa hehehe. Susupermen asal korea selatan ini begitu booming dan jadi kreasi minuman di Indonesia. Rasanya tidak seperti karamel tapi memiliki tekstur ringan dan mudah larut saat dalam mulut. Apalagi di campur jadi satu. Makin jawara deh!

❤ Kopi Saring

Kopi nya selalu seger karena digiling setiap hari. Jadi aroma dan rasanya selalu fresh! Nikmat mana lagi yang didustakan.

❤ Capucinno

Paling pas dinikmati sore hari dengan pisang goreng pontianak dan roti bakar dengan srikaya dan cokelat. Buat temen ngobrol santai semakin bahagia

❤ Es Kopi Susu

Naaaahhh menurutku roasting kopi Pontianak paling pas dimix dengan kental manis yang super gurih. Ini emang ngga bisa dielakkan. Jadi pengen nyeruput terus sampai tegukan terakhir. Yuk akh seruput! Disini juga tersedia cemilan enak seperti roti bakar dan pisang goreng dengan selai serikaya dan nutella

Uncle Tang Kopi Tiam (disebelah Pondok Ale Ale)
Jl. Letnan Jendral Sutoyo No.Kel, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78121

Boleh dibilang, lokasinya asik buat nongkrong, ada lokasi dalam ruangan yang nyaman buat bersantai. Cuzzz merapat!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.