Menu Daging Sapi Australia Ala 5 Chef Internasional di Indonesia Meat Cuisine

acara live cooking BIG BANG Indonesian Meat Cuisine dalam rangkaian program BEEF UP #TrueAussiebeef @trueaussieid. Puncak dari rangkaian acara masak h
Makanan Indonesia tak melulu asli dari suku tertentu namun juga sudah dipengaruhi oleh beragam budaya mulai China sampai Belanda. Tukang Jalan Jajan pernah membaca bahwa masing-masing pulau di 34 provinsi mendapat pengaruh dari negara yang berbeda beda, seperti Sumatera bagian barat dipengaruhi India dan Arab, Sumatera bagian timur dipengaruhi China dan Malaysia. Sementara Jawa bagian utara dipengaruhi China, Arab, dan Belanda sedangkan Kalimantan bagian barat dipengaruhi China dan Malaysia, lalu Sulawesi bagian utara dipengaruhi Spanyol serta Maluku dipengaruhi Portugis dan Belanda. Dari beberapa menu yang paling banyak mendapat pengaruh adalah yang berbahan dasar daging sapi. Siapa yang bisa menolak makan semur, sate dan bakso? comfort food yang susah ditolak Tukang Jalan Jajan!

Pentingnya Konsumsi Daging Sapi

Selain rasanya yang enak dan akrab di lidah orang Indonesia. Makan daging sapi punya banyak manfaat bagi tubuh. Sebagai sumber lauk hewani, ada beberapa kebaikan yang bisa didapat dari konsumsi daging sapi berkualitas baik

1. Pencegahan anemia 

Anemia adalah salah satu masalah utama yang banyak ditemui di Indonesia. Anemia membuat banyak masalah terutama pada masa pertumbuhan dan wanita yang hamil dan menyusui. Anemia adalah kondisi umum, ditandai dengan penurunan jumlah sel darah merah dan berkurangnya kemampuan darah untuk membawa oksigen, anemia biasanya penyebab umum dari anemia. Jika terkena anemia, maka akan timbul gejala kelelahan dan kelemahan. Salah satu sumber zat besi adalah daging sapi, terutama dalam bentuk besi heme. Ada dua jenis zat besi yang tersedia dalam makanan, yaitu besi heme dan besi non heme. Besi heme adalah bentuk zat besi yang paling bioavailable. Jenis zat besi ini hanya ditemukan pada sumber protein hewani. Sedangkan besi non-heme ditemukan pada sumber protein nabati seperti buah, sayuran dan kacang-kacangan. Jika dibandingkan dengan besi non-heme, besi heme lebih mudah diserap oleh tubuh. Meski begitu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa daging sapi dapat meningkatkan penyerapan zat besi non-heme bahkan dalam makanan yang mengandung asam fitat, penghambat penyerapan zat besi. Karena itu, makan daging adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah anemia defisiensi besi. Jangan remehkan kekurangan zat besi ya, jadi pilih daging sapi berkualitas supaya Anemia bisa dicegah.

2. Mempertahankan massa otot 

Daging sapi merupakan salah satu sumber protein berkualitas tinggi. Daging sapi mengandung semua asam amino esensial dan disebut sebagai protein lengkap. Konsumsi daging sapi dapat menurunkan risiko hilangnya massa dan kekuatan otot seiring bertambahnya usia atau sarcopenia. Sumber protein makanan terbaik adalah makanan yang berasal dari hewan, seperti daging sapi, ikan, dan produk susu. Dalam konteks gaya hidup sehat, tentu kita harus dapat memilih daging sapi berkualitas, salah satunya daging Sapi Australia dari Meat & Livestock Australia (MLA)

3. Peningkatan kinerja olahraga 

Bagi pecinta olahraga dalam menunjang gaya hidup sehat Salah satu nutrisi yang terkandung dalam daging sapi adalah karnosin, ini adalah senyawa penting untuk fungsi otot. Merangkum dari Nutrition Advance, daging sapi adalah salah satu sumber karnosin tertinggi. Dalam beberapa penelitian membuktikan bahwa pada otot manusia, kadar karnosin yang tinggi telah dikaitkan dengan berkurangnya kelelahan dan peningkatan kinerja selama olahraga. Konsumsi daging sapi sesuai dengan kebutuhan tubuh, sesuai dengan perhitungan yang didapat dari ahli atau konsultan kesehatan akan membuat kerja otot menjadi baik dan massa otot juga bisa bertambah.

Ternyata daging sapi memang salah satu sumber makanan yang mengandung banyak manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi dengan tepat. 
Tapi kita harus bisa memilih daging sapi bagus dan berkualitas. Bagaimana cara sederhananya? Tukang Jalan Jajan punya cara sederhana untuk memilih daging sapi yang tepat


Memilih Daging Sapi yang Tepat

Memilih daging sapi yang tepat untuk konsumsi sangat penting. Meat and Livestock Australia (MLA) memberikan edukasi mengenai daging sapi yang baik untuk dikonsumsi. Industri peternakan di Australia ini berkomitmen untuk memproduksi daging yang aman, berkualitas tinggi, bagi konsumen di seluruh dunia sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh pelanggan. Seperti diketahui bersama, daging sapi Australia merupakan daging yang berkualitas tinggi karena semua proses produksi dilakukan sesuai prosedur serta standar yang berlaku.

Ada beberapa alasan memilih daging sapi Australia, 

1. Semua daging sapi Australia yang masuk ke Indonesia sudah mendapatkan sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia. Ini adalah syarat utama dan mutlak saat masuk ke Indonesia. Melewati standar mutu dan sesuai dengan hukum Islam, mulai dari penyembelihan yang dilakukan orang Muslim sampai higienitas pengemasan hingga ke tangan konsumen, sehingga kamu tak perlu lagi khawatir mengkonsumsi daging sapi Australia.

2. Daging sapi Australia juga terjamin aman, karena Australia bebas dari sejumlah penyakit hewan. Sapi di Australia juga memiliki sistem pelacakan yang bagus, di mana sapi yang baru lahir dipasang chip atau tag pada telinganya, sehingga sapi-sapi di Australia dapat ditelusuri asal-usulnya seperti ada akta kelahiran ya.

3. Rasa daging sapi Australia juga tak hanya lezat dan nikmat, juga kata nutrisi, mulai dari zat besi, seng, vitamin B12, dan selenium. seperti yang sudah saya bahas diatas, ini dapat membantu mencegah anemia, serta membantu konsentrasi dan berpikir. Ini yang menjadi sebab daging sapi Australia dianjurkan untuk dikonsumsi  3-4 kali seminggu dengan berat 100-125 gram sekali makan.

4. Daging sapi Australia banyak pilihannya, seperti grassfed dan grainfed dari beberapa breed, seperti Angus dan Wagyu. Setiap tipenya memiliki karakteristik, tekstur dan rasa yang berbeda. Selain itu, sapi-sapi di Australia diternakkan di padang rumput luas, dengan alam yang alami, sehingga daging sapi Australia memiliki kualitas yang baik – tender, juicy, flavourful – cocok untuk berbagai masakan nusantara maupun ala internasional.

Selain itu masih ada beberapa kelebihan yang didapat dari daging sapi Australia seperti, ph nya diukur, lemaknya diukur, bentuk dan ketebalan potongan juga diukur. Apalagi rumah pemotongan hewan di Australia bersuhu 0 derajat sehingga daging dapat disimpan tanpa khawatir akan terkontaminasi bakteri. mekanisme pemotongan hewan juga diperhatikan dengan menerapkan standar operasional yang ketat. Setelah disembelih, daging akan digantung sehingga otot-otot yang terkandung akan mengecil, jadi daging akan terasa empuk. Karena pada dasarnya daging yang sudah disembelih tidak boleh langsung dimasak. Daging sapi australia dapat diolah dengan cara direndang, disemur atau dengan cara yang kreatif seperti steak, beef bulgogi, dan lain sebagainya.

Jika sudah ada daging sapi Australia yang berkualitas dari MLA tentu akan memudahkan konsumen untuk menentukan menu apa yang hendak disiapkan. Enak rasanta dan dapat semua kebaikan gizi dari daging sapi.

Menu Daging Sapi Australia Ala 5 Chef Internasional di Indonesia Meat Cuisine
Menu Daging Sapi Australia Ala 5 Chef Internasional di Indonesia Meat Cuisine

Menu Daging Sapi Australia Ala 5 Chef Internasional di Indonesia Meat Cuisine

Sekalian juga aku mau menginformasikan acara seru yang mungkin bisa menjadi ide dan pandangan baru dalam mengolah daging sapi. Akan ada Indonesia Meat Cuisine (IMC) yang akan diadakan Meat and Livestock Australia (MLA). Akan ada demo memasak dengan menghadirkan resep rahasia yang pasti membuat perut kelaparan. Sudah siap? Akan lima Executive chef hebat sekaligus yang berkumpul dan memasak masing-masing signature dish nya. Walaupun secara live via zoom tapi tetap saja membuat perut keroncongan dan ingin segera mencicipi hidangan tersebut. Saya sudah membayangkan bakal tergoda dengan hasil sajian yang dibuatnya. Keseruan itulah yang akan dihadirkan di acara live cooking BIG BANG Indonesian Meat Cuisine dalam rangkaian program BEEF UP. Sekali lagi, Lima Executive chef hebat ini berkumpul dan unjuk aksi memasak daging sapi Australia bersama! Tak ketinggalan para Executive chef juga menyebutkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat setiap hidangan. Namun, yang pasti harus tersedia adalah daging sapi Australia untuk membuat beragam sajian makan siang tersebut.

Chef Marco Braun


Chef Sean Macdougall


Chef Gilles Marx


Chef Hamish Lindsay


Chef Sezai Zorlu


Acara ini seru banget karena Executive Chef juga akan membagikan tips and tricks mengolah daging sapi Australia yang benar. Keseruan itulah yang akan dihadirkan di acara live cooking BIG BANG Indonesian Meat Cuisine dalam rangkaian program BEEF UP #TrueAussiebeef @trueaussieid. Puncak dari rangkaian acara masak hidangan nusantara bersama para chef ternama ini akan dilangsungkan pada 18 Maret 2021 jam 11.00-12.00 WIB Live di Instagram @Dreamcoid dan Instagram @KapanLagicom. Acara ini pun mengakhiri rangkaian Indonesian Meat Cuisine yang sudah dilaksanakan sebanyak lima kali sejak awal tahun atau Januari 2021. Jangan sampai ketinggalan untuk ikut karena di acara BIG BANG kelima Executive chef ini datang dan masak makan siang bersama.


Ikut Keseruan Acara Indonesia Meat Cuisine (IMC) bersama 300 orang lainnya

Acara ini sendiri diikuti 300 Orang Peserta di Zoom, sebagai penutup rangkaian program BEEF UP #TrueAussiebeef, dalam Indonesian Meat Cuisine, acara BIG BANG ini dilangsungkan sangat meriah. Kerennya, acara tersebut menghadirkan 300 peserta yang ikutan secara LIVE lewat aplikasi Zoom. Para peserta ini pun diajak masak bersama para chef yang menyajikan beragam hidangan berbeda-beda dari daging sapi Australia. Tidak hanya itu saja, peserta dalam event ini juga berkesempatan mendapatkan hadiah menarik selama event berlangsung. Sayang banget kalau sampai kelewatan, karena masing-masing Executive chef internasional ini memasak hidangan berbeda untuk makan siang. Mereka mengeluarkan resep rahasia atau signature dish dengan gaya memasak yang mengagumkan.
Jadi jangan lupa konsumsi daging sapi Australia MLA dan saksikan acara seru  live cooking BIG BANG Indonesian Meat Cuisine dalam rangkaian program BEEF UP ya! See you there





Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.