Pangsit Goreng Viral ala Kwetiaw Asua 81 Pontianak

salah satu bakmie yam dan pangsit goreng viral Asua 81, no pork, no lard, dan halal hanya menggunakan ayam, ikan dan udang.
Kuliner Pontianak sedang meledak di Ibu kota, banyak juga jenis yang pernah mengisi daftar kuliner. Pangsit goreng sedang naik daun, sama seperti nasi telor, bakwan Pontianak, roti Serikaya dan pisang goreng Pontianak yang notabene nya kami makan setiap hari sebagai makanan normal. Iya, setiap hari dimakan dengan bahagia dan hampir bisa ditemui pagi, siang dan malam.

Pangsit Goreng Viral ala Kwetiaw Asua 81 Pontianak

Bagi kota yang hidup dengan budaya makan peranakan, itu semua biasa saja. Sudah jadi sarapan atau kudapan biasa saat ngumpul bareng teman atau makan malam keluarga. budaya makan yang tiga sampai lima kali sehari membuat menu makanan semakin beragam supaya orang tidak bosan. Selain itu, pilihan makanan yang beragam, makanan resep rumahan dari zaman lampau juga banyak diperjual belikan memanjalan lidah

Pangsit, Akrab di Lidah Kita

Pangsit sebenarnya bukan barang baru di lidah kita, Pangsit adalah makanan berupa daging cincang yang dibungkus lembaran tepung terigu. Setelah direbus atau dicelor sangat cepat, paling sering biasanya disajikan dalam kuah sup atau yang lebih sering kita temui dalam mie ayam tau pelengkap makan mie. Pangsit digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga seperti kerupuk. Pangsit atau juga dikenal dengan nama wonton termasuk salah satu jenis dim sum yang bisa dimakan dalam rangkaian makan dimsum.

Cara Membuat Pangsit Goreng Viral 

Biasanya pangsit akan diisi dengan udang, daging babi, atau sayuran. Sampai di Indonesia pasti isi pangsit terutama dibuat dari udang atau campuran daging ayam dan udang dengan tambahan jahe, bawang bombay, atau bawang putih yang dicincang.  Bumbu untuk isi pangsit juga super simpel, ada kecap asin, saus tiram, dan minyak wijen.

Lalu bagaimana membuat kulit pangsit yang enak? Biasanya, Kulit pangsit dibuat dari adonan tepung terigu, air, dan garam dapur. Kemudian Adonan ditipiskan dan dipotong-potong berukuran persegi. Jika tidak mau repot, kulit pangsit bisa dibeli dalam kemasan berisi 10 hingga 20 lembar. Pernah membuat atau makan siu may/siomay, kulit pangsit dipakai sebagai pembungkus daging cincang sehingga tidak berhamburan kemana mana 

Seperti yang sudah tukang jalan jajan infokan diatas kalau kulit pangsit tanpa isi bisa digoreng hingga renyah seperti kerupuk. Rasanya pangsit goreng ini tidak bisa dipisahkan dari makanan Indonesia yang memakai pangsit, misalnya: pangsit kuah, pangsit goreng, pangsit goreng kuah, mi pangsit, hingga cwie mie dari Malang. Pada hidangan mi pangsit kuah, pangsit kering ini diletakkan terpisah dalam mangkuk kecil supaya tidak lunyu dan tetap krispi. Selain itu, pangsit biasanya juga disajikan bersama semangkuk bakso daging sapi. Kebanyakan bakso Malang menggunakan pangsit sebagai tambahan isi bakso. Atau ada juga yang menjadikan pangsit renyah ini menjadi mangkok bakmie kering.

Pangsit Goreng Viral ala Kwetiaw Asua 81 Pontianak

Nah, sekarang, Tukang Jalan Jajan mau menunjuukan salah satu bakmie yam dan pangsit goreng Asua 81, no pork, no lard, hanya menggunakan ayam, ikan dan udang. Semuanya diolah sendiri, kalau beruntung, kamu bisa melihat pak Asua mengolah bakso ikan atau membuat pangsit dihadapan pengunjung. Kita bisa mengintip bahan sekaligus cara pembuatannya, tidak ada dusta diantara kita. Cek videonya biar makin seru ya



Nah pangsit goreng ini sebenarnya pangsit basah yang ditumis dengan aneka saus, minyak dan bawang putih goreng cincang. Cara membuatnya gampang banget *ini versi bapaknya yah*
  • Panaskan wok, masukkan minyak goreng, lalu hempaskan potongan sawi dan tumis sebentar. Ingat jaga api, ini adalah ciri khas makanan peranakan
  • Lalu rebus sebentar pangsit, tiriskan dan masukkan kedalam wok.
  • Masukkan aneka saus, kecap dan bawang putih goreng cacah.
  • Tambahkan aneka campuran, potongan kue ikan, bakso ikan, potongan ayam tumis kecap dan tauge
  • Sajikan selagi hangat dengan tambahan udang goreng tepung dan pangsit goreng
Yeaaay... Makanan hangat tersaji diatas meja, pangsit berisi ayam dan udang dengan tekstur kenyal berminyak begitu lancar melewati tenggorokan. Warnanya yang pekat karena menyerap kombinasi kecap. Aroma gurihnya bukan maen! Menyerang hingga syaraf kenikmatan terjauh. Aroma manja bawang putih goreng dengan aneka kecap bersatu dengan minyak dan air. Rasa gurih menyeruak paling pas jika ditambahin lada sedikit. Pangsit yang empuk meluncur manja langsung ke lambung. Sudah empuk dengan lapisan minyak dan air, walaupun isian pangsitnya tak terlalu banyak, namun tambahan kue ikan dan bakso ikan yang "ngikan" banget terasa membal saat dikunyah. Selain itu masih ada tumisan daging ayam yang kering dan gurih tercampur didalam pangsit, ada juga udang goreng balut tepung yang jadi tambahan tekstur bahagia saat dikunyah.Seperti biasa, tetap harus ada pangsit renyah yang kriuk kriuk yang harus dicoba.

Jangan lupa, masih ada aneka menu lain seperti bakmie dan pangsit yang juga bisa dipesan melengkapi rasa. Selain itu air tahu (soya milk) dan liang tea (chinese herbal tea) bisa jadi ilihan sempurna untuk melepas semua rasa dan menyempurnakannya kedalam lambung.

Pangsit Goreng, Makanan Sehari Hari di Pontianak

Disandingkan dengan yam Pangsit yang sudah berkali kali tukang jalan jajan bahas. Terasa makin melengkapi makan malam bahagia. Tak lupa air tahu es sebagai pelengkap yam pangsit dan pangsit goreng ala asua 81 di Jalan Tanjungpura, depan dealer Yamaha Pontianak. Cek di gmaps, sudah ada kok. 
Rumah tua jadul ini pasti jadi saksi sejarah panjang jualan nikmat yang ada disini. Rekomendasi Tukang Jalan Jajan untuk mampir dan menikmati aneka makanan yang dimasak super cepat dan nikmat.

Siapa yang pernah cobain menu ini? Silakan beri responnya
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.