Mengadu Keringat dengan Ayam Bepeloh, Bawang Goreng dan Sambal

Sudah siap untuk mengadu keringat dengan Ayam Bepeloh, Bawang Goreng dan Sambal? oh ya tak lupa nasi hangatnya ya!.
Ada yang pernah makan ayam goreng rempah dengan taburan bawang merah goreng? Saya sendiri pernah makan ayam goreng rumahan dengan model seperti ini saat datang ke acara selamatan di rumah teman baik di Malang. Awalnya sempat bingung, apakah seharusnya bawang ditaburkan di nasi atau bagaimana? Pertanyaan ini tak jadi lagi misteri setelah tukang jalan jajan melihat si empu nya rumah memakannya. Ternyata bawang goreng ini dicemili. Lalu ayamnya dicelupkan kedalam sambal.

Sudah siap untuk mengadu keringat dengan Ayam Bepeloh, Bawang Goreng dan Sambal? oh ya tak lupa nasi hangatnya ya!.
Mengadu Keringat dengan Ayam Bepeloh, Bawang Goreng dan Sambal
Saya biasanya menikmati potongan ayam yang lebih kecil dan digoreng dengan bawang putih atau biasanya ditaburi bawang putih goreng cacah dengan madu. Rasa manis dan gurihnya membuat saya tak berhenti makan! Tak perlu nasi putih, sikat saja sampai tuntas!

Nah, yang ini agak beda, ayam goreng ungkep digoreng hingga kulit luarnya renyah dan kemudian ditaburin diatasnya. Ayamnya renyah diluar dan empuk didalam. Gampang dikoyak koyak lalu dijejalin kesambal, nasi dan terakhir bermuara dimulut. Ayam yang audah berbumbu dan harum rempah menjadikan ayam ini penting disikat selagi hangat. Bawang merah gorengnya? Saya cemili pelan pelan, sebagian ditaburin disambal dan sebagian lagi dihamparkan diatas nasi. Karakter rasa bawang merah menambah sensasi rasa sekaligus tekstur. Bagi penggemar bawang goreng.

Pesanan saya di Ayam Bepeloh

Ayam Goreng Bawang Goreng Bawang Goreng

Sudah siap untuk mengadu keringat dengan Ayam Bepeloh, Bawang Goreng dan Sambal? oh ya tak lupa nasi hangatnya ya!. Potongan ayam berukuran besar ini sudah diungkep dengan bumbu rempah terlebih dulu, terlihat warna kuning kunyit dan aroma bumbu ungkep dan aneka bumbu dan empon empon khas Indonesia. Digoreng dengan minyak super panas sehingga warnanya jadi cantik. Renyah diluar namun masih empuk dibagian dalam.

Ayam Bepeloh berada di Ayam Bepeloh, Jalan Uray Bawadi. Gg. Sentosa, Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak
Ayam Bepeloh, Bawang Goreng dan Sambal
Proses mengungkep yang cukup lama membuat bumbu merasuk hingga kedalam. Begitu disober, serat daging ayam terbumbui dengan baik, aroma bawang goreng mungkin lebih didapat dari minyak yang kemungkinan dipakai untuk menggoreng terlebih dahulu. Jangan lupa, jika ingin memperkaya rasa, bisa diberi perusan jeruk kasturi ke sambal atau ke ayamnya. Membuat ayam menjadi lebih segar.

Tempe Tahu Goreng Bawang Goreng

Tempe dan tahunya sudah diungkep terlebih dahulu dan kemudian ditaburi bawang goreng. Ektra bawang goreng ini saya tambahkan ke sambal dan juga ke nasi. Fulll buanyak buaaanget bawang gorengnya

Pete Goreng Bawang Goreng

Pete yang sudah dipipili dan digoreng sejenak kemudian ditaburi bawang goreng, inipun langsung saya hempaskan semua kedalam sambal dan kemudia diuwek uwek kedalam nasi

Sambal dan Lalapan

Sambal bajak yang pedas dengan ektra tomat menimbulkan rasa pedas, asem dan gurih. tinggal di tambahkan jeruk kasturi jika ingin lebih asam, baru kemudian dijadikan cocolan. Saya lebih mencintai sambal ini jika diberi kecap karena tukang jalan jajan butuh penyeimbang rasa manis. Tapi siapa yang bisa menolak bawang goreng saat bertemu kecap? Setuju?
Jadi menurut kalian, apa menu pairing yang cocok untuk menemani Tukang Jalan Jajan makan ayam goreng rempah yang tersaji diatas meja

Citarasa Melayu di Ayam Bepeloh

Oh ya, saya sedang makan di ayam bepeloh. Bepeloh dalam bahasa Melayu artinya berkeringat. Tukang jalan jajan jadi ingat omongan orang tua dulu, "makan enak harus sampai keringatan". Selain kenyamanan, bisa jadi karena kepedasan. Tinggal dicoba saja sendiri. Makan ditempat ini artinya kita harus siap berjajar dan berbaris rapi, sistem pesan sendiri dengan cara tunjuk sana sini lalu bayar dikasir membuat harus ekstra sabar termasuk cuci tangan dan mencari tempat duduk.
Menu disini didominasi dengan di goreng atau di bakar, Ayam, bebek, telur, ikan asin semuanya digoreng lalu ditambah dengan aneka sambal termasuk sambal favoritku, sambal pete yang ditaburi limpahan bawang goreng. Pelengkap lainnya adalah lalapan segar serta tumis kangkung dan pakis, terong goreng. Semua menu ini terbilang jahat dengan nasi hangat. Citarasa melayu yang pedas dan asam mendominasi semua hempasan dimulut. Disajikan hangat dimana makanan akan dimasak dan digoreng saat dipesan.

Ayam Bepeloh, Kuliner di Pontianak

Teman jalan jajan tinggal menggunakan telunjuk sakti untuk menunjuk menu mana yang ingin dimakan, bayar dikasir dan tunggu makanan datang. Ayam Bepeloh berada di Ayam Bepeloh, Jalan Uray Bawadi. Gg. Sentosa, Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116. Ayo ikut Tukang Jalan Jajan mengadu keringat dengan Ayam Bepeloh, Bawang Goreng dan Sambal. Selamat makan dan Salam Yumcez!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.