Bakwan Pontianak “Sultan”, Pilihan Camilan Nikmat

Bakwan Pontianak di Wiga House of Cake dan pastikan kamu ngga kehabisan stoknya. Fresh from wajan! Bakwan Pontianak “Sultan”, Pilihan Camilan Nikmat
How i miss makan gorengan. Setelah dua Purnama, Tukang jalan jajan menemukan Bakwan Pontianak yang fenomenal karya anak bangsa Wiga House Cake Pontianak yang benar benar mengundang selera. Bentuknya yang setengah bola, gemuk menggoda. Ada adeka sayuran yang menyembul manja dan taburan udang rebon yang menjadi ciri khas. Dari tampilannya, rasanya sayang untuk melewatkan kenikmatan ini. Tapi sebelum kamu bisa menikmatinya, jangan lupa untuk pesan terlebih dahulu
Bakwan Pontianak “Sultan”, Pilihan Camilan Nikmat
Bakwan Pontianak “Sultan”, Pilihan Camilan Nikmat
Bakwan Sultan dengan dua cocolan tersedia dalam kenikmatan haqiqi. Bakwan goreng rasanya berbeda karena adanya daun kucai. Kucai atau bawang kucai serta daun kucai, berasal dari Bahasa Hokkian, "Kú-chhài". Penggunaannya umum dalam masakan Tionghoa. Ngga cuman itu masih ada kol, wortel dan jagung. Beeeuhhh sehat! Kaya serat. Anyway, Sekilas bentuknya sama dengan kudapan serupa yang disebut weci di Malang dan ote-ote di Surabaya atau bala bala urang sunda! Namun, bakwan ini sedikit berbeda karena toppingnya berupa udang rebon yang dipadukan dengan daun kucai. Cocok buat yang males untuk buat sendiri. Oh ya, Tukang Jalan jajan pernah menulis tips membuat bakwan Pontianak yang empuk

Bakwan Pontianak Beda Dari Yang Lain

Bakwan pontianak ini dicitrakan dengan potongan kucai yang melimpah, aroma khasnya membuatnya terasa berbeda. Apalagi jika lihai membuatnya, maka teksturnya akan semakin juara, krispi dan renyah diluar dengan bagian dalam yang moist dan epuk saat dikunyah. Bakwan Pontianak harus digioreng didalam minyak yang banyak dan panas supaya bagian luarnya bisa rentah. Jika bagian luarnya matang sempurna maka minyak tidak akan terserap kedalam bakwan. Selain menggunakan rebon biasanya juga menggunakan udah segar yang manja diatasnya
Bakwan Pontianak “Sultan”, Pilihan Camilan Nikmat
Bakwan Pontianak “Sultan”, Pilihan Camilan Nikmat

Salah dua yang membuatnya berbeda weci di Malang dan ote-ote di Surabaya atau bala bala urang sunda adalah saus sambalnya nya yang khas. Bakwan Pontianak tidak dimakan dengan cengek atau cabe kletusan alias cabe hijau tua utuh, namun dimakan dengan cocolan khas. Ada saus sambal cair dengan aroma yang tajam semuanya baik itu dari pedasnya, asamnya dan aroma bawang putih mentahnya yang menurut sebagian orang menyengat. Tapi inilah karakter rasa yang ditampilkan bakwan Pontianak. Bakwan Pontianak saja, tanpa saus cabe ini adalah nothing! Alias bukan apa apa.

Saus Cabe Adalah Kunci

Maka dari itu, Bakwan sultan Pontianak Tak lupa menambahkan sambal asam manis, gurih, bawang putih khas Pontianak sebagai pelengkapnya. Nah bakwan sultan Wiga House Cake Pontianak Punya ekstra sambal kacang yang hot and nutty. Saran saya pada saat hendak memakannya,silakan coba dulu bergantian sausnya baru kemudian mix it! Kamu bakal nemuin rasa baru yang sensasional dan kepingin nambah lagi dan lagi.
Bakwan Pontianak Saus Kacang dan Saus Cabe
Bakwan Pontianak Saus Kacang dan Saus Cabe

Jadi Saus cabe yang sedap, dengan perpaduan antara pedas, asam, asin, gurih, dengan rasa manis tipis dan rasa ledar bawang putih mentah adalah kunci kenikmatan Bakwan Pontianak yang tidak bisa diganti. Semua rasa yang kuat ini justru jadi seimbang saat berpadu didalam mulut.

Cara Makan Bakwan Sultan Pontianak

Begitu diantar masih dalam keadaan hangat, disobek dan langsung memencar aroma khas kucai dengan bumbu, tidak sekedar tepung yang digoreng yes! Konsistensinya pas, ngga lembek atau keras. Setelah disobek langsung nyata terlihat aneka sayuran disana. Saat dicocolkeun ke sambal dan dihempaskan kedalam mulut, langsung terdeteksi aneka tekstur, mulai dari jagung, kol, sampai renyahnya rebon. Krispi diluar namun nyaman dikunyah. Sambel merahnya pedas manis, bikin ngga berhenti buat nyocolin lagi dan berulang
Bakwan Pontianak Saus Kacang dan Saus Cabe
Bakwan Pontianak Saus Kacang dan Saus Cabe

Selain dicocolin terpisah, sambal kacang ini juga bisa di mix dengan sambal merahnya. Lalu diubek ubek manja, kalau mau ditambahin asem tinggal diremesin jeruk lemon dan kalau mau ekstra pedes langsung tambahin potongan cabe.

Saya punya dua cara makan

Pertama, bakwan disobek sobek kemudian baru dicocol kedalam saus yang diingingkan. Kita masih bisa merasakan mana bagian yang tak terkena sambal dan mana yang terbungkus rapi oleh sambal
Bakwan Pontianak Saus Cabe
Bakwan Pontianak Saus Cabe

Kedua, ambil mangkok, lalu sobek sobek bakwannya dan simpan kedalam mangkok secukupnya. Baru kemudian disiramkan dengan saus sambel, baru diaduk rata, diamkan sejenak agar sambal meresap kedalam bakwan dan dimakan. Semua bagian terlapisi saus dan kemudian baru dikunyah dan didaratkan dilambung.
Bakwan Pontianak Saus Kacang
Bakwan Pontianak Saus Kacang

Mengapa harus disobek? Permukan bakwan yang tidak rata akan membuat sambal mudah diserap dan menempel sempurna sehingga kenikmatan makan bakwan Pontianak tak dapat disangkal lagi.

Bakwan Sultan Pontianak, Pilihan Camilan Nikmat

Mneemani sore dengan Bakwan Pontianak “Sultan”, bisa jadi solusi me time pada saat kamu bosan atau lagi kangen makan gorengan seperti Tukang Jalan Jajan. Pesan aja di Wiga House of Cake, Toko kue online. WA : 0852 4576 9615 (no WA Call) atau 0811 5718 988 . 
Bakwan Pontianak Saus Kacang dan Saus Cabe
Bakwan Pontianak Saus Kacang dan Saus Cabe

Ngga cuman bakwan, kamu bisa memesan aneka kue lainnya termasuk kue modern. Makan itu harus bikin senang, Enak itu ngga cuman rasa tapi juga sensasinya! Cek Bakwan Sultan Pontianak di Wiga Houseof Cake dan pastikan kamu ngga kehabisan stoknya. Fresh from wajan! Selamat makan dan salam yumcez!
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.