Mie Manis, Kuliner Khas Peranakan Kota Pontianak

Tiam Mie atau mie manis adalah salah satu menu khas Pontianak dari suku Tionghoa Tio Ciu yang menyebar hampir merata di Kalimantan Barat. Jika disebut Kinchi Tiam Mie maka diartikan Kinchi = Vegetarian, Tiam = Manis dan Mie = Mi.
Susah payah saya mengulik cerita tentang kuliner Peranakan khas Pontianak, Mie Manis atau Tiam Mie. Tak banyak informasi yang saya dapatkan tentang mie ini. Beberapa waktu, postingan instagram @dodon_jerry cukup banyak mendapat kunjungan akibat postingan yang satu ini. Sampai saat ini saya hanya tahu beberapa tempat makan Mie Manis atau Tiam Mie di Pontianak yang punya citarasa hakiki. Beberapa ada yang diprediksi tidak halal dan beberapa sudah dipastikan halal. Tinggal pilih mau menikmati yang mana. Menikmati makanan ini lebih banyak pada sore dan malam hari karena gerobak ini biasanyamenumpang dihalam ruko yang telah tutup. Ada yang menjualnya pagi hari namun tak sebanyak tiam mie yangmuncul pada malam hari.

Mie Manis, Kuliner Khas Peranakan Kota Pontianak
Mie Manis, Kuliner Khas Peranakan Kota Pontianak
Tiam Mie atau mie manis adalah salah satu menu khas dari suku Tionghoa Tio Ciu yang menyebar hampir merata di Kalimantan Barat. Jika disebut Kinchi Tiam Mie  maka diartikan Kinchi = Vegetarian, Tiam = Manis dan Mie = Mi. Jadi makanan ini halal dikonsumsi karena tak ada protein hewani yang digunakan. Mie ini menjadi manis karena menggunakan gula aren yang dipadukan dengan minyak bawang putih yang ditumis dengan sayuran kucai namunversi lain menggunakan sawi dan tauge. Jika suhu api yang digunakan tepat dan tingakat kematangan bawang dan kucai pas maka akan menghadirkan aroma dan rasa yang super sedap. 

Mie Manis, dengan tauge dan sawi
Mie Manis, dengan tauge dan sawi
Dalam penyajiannya Tiam Mie ada yang menambahkan telur mata sapi atau telur dadar yang disajikan dengan siraman telur asin. Tukang jalan jajan sendiri suka menambahkan bubuk lada sebelum dinikmati. Jika suka adapula yang menambahkan sambal cabe dan cuka saat sebelum dimakan  
 
Mie Manis, dengan gula merah atau gula aren sebagai pemanis
Mie Manis, dengan gula merah atau gula aren sebagai pemanis
Oh ya, ada perbedaan bahasa juga antara penyebutan suku Tio Ciu dan suku Kek. Antara Kengchi dan Kinchi, tukang jalan jajan sempat ngobrol dengan salah satu penjual kwe tiaw goreng Asui yang memberikan informasi kalau artinya tanpa apa apa atau ekonomis. Paket hemat untuk menikmati kwe tiaw atau mie kaki lima. Didalamnya hanya ada kwe tiaw / mie dan sayuran tanpa tambahan apa apa.

Mie manis di beri lada sebelum dinikmati.
Mie manis di beri lada sebelum dinikmati. Paling sedap!
Menikmati Tiam Mie atau mie manis paling cocok dengan sayuran tumis atau cha/cah. yang paling sering tukang jalan jajan pesan biasanya tauge mix sawi. Ditumis dengan api besar dan minyak panas baru kemudian diberi bawang putih goreng diatasnya. Sesederhana itu cara menikmati makanan ini namun jangan ditanya ramainya seperti apa. Lebih banyak dinikmati malam hari karena porsinya yang masuk dalam kategori “nanggung”. Bikin kenyangnya setengah-setengah. Jangan lupa makanan ini bisa dilengkapi dengan liang teh tawar atau air tahu. 
Tumisa tauge sebagai pelengkap Makan mie manis
Tumisa tauge sebagai pelengkap Makan mie manis
Siapa yang punya kemampuan habis dua porsi? mungkin tukang jalan jajan salah satunya. Jika dalam kondisi sedang sangat ingin dan kelaparan maka saya bisa memesan hingga dua porsi. memakan Mie manis seperti menemukan kelezatan dalam tanda tanya besar. Apakah mie ini benar benar dari daratan Tiongkok sana atau sudah melalui tahap akulturasi dan modifikasi. Tukang Jalan Jajan masih mencoba mencari tahu kuliner nikmat ini.
Telur Mata sapi pelengkap makan Mie manis khas Pontianak
Telur Mata sapi pelengkap makan Mie manis khas Pontianak
Beberapa tempat yang bisa untuk dikunjungi lumayan banyak di Kota Pontianak karena masuk kategori makanan pinggir jalan yang murah. Biasanya jika ada gerobakan kwe tiaw goreng maka menyediakan mie manis. Menu sederhana yang punya penggemarnya sendiri. Jika bertandang ke Pontianak, jangan melewatkan kenikmatan kuliner peranakan khas Pontianak yang kebanyakan hadir di Sore hingga menjelang tengah malam ini.
Mie Manis, Kuliner Enak Kota Pontianak
Mie Manis, Kuliner Enak Kota Pontianak
Beberapa lokasi Mie Manis Pontianak yang bisa dikunjungi diantaranya :
  • Kinchi Tiam Mi, Jalan Siam Depan foodcourt THE KING (Kaki Lima), Pontianak, 8K (tanpa telur) | 10K (porsi jumbo-tanpa telur) | 10K (dengan telur
  • Kwetiaw dan Mie Manis, Jalan Merdeka didekat Les Bahasa Inggris Colink, Gerobakan yang ada di malam hari harga berkisar di 10K
  • Kwe tiaw Robert, ada Mie manisnya juga, Jalan Purnama di sekat persekolahan Pasifikus, warung tenda di pinggir parit tokaya. Harga berkisar 10K dengan menggunakan kucai
  • Ada lagi di Jalan Siam dan beberapa sudut gang lainnya, harganya kurang lebih sama dengan rasa yang rata rata enak.
Kuliner khas peranakan kota Pontianak, Jajanan kaki lima sederhana yang lebih banyak dijual malam hari dengan bumbu simpel, minyak, bawang putih dan sirup gula merah yang tentu telah diracik. Di mix dengan kucai dan tauge, menghadirkan aroma yang khas dengan tekstur yang berbeda. Makin sedap dengan telur mata sapi yang disiram kecap asin.Jika teknik memasak tepat dan paduan bumbu nya pas maka akan ada citarasa menggugah selera makan.Makan bukan sekedar kenyang tapi menyingkapi cerita dan kisah lampau dengan perjalanan panjang.
Selamat menikmati, Selamat makan dan salam yumcezz!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.