OneChick, Nasi Ayam Halal di Pontianak

One Chick , Nasi Ayam Halal, No telepon 0822-5117-1699 di Jalan Siam No.7. Benua Melayu Darat. Pontianak Selatan. Menyajikan Nasi Ayam Halal yang menarik untuk dicoba.
OneChick, Nasi Ayam Halal di Pontianak. Menikmati Kota Pontianak tentu tak lepas dengan kulinernya yang berbagai macam ragam. Jangan khawatir masalah rasa. Kebanyakan enak dan tak perlu diragukan terutama makanan peranakannya. Salah satu kota yang menyimpan harta kuliner suku Tionghoa yang tak boleh dilewatkan. Memang yang menjadi kendala bagi teman Muslim adalah masalah Halal atau tidaknya. Terkadang ada beberapa menu yang membuat penasaran untuk di coba namun susah untuk mecari versi halalnya. Salah satu yang membuat penasaran adalah nasi ayam. Namanya memang nasi ayam tapi 90% daging yang digunakan adalah babi. Nama makanan yang terkesan “menjebak”. Jadi berhati-hatilah jika mampir ke Pontianak.

OneChick, Nasi Ayam Halal di Pontianak
OneChick, Nasi Ayam Halal di Pontianak
Nasi Ayam Pontianak atau Nasi Campur atau Koi Peng adalah Nasi putih atau nasi hainam yang disiram kuah kental dengan bumbu bawang putih goreng, dulu ada yang mengatakan kuah kental ini dibuat dari kaldu sirip hiu. lalu diatsnya diberi potongan daging babi dalam berbagai jenis olahan, mulai dari babi kecap, samcan atau three layer (Kulit renyah, lemak dan daging), Babi merah panggang (dengan bumbu angkhak/5 spices), dan Sosis babi (lap Chiong), dan semur telur lalu biasanya ditambah ayam goreng asam manis, sayur sawi asin dan potongan timun segar. Tak lupa tambahan sup, ada yang menggunaka sayur asin ada juga kaldu kaki ayam dengan kacang kedelai. Saya juga bingung kenapa lafal Tio Chiu menyebutnya Koi Peng yang artinya Koi adalah Ayam dan Peng adalah nasi sehingga diterjemahkan menjadi nasi ayam. 

Nasi Ayam, Koi Peng ala Pontianak yang halal
Nasi Ayam, Koi Peng ala Pontianak yang halal

Tentu banyak yang penasaran dengan rasanya? iyakan? untunglah di Pontianak ada satu satunya rumah makan yang menjual Nasi Ayam Pontianak versi Halal. Beneran menggunakan daging ayam namun bumbu dan citarasa dipertahankan sama dengan versi aslinya. One Chick , Nasi Ayam Halal, No telepon 0822-5117-1699 di Jalan Siam No.7. Benua Melayu Darat. Pontianak Selatan. Taglinenya “No Pork No Lard” menekankan memang semua makanan disini menggunakan ayam 100%. 

Nasi Ayam disajikan dengan sup Kosong
Nasi Ayam disajikan dengan sup Kosong

Nasi ayam di sini menggunakan nasi yang disiram kuah kental dari kaldu ayam, dengan ayam kecap tanpa tulang, ditambah Ayam panggang merah bumbu angkhak, Ayam kukus dengan bawang putih, ayam panggang dengan bumbu charsiew, telur semur, sosis ayam dan sayuran sawi asin yang spesial. 


Saya pribadi menyukai aroma charsiew atau BBQ yang melekat di ayam tanpa tulang ini. Rasa gurih berpadu smoky tentu pas dipadukan dengan rasa ayam panggang angkhak yang gurih sedikit manis. Sawi asinnya seperti acar yang segar, kresnyes dan ada rasa manis yang membungkus rasa asamnya. Seperti memakan asinan buah, membersihkan rasa bumbu didalam rongga mulut. Nasi ayam ini memang solusi untuk tahu bagaimana rasa Koi Peng Pontianak yang sebenarnya.

Sawi asin pujaan hati di OneChick, wajib coba
Sawi asin pujaan hati di OneChick, wajib coba
Selain itu masih ada menu lain yang patut dicoba seperti Nasi Hainam dengan ayam kukus.Makanan sederhana yang sering ditemui di Malaysia dan Singapura. Ayam kukus yang empuk dengan sentuhan sederhana bawang putih. Membangkitkan semangat makan terutama disiang hari. Masih ada menu kuah seperti sup ayam dengan pilihan lada putih dan lada hitam. Masih ada mie dan bakso ayam, nasi dengan dada ayam bumbu 5 spices dan ada beberapa pilihan menu lainnya yang bisa dipilih dengan hanya 25K perpaket include es teh.

Ada sup ayam lada hitam, bakso ayam dan nasi ayam  ala OneChick
Ada sup ayam lada hitam, bakso ayam dan nasi ayam  ala OneChick
Bubuk lima rempah atau ngo hiong adalah campuran dari lima rempah-rempah, meliputi kelima rasa manis, asam, pahit, pedas, dan asin. Bumbu ini sangat popular dalam masakan Tionghoa, tetapi juga digunakan dalam masakan Asia lainnya. Bahan-bahan untuk membuat bumbu ini ada bermacam-macam varian. Yang paling umum adalah bunga lawangcengkihkayu manisandaliman dan biji adas yang ditumbuk. Paduan rempah-rempah ini didasarkan pada falsafah Tionghoa dalam menyeimbangkan yin dan yang dalam makanan.

chicken karage by OneChick Pontianak
chicken karage by OneChick Pontianak

One Chick , Nasi Ayam Halal, No telepon 0822-5117-1699 di Jalan Siam No.7. Benua Melayu Darat. Pontianak Selatan. Menyajikan Nasi Ayam Halal yang menarik untuk dicoba. Menjawab penasaran dengan rasa nasi ayam Halal. Parkirnya memang tidak luaskarena rukonya berada di tepi jalan namun meja kursi didalamnya cukup nyaman untuk diduduki. Saya menyelipkan nilai 8 dari 10 untuk Koi Peng yang dijual disini. Sekali lagi, Nasi Ayam Halal ini tentu tidak bisa dibandingkan head to head dengan Nasi Ayam non Halal. Selamat makan dan salam Yumcezzz!
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.