Ngopi Pagi di Han's Kopitiam Singkawang

Selain warung kopi nikmat yang legendaris, ada pula Han’s Kopitiam di Jalan Diponegoro Singkawang Kalimantan Barat,
Minum kopi di kota manapun di Kalimantan Barat punya kenikmatan tersendiri. Signature coffee dari setiap barista, entah itu tradisional maupun modern jadi ciri khas yang membedakannya dari satu warung kopi ke tempat lainnya. Jangan ditanya racikannya seperti apa karena sudah jadi rahasia yang diwariskan hanya kepada murid dan turunannya. Di Singkawang, selain kotanya selow menurut saya, ada pula banyak warung kopi yang sedap untuk ditongkrongin dan cicipi. Selain warung kopi nikmat yang legendaris, ada pula Han’s Kopitiam di Jalan Diponegoro Singkawang Kalimantan Barat, walaupun masih terbilang barutapi boleh juga untuk diicip-icip.

Ngopi Pagi di Han's Kopitiam Singkawang
Ngopi Pagi di Han's Kopitiam Singkawang

Teman saya, Pucha merekomendasikan Han's Kopitiam. Katanya tempat ini memiliki kopi yang enak dan ada beberapa gerobak penjual makanan yang menjual makanan sedap untuk sarapan di pagi hari. Jadilah saya dan Pipit melintasi jalanan kota Singkawang yang menurut saya berputar putar dan membuat pusing. Apalagi jalanannya yang searah, jika salah kita harus memutar ulang jalannya, Tapi untungnya google maps sudah cukup membantu. Kabar baiknya sudah ada grab di Singkawang! hoooraaayyyy.

Masuk ke warung kopi bearti melewati gang sempit antar meja yang agak ribet jika dilalui dua orang besar sekaligus seperti saya. saat berpapasan harus ada yang mengalah terlebih dahulu agar bisa lewat. Han’s Kopitiam memiliki ruangan yang memanjang kebelakang selain meja segi empat adapula meja bundar. Seperti kebanyakan warung kopi tradisional, di meja bartender terdapat teko leher panjang dari tembaga dengan saringan panjang menyerupai kaus kaki. Begitu melewatinya, aroma kopi langsung menyeruak dan masuk ke sela sela saraf hidung. Mata yang mengantuk terasa langsung jernih.

Ngopi Pagi di Han Kopitiam Singkawang
Ngopi Pagi di Han Kopitiam Singkawang

Pucha melambaikan tangan di meja bundar dan sayapun duduk. Ngopi di warkop tradisional bearti kita menjauhkan teknologi dan menggantinya dengan obrolan ringan diselingi dengan tawa dan canda. Tidak lupa saya memesan satu cawan kopi hitam tanpa gula dan secawan lagi kopi susu. untuk mendampinginya, saya memesan seporsi sup mie asin/misoa daging sapi, semangkuk bubur daging sapi dan nasi uduk ayam penyet. Kalau dilihat dari nama namanya sungguh ini bukan makan pagi tapi sudahlah, kita coba saja hingga tuntas supaya tidak penasaran.

Begitu kopi datang, aromanya langsung membuat saya ceria. Kopi saring ini saya seruput dan aromanya begitu nyaman dengan rasa pahit yang diakibatnya proses pemasakannya yang sedikit terlewat tapi sensasi gosong inilah yang disukai pengopi di Kalbar. Tapi percayalah, jika dipadukan dengan susu kental manis maka rasa gurih, legit dan pahit kopi ini mampu menyatu dengan baik. Saya selalu mencintai kopi susu ala Pontianak dan Singkawang. Dicicip mantap, dicecap sedap! awas ketagihan.

Makanan saya datang satu persatu, aroma misoa ini membuat saya ingin segera mencobanya. Misoa/mie asin ini sudah dikukus terlebih dahulu baru kemudian disajikan denga disirami kuah kaldu, taburan potongan daging sapi, teri dan kacang goreng, sawi dan daun bawang serta lobak manis yang menambah kenikmatan. Mie yang sudah asin dan gurih dipadukan dengan lobak manis yang bertekstur “kresnyes” menimbulkan tekstur kunyahan yang menyenangkan. 

Kopi Pagi di Han's Kopitiam Singkawang
Kopi Pagi di Han's Kopitiam Singkawang

Apalagi rasa manis yang ditinggalkan juga semakin memperkaya rasa. Sedap mantap! Jika masih ada sela kosong di lambung, boleh juga menambah pesanan nasi uduk dengan ayam geprek yang diberi sambal pedas manis. Dengan tambahan bihun goreng yang ditumis dengan kecap dan diberi kacang panjang. tidak lupa, supaya ada sensasi kunyahannya maka diberi kering tempe. Buburnyapun kurang lebih sentuhannya, tinggal kamu memilih, mau mencampur semuanya jadi satu atau memakannya perbagian. 

Transformasi warung kopi yang nyaman untuk didatangi oleh seluruh anggota keluarga tanpa dominasi pria membuat tempat ini semakin ramai. Memang kelemahan warung kopi tradisional ini adalah area merokok yang dicampur jadi satu. Han’s Kopitiam merupakan salah satu rekomendasi tempat ngopi dan sarapan di Singkawang. * dari 10 untuk kenikmatan pagi hari yang saya dapatkan hari ini. Selamat makan dan salam Yumcez!
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.