Bakmi Jawa Jogja Pak Tug, Penggugah Selera Pecinta Kuliner Malam

Lupakan dulu Bakmi Jawa Jogya Pak Pele, Bakmi Kadin, Bakmi Mbah Mo, atau Bakmi Mbah Gito yang menggunakan bekas kandang sapi sebagai tempat makannya. Coba dulu Bakmi Jawa Pak Tug di Jl. Kol. Sugiyono No.22, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Lupakan dulu Bakmi Jawa Jogya Pak Pele, Bakmi Kadin, Bakmi Mbah Mo, atau Bakmi Mbah Gito yang menggunakan bekas kandang sapi sebagai tempat makannya. Coba dulu Bakmi Jawa Pak Tug di Jl. Kol. Sugiyono No.22, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta hasil rekomendasi supir Go-Car yang saya dan @kulinerYogya tumpangi! Tempatnya dipinggir jalan dengan gerobak dan meja sederhana tapi saya lebih memilih duduk lesehan sembari menikmati lalu lalang kota Yogya. Jam tangan saya sudah menunjukkan pukul 22.00 malam tapi masih banyak yang mengantri untuk makan Bakmi.

Bakmi Jawa Jogja Pak Tug, Penggugah Selera Pecinta Kuliner Malam
Bakmi Jawa Jogja Pak Tug, Penggugah Selera Pecinta Kuliner Malam
Saya memesan satu porsi bakmi Jawa Jogya godog lengkap dengan telur bebek tidak lupa tambahan jeruk hangat untuk memberi jalur nyaman ditenggorokan sebelum menelan bakmi Jawa. Saya sengaja memesan pedas untuk menambah rasa hangat malam ini. Sembari menunggu saya menyaksikan si Ibu peracik mie jawa meracik satu persatu menu pesanan dengan seorang asisten yang mengipasi bara api agar selalu menyala. Memasak secara personal satu persatu pesanan pelanggan. Patut diapresiasi dan angkat topi untuk sabar memasak slow food seperti ini.
Bakmi Jawa Jogja Pak Tug
Bakmi Jawa Jogja Pak Tug, Penggugah Selera Pecinta Kuliner Malam
Ibu peracik bakmie jawa Jogja memasukkan air dan bumbu bersamaan. bara api terus menyala dan dijaga tetap panas. Ada dua jenis mie yang digunakan, mie telur dan bihun dimasukkan setelah kubis matang lalu baru diberi potongan ayam yang tergantung didalam gerobak. Ayam kampung yang sudah direbus kemudian diambil kaldunya dan dagingnya siap disuwir lalu dimasukkan kedalam mie. Potongan cabe dan daun bawang dimasukkan terakhir sebelaum diangkat, kuah kaldu juga ditambahkan lalu telur bebek dikocok kedalam kuah tak lupa sentuhan akhirnya adalah taburan bawang goreng.
Bakmi Jawa Jogja Pak Tug
Sang Juru Masak Bakmie Jawa Jogja Pak Tug
Bakmi Jawa atau Mi Jawa dahulu dikenal dengan istilah bakmi rebus atau dalam bahasa jawa disebut dengan Bakmi godhog yang dimasak dengan bumbu dan rempah yang khas masakan Jawa. Keistimewaan resep Bakmi Jawa lainnya adalah pada cara pengolahannya. Bakmi jawa dimasak masih menggunakan cara tradisional yaitu masih menggunakan tungku tanah liat (anglo) dan api dari arang. Melihat latar belakang sejarahnya, pada mulanya resep bakmi Jawa ini berasal dari Desa Piyaman, Wonosari, Gunung kidul, Yogyakarta yang dipercaya sebagai tempat asal pembuat bakmi jawa. Dalam perkembangannya, kuliner tradisional ini telah menyebar dan ada hampir diseluruh wilayah Indonesia maupun luar negeri. Penjualnya pun memiliki ciri khas tersendiri. Mereka biasanya menjajakan dagangannya mulai senja dengan menggunakan gerobak tempat memasak bakmi di depan tempat usaha mereka. Di Yogyakarta sendiri telah ada banyak penjual bakmi jawa yang sudah sangat terkenal.
Bakmi Jawa Jogja Pak Tug
Bakmi Jawa Jogja Pak Tug, Penggugah Selera Pecinta Kuliner Malam
Saya tidak sabar menyeruput kuah bakmie jawa Jogja yang penuh asap, memasak dengan tungku membuat panasnya tahan lama. Bakmi Jawa Pak Tug memang belum terlalu banyak dikenal, tak banyak referensi yang saya temukan di internet. Seruputan pertama langsung terasa rempah dan bumbu berbalut rasa gurih telur bebek dan pedasnya cabe potong. Gurihnya tercecap seperti ada rasa ebi tapi agak susah menemukan bahan ini di masakan Jawa. Mie telur dan bihun berpadu nyata dengan rasa yang membahagiakan saraf lidah saya. seperti ada lapisan bumbu yang menempel erat disetiap permukaan mie. Telur bebek yang dikocok didalam kuah berbumbu mampu mengikat rasa dengan sempurna. Jika ingin menambah rasa, ada acar timun yang manis dan asam, melunturkan eneg dan membuat semuanya segar!,

Bakmi Jawa Jogja Pak Tug
Bakmi Jawa Jogja Pak Tug, Bawang goreng nya bikin enak
Selain itu ayam kampung yang empuk dan super gurih sangat memperkaya rasa, belum lagi kejutan kenyilnya kulit ayam yang tiba-tiba tergigit saat mengunyah paduan bakmie. Sawi dan kubis juga memperkaya sensasi kunyahan. Namun yang menyempurnakan rasa adalah daun bawang dan taburan bawang yang berlimpah ruah. sedapnya tidak tanggung-tanggung. Bakmie Jawa Pak Tug patut diperhitungkan di Jogja.
Bakmi Jawa Jogja Pak Tug
Bara api membuat semua makin sedap
Setiap seruputan membuat tukang jalan jajan ingin menyeruput lagi! tidak bisa berhenti rasanya. Harga Bakmi godog Pak Tug ini hanya 18K lengkap dengan jeruk hangat, murah meriah bahagia bagi kantong saya. Bakmie Jawa Pak Tug berlokasi di Jl. Kol. Sugiyono No.22, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan buka mulai pukul 20.00 malam dan biasanya sudah ada yang menunggu. Menggunakan halaman ruko dengan parkir kendaraan roda dua yang masih memadai namun tidak untuk mobil. Nilai 8,5 dari 10 untuk bakmie Jawa Pak Tug. Saya berjanji akan kembali lagi saat menjejakkan kaki di Yogya! Selamat makan dan salam yumces!
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.