Sedapnya Kuliner Thailand di Lemongrass

Beruntung sekarang Pontianak punya Lemongrass Café yang menghadirkan makanan Thailand yang otentik. Lemongrass beralamat di Jalan Agus Salim Nomor 97 (masuk jalan di samping Harum Manis tepatnya di sebelah kiri) Nomor Telepon 0821 5208 5758


Sebagai Tukang Jalan Jajan, saya suka sekali mencoba berbagai menu dari berbagai negara yang dikunjungi. Beberapa rasa mampu membuat saya terkenang hingga nempel di hati. Saat kembali ke Indonesia tentu saja membuat saya kangen untuk icip icip kembali dan bingung mau mencari kemana karena untuk memasak sendiri tentu saja kesulitan untuk menemukan bahan masakan dan bumbu. Jangankan negara antah berantah, negara yang dekat seperti Thailand saja, saya kesusahan untuk mendapatkan rasa otentik. Beruntung sekarang Pontianak punya Lemongrass Café yang menghadirkan makanan Thailand yang otentik. Lemongrass beralamat di Jalan Agus Salim Nomor 97 (masuk jalan di samping Harum Manis tepatnya di sebelah kiri) Nomor Telepon 0821 5208 5758

Chicken Wings ala Lemongrass Pontianak
Chicken Wings ala Lemongrass Pontianak



Saat masuk kedalam tempat ini, terasa atmosfer yang cozy. Tatanan interior tidak terlalu berlebihan dan mencolok. Bangku yang disediakan khusus untuk tamu yang datang bisa menikmati suasana. Bisa didalam ruangan atau bagian samping yang lebih terbuka dengan beberapa tanaman hias yang menghadirkan suasana hijau yang menyegarkan. Saya pun sempat berbincang dengan pemilik, ternyata sang pemilik Lemongrass Cafe adalah hotelier dari Jaringan hotel Internasional yang bekerja di Bangkok selama 5 tahun, sang kakak seorang rimbawan pecintatanaman hutan. Sinergitas yang menarik untuk sebuah tempat makan.

Chicken Pandan ala Lemongrass Pontianak
Chicken Pandan ala Lemongrass Pontianak
Dari obrolan tadi, ekspektasi saya terhadap makanan yang dihadirkan tentu tinggi. Citarasa yang otentik paling di cari dimana mana. Sembari duduk, saya membolak balik buku menu yang ternyata menyajikan menu lengkap, mulai dari starter, makanan utama, makanan penutup, snack hingga aneka minuman dan kopi. Tempat ini lebih mirip bistro ketimbang café. Mau makan berat atau sekedar kongkow semuanya ada. Mulai dari starter, ada Mini Pizza dengan topping spicy chicken aromatic 20K , Ayam Pandan ( Gai Hor Bai Toey ) 24K, dan Chicken Wings 16K. Makanan utamanya ada Aromatic Spicy Ayam ( Pad Phrik Keng ) 22K, Tom Yam Seafood 27K, Nasi Goreng Nanas ( Kao Pad Sapparot ) 29K sedangkan minumannya saya mencoba Mojito 16K dan Chocolate Hazelnut 21K. Mari menunggu makanan datang!

Tom Yum Nam Khon Seafood ala Lemongrass Pontianak
Tom Yum Nam Khon Seafood ala Lemongrass Pontianak
Sayap ayam goreng dengan saus sambal memang menggoda. Berbalut tepung tipis dan renyah membuat makanan berlemak ini tidak pernah salah. Begitu dicocol, daging sayap ayam yang sudah berbumbu ini semakin kaya dengan sambal cabe yang pedas. Berlanjut kepizza yang tak kalah menggoda. 

Pizza Chicken Aromatic ala Lemongrass Pontianak
Pizza Spicy Chicken Aromatic ala Lemongrass Pontianak
Roti yang tipis dan krispi mengingatkan saya pada pizza Italia, namun begitu saya merasakan tuppingnya sungguh berbeda. Rasa Asia jelas terjejak disana, ada jagung muda, kacang panjang dan potongan cabe yang masih krispi dibalut gurih pedas potongan ayam yang ditumis dengan basil. Basil yang dipakai adalah kemangi Thailand yang memang khusus ditanam untuk memberikan citarasa masakan ini. 

Aromatic Spicy Chicken ala Lemongrass Pontianak
Aromatic Spicy Chicken ala Lemongrass Pontianak
Godaan makanan terakhir datang dari ayam pandan yang sangat harum menggoda. Ada potongan daging ayam yang sudah dimarinate dengan bumbu lalu digulung dengan daun pandan. Bumbu dan herbal yang harum serta gurih makin kuat setelah melewati proses penggorengan. Ayam tanpa tulang ini sangat memanjakan. Bumbu yang sudah masuk hingga keserat ayam memberikan sensasi dalam setiap kunyahan daging yang masih moist. Ini memang cocok dijadikan sebagai makanan pembuka maupun lauk. 

Chicken Pandan ala Lemongrass Pontianak
Chicken Pandan ala Lemongrass Pontianak
Makanan utama di Lemongrass sudah hadir di atas meja. Saya penasaran dengan aromatic spicy chicken, sekilas mirip daging ayam yang ditumis dengan kimchi karena warnanya yang merah. Tapi saya yakin ini bukan, tumisan sayuran dan ayam terdiri dari sawi putih, kacang panjang, dan wortel dengan bumbu merah yang pedas dan harum karena ada bsil yang ditambahkan kedalamnya. Untuk melengkapi nasi putih ini, ditambahkan telor ceplok sunny side. Cocok bagi pecinta tumisan pedas. 

Pizza Spicy Chicken Aromatic ala Lemongrass Pontianak
Pizza Spicy Chicken Aromatic ala Lemongrass Pontianak
Tom yam ini juga sedap, dengan kuah santan yang asam, pedas dan gurih dengan tambahan aroma serai dan lengkuas yang menambah citarasa ikan dan udang yang dimasukkan bersama sayuran segar yang masih krispi. Kebayang sedepnye dinikmati siang hari. Dinikmati hangat maupun dingin oke oke saja menurut saya. 

Nasi Goreng Nanas ala Lemongrass Pontianak
Nasi Goreng Nanas ala Lemongrass Pontianak
Lain lagi dengan nasi goreng nanas yang diletakkan apik dalam nanas yang sudah dibagi dua dan diambil daging nanasnya lalu dicampurkan kedalam nasi goreng. Nasi yang dicampur dengan orak arik telur, udang tomat dan vabe lalu diberi kacang mete. Sensasi kunyahan gurih dan krispi di padu dengan kesegaran nanas yang menghadirkan rasa tropical membuat saya asik sendiri menemukan sensasi unik. PERLU DI CATAT, SEMUA MAKANAN DISINI TIDAK MENGGUNAKAN MSG

Nasi Goreng Nanas ala Lemongrass Pontianak
Nasi Goreng Nanas ala Lemongrass Pontianak
Minuman di Lemongrass Cafe juga menambah rasa bahagia. Kesegeran Mojito dengan fresh mint serta potongan jeruk memang segar. Belum lagi chocolate hHazelnut yang super creamy dan cocok untuk memperbaiki mood yang rusak seharian. Saya juga sempat mencoba fresh espresso hasil iseng ketika saya ngobrol dengan peracik semua makanan dan minuman tadi. Aroma kopi dan rasa yang sudah disesuaikan dengan kesukaan warga Pontianak tentu jadi hal yang patut di coba saat mampir.



Selamat makan dan salam yumces ala Tukang Jalan jajan
Selamat makan dan salam yumces ala Tukang Jalan jajan
empat yang nyaman dengan menu yang patut di coba, Tukang Jalan Jajan juga menganjurkan untuk mencoba green curry dari Lemongrass. Saya memberikan nilai 8 dari 10 untuk ayam pandan, pizza dan choco Hazelnutnya. Tempat yang nyaman dan tidak dekat dari jalan utama membuat tempat ini lebih nyaman dikunjungi dengan tenang. Parkirnya lumayan luas untuk kendaraan roda dua. Bagi yang kangen makanan Thailand, ada baiknya untuk mampir ke Lemongrass Cafe di Jalan Agus Salim Nomor 97 (masuk jalan di samping Harum Manis tepatnya di sebelah kiri) Nomor Telepon 0821 5208 5758 . Selamat Makan dan Salam Yumcez

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.