K-Bab, Sensasi Korea di Pontianak

Mari sama sama mencoba K-Bab, sensasi Korea di Pontianak. K-Bab dengan alamat di Ruko A Yani Mega Mall Blok B No 33, dengan nomor telepon 0561- 665 5251
Tukang Jalan Jajan bukan pecinta drama Korea atau music Korea tapi kalau makanannya, saya suka. Kabar angin yang berhembus di K-Bab ada oppa nya. Saya bukan penggemar actor Korea tapi jika pemiliknya asli Korea Selatan, paling tidak ada rasa makanan Korea yang dijual rasa otentik. Mari sama sama mencoba K-Bab, sensasi Korea di Pontianak. K-Bab dengan alamat di Ruko A Yani Mega Mall Blok B No 33, dengan nomor telepon 0561- 665 5251. Mari bertandang sekarang dan mencari tahu rasa makanan Korea disini.

Menu Korea ala K-Bab Pontianak
Menu Korea ala K-Bab Pontianak
Begitu masuk, saya sudah disambut seorang  yang sudah berumur sembari membuka pintu dan mengucapkan salam  “Annyeong Haseyo”. Suaranya terdengar jelas ditelinga saya. Suasana tempat ini sedang ramai, pramusaji mempersilakan untuk naik kelantai dua. Ternyata suasananya sangat berbeda. Lantai 1 didominasi keluarga sedangkan lantai dua banyak anak muda yang duduk sembari makan dan menonton drama korea yang diputar di TV datar.

Menu Korea ala K-Bab Pontianak
Menu Korea ala K-Bab Pontianak
Mulai dari tangga, dinding serta sekeliling ruangan ini dipenuhi poster artis, boy and girl band serta tulisan-tulisan Korea. Wajah-wajah tanpa pori-pori menghiasi seluruh tempat ini. Bagi pecinta Korea, ini adalah surge yang dirindukan. Bagi saya yang tukang makan ini adalah restoran makanan Korea yang menjanjikan rasa. Duduk manis lalu segera memesan beberapa jenis makanan yang namanya lumayan membuat lidah saya kelu menyebutnya. Pesanan saya adalah, bibim bap 30K, dak gang jeong 1/2 ekor 65K, kim chi jeon 30K, oksusu cha tea Korea 20K dan topokki seharga 30K.

Menu Korea ala K-Bab Pontianak
Menu Korea ala K-Bab Pontianak
Mari mengintip makanannya! Dalam arti harfiah, ini adalah nasi campur ala Korea, diatasnya ditambahkan sayuran yang sudah diris tipis memanjang, potongan daging, telur (ada yang menyajikannya mentah jika berada diatas hotplate) dan tentu yang tak boleh ketinggalan, saus khas gochujang! Tidak pernah lupa taburan wijen ada dimana-mana. Variasi lain dari penyajiannya adalah menggunakan dolsot atau mangkuk batu. Bibim bap sendiri harus diaduk dan dicampur menjadi satu baru kemudian dimakan bersama sama. Rasa gochujang yang sedikit tajam dari fermentasi kedelai dan cabe kering yang cukup menusuk namun sedap. Aroma khasnya juga menjadikan Nasi campur ini beda dari yang lain. Selain itu ada potongan labu siam didalamnya. Wah! Saya baru tahu orang Korea juga suka memakannya.

Bibim Bap ala K-Bab Pontianak
Bibim Bap ala K-Bab Pontianak
Awalnya saya bertanya-tanya, apakah Dak Gang Jeong itu? Ternyata ini adalah Cemilan ayam goreng crispy tanpa tulang dengan ukuran potongan ayam yg pas dan mudah untuk dinikmati dalam sekali hap, dibalut dengan saus khas gochujang, bawang putih dan manis madu dengan sedikit pedas tidak lupa taburan wijen. Cocok dinikmati begitu saja dengan acar dari lobak. Nyam nyam nyam. Ngga berasa setengah ekor bisa habis sendirian.

Dak Gang  Jeong ala K-Bab Pontianak
Dak Gang  Jeong ala K-Bab Pontianak
Kimchi Jeon, apalagi ini? Makanan ini muncul diatas hotplate dan papan talenan, awalnya Tukang Jalan Jajan pikir ini adalah pizza ala Korea, namun setelah dicicipi, rasanya mirip panekuk yang didominasi telur dengan campuran kimchi didalamnya. Ini mirip dadar yang ditambahkan tepung. Telurnya lebih gurih dari telur ayam, kemungkinan ini telur bebek. Paduan gurih, asin dan asam dari kimchi menegaskan rasa Jeon ini.

Kimchi Jeon ala K-Bab Pontianak
Kimchi Jeon ala K-Bab Pontianak
Makanan terakhir yang dinikmati di K-Bab kali ini adalah Topokki atau Tteokbokki  adalah penganan Korea berupa tteok dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Setelah disiram saus merah mengkilap kemudian diberi taburan daun bawang dan wijen. Ada potongan kue ikan dan juga telur rebus untuk melengkapi makanan ini. Tteoknya sendiri tidak berasa, seperti kwetiaw yang berbentuk silinder. Kenyal dan membal , rasa gochujang yang sedikit lebih manis sangat dominan berperan dimenu ini. DIE DIE MUST TRY

Tteobokki ala K-Bab Pontianak
Tteobokki ala K-Bab Pontianak
K-Bab banyak menyajikan menu Korea lainnya yang bisa di coba, seperti kimbab, jajangmyeon, bulgogi, ramen dan di K-Bab juga menjual fresh kimchi yang dibuat langsung oleh pemiliknya. Sayuran fermentasi disini dijual dalam cap seharga 25K dan bisa dibawa pulang untuk cemilan. Tempat parkir yang luas dengan harga makanan yang luamayan bersaing untuk tempat yang berada di dalam mall. Bisa dijadikan referensi untuk menikmati makanan Korea di Pontianak. 8,5 dari 10 makanan disini. Selamat makan dan salam Yumces!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.