Nikmatnya Cheese Cake di Cupfee

Tempat nongkrong di Pontianak banyak sekali salah satunya Cupfee. Lokasi santai bertemakan cafe dengan banyak lokasi unik yang instragamable. Berlokasi di Jalan Gajah Mada no 71, Pontianak, dengan nomor telepon 0561 8172199.

Tempat nongkrong di Pontianak banyak sekali salah satunya Cupfee. Lokasi santai bertemakan cafe dengan banyak lokasi unik yang instragamable. Berlokasi di Jalan Gajah Mada no 71, Pontianak, dengan nomor telepon 0561 8172199. Beberapa kali saya datang kesini untuk sekedar menemui teman saya yang juga mengelola cafe ini, bertemu dengan klien atau sekalian bersantai dengan teman-teman tukang jalan jajan.  Teman kongkow yang menyenangkan dengan meja tinggi dan beberapa sofa untuk bersantai. Ada dua lokasi yang bisa dipilih yaitu ruangan bebas rokok dan ruangan merokok.

Cappucino dan Cheese Cake Cupfee
Begitu masuk saya langsung kaget dengan teriakan selamat datang dari pramusaji dan bersahutan dengan barista dan yang lainnya. Menantang sekali saat datang, memilih duduk di sofa empuk agar terasa nyaman. Saya ingin bersantai dengan kadar caffein yang tidak tinggi. Cukup dengan cappucino 25K dan aneka cheese cake 35K perpotongnya. Cukuplah untuk sekedar menikmati malam di tempat nongkrong di kota Pontianak, cupfee.

Cappucino dan Cheese Cake Cupfee
Cappucino Cupfee
Sedikit membahas mengenai cafe yang selalu salah kaprah dengan bistro karena terlalu sering digabungkan. Lalu apakah perbedaannya?  Cafe atau Kafe dari (bahasa Perancis: café) secara harfiah adalah (minuman) kopi, tetapi kemudian menjadi tempat untuk minum-minum yang bukan hanya kopi, tetapi juga minuman lainnya termasuk minuman yang beralkhohol rendah. Di Indonesia, kafe berarti semacam tempat sederhana, tetapi cukup menarik untuk makan makanan ringan. Dengan ini kafe berbeda dengan warung.

Cappucino dan Cheese Cake Evelyn di Cupfee
Cappucino dan Cheese Cake Evelyn di Cupfee
Lalu apa pula bistro? Dalam bahasa Prancis, bistro berarti restoran kecil. Di Prancis sendiri, bistro adalah bar kecil yang menyajikan minuman anggur. Di Jakarta, bistro banyak menyuguhkan menu Prancis dengan suasana santai, homey, dan kasual. Perbendaan mencolok antara cafe dan bistro bisa dilihat dari menu, jenis makanan, suasana dan jam operasional. Dari menu Kafe sebenarnya adalah kedai kopi atau tempat menjual kopi. Karenanya, menu yang ditawarkan berupa camilan ringan pendamping kopi. Menu di kafe juga cenderung sama setiap hari dan jarang berganti. Sedangkan menu di bistro umumnya berbeda untuk makan siang dan makan malam. Bistro biasanya menginformasikan menu apa yang dibuat pada hari tersebut atau menu apa yang disuguhkan untuk musim tertentu.

Vietnam Drip di Cupfee
Vietnam Drip di Cupfee
Lain lagi dari jenis makanan yang disajikan Makanan yang dijual di kafe biasanya makanan yang tidak terlalu mahal dan hanya memerlukan waktu sebentar untuk dibuat. Contohnya sandwich dan sup. Beberapa jenis dessert yang ditawarkan antara lain cake, pie, atau es krim. Sementara itu, bistro membatasi pilihan menu pada hari tertentu. Namun secara keseluruhan pilihan menunya lebih beragam seperti roti panggang dan seafood yang segar.

Melihat suasana juga dapat menjadi pembeda antara cafe dan bistro. Suasana di kafe sangatlah bervariasi. Beberapa kafe memiliki tema tertentu seperti klasik dan modern minimalis. Ada pula kafe yang menyediakan meja di luar ruangan agar pelanggan dapat menikmati pemandangan. Sedangkan bistro umumnya dimiliki seoang chef. Karenanya suasana yang disuguhkan mencerminkan makanan yang disajikan. Contohnya, chef yang memiliki spesialisasi masakan Italia akan menghadirkan suasana Italia di bistro miliknya

Cappucino dan Cheese Cake Evelyn di Cupfee
Cappucino dan Cheese Cake Evelyn di Cupfee
Ada perbedaan pula tentang jam operasionalnya. Banyak kafe buka 24 jam sehingga menjadi tempat favorit untuk bersantap malam hari. Sementara itu, bistro memiliki jam operasional tertentu. Mereka biasanya buka pada siang hari, kemudian tutup beberapa jam, dan buka kembali pada malam hari. Bistro juga mungkin tidak buka 7 hari dalam seminggu dan memilih libur lebih awal.

Hampir lupa dengan makanan utama saya di Cupfee, layer cheese cake, original cheese cake dan blueberry cheese cake yang jadi pendamping kopi saya hari ini. Jujur saja, cheese cake evelyn ini paling enak dari semua yang pernah saya rasa di Pontianak. Setiap layer yang tersusun dilapisi cream cheese yang benar benar membuat lidah dimanjakan oleh rasa manis yang creamy. Tidak bisa berhenti menyendok. Lain lagi dengan cheese cake original dan blueberry yang full cream cheese dengan dasaran biskuit yang renyah. Tambahan rasa blueberry juga memberikan rasa dan aroma cream cheese yang dasarnya sudah enak.
 
Cappucino dan Cheese Cake Evelyn di Cupfee
Cappucino dan Cheese Cake Evelyn di Cupfee
Cappucino nya sendiri juga menyenangkan, aroma kopi yang muncul dan terasa sedikit tertinggal dilidah. Aroma kopi yang baru diroast kemudian digiling dan diseduh tentu memberikan sentuhan tersendiri saat dicampur dengan susu yang sudah disteam. Duduk sembari menyuapkan potongan cheese cake disertai menyeruput kopi di cupfee. Tempat ngopi asik sekalingus tempat nongkrong seru buat anak muda Pontianak. Mungkin jika datang diwaktu yang tepat bisa jadi lokasi ini romantis bagi pasangan yang dimabuk cinta.

Lokasi parkir memang jadi masalah di Cupfee karena berada dipinggir jalan utama, sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua untuk mampir ke Cupfee agar mudah untuk parkir. 8,5 dari 10 untuk cheese cake Evelyn ditempat ini. Selamat makan dan salam yumces!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.