Desa Wisata Lolong di Pekalongan, Jawa Tengah

Lolong merupakan sebuah desa yang terletak di kecamatan Karanganyer, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 Jam dari Kota Pekalongan dengan kendaraan bermotor. Kamu akan melihat hamparan kebun durian di sepanjang jalan menuju desa lolong. Selain itu kamu juga akan menjumpai beberapa kera yang akan tiba-tiba melompat di pinggir jalan, hal ini akan memberikan kesan untuk dalam perjalanan Teman Jalan Jajan.

Lolong merupakan sebuah desa yang terletak di kecamatan Karanganyer, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 Jam dari Kota Pekalongan dengan kendaraan bermotor. Kamu akan melihat hamparan kebun durian di sepanjang jalan menuju desa lolong. Selain itu kamu juga akan menjumpai beberapa kera yang akan tiba-tiba melompat di pinggir jalan, hal ini akan memberikan kesan untuk dalam perjalanan Teman Jalan Jajan.

Sumber : http://travel.kompas.com/

Desa yang berada di tenggara kecamatan Kajen, Ibu kota Pekalongan, Jawa Tengah ini memiliki keindahan alam yang terhampar luas. Namun, dahulu masyarakat setempat belum menyadari sebuah potensi dari kekayaan alam yang ada di desa ini. Sejak beberapa tahun terakhir ini para pemuda dan dibantu pemerintah setempat mulai membangun desa ini menjadi sebuah kawasan desa wisata dengan kekayaan dan keindahan alam yang tersedia disini.

Saat kamu memasuki desa lolong kamu akan melihat sebuah jembatan yang membelah Sungai Sekarang yang memiliki lebar sekitar 60 meter dan membentang sepanjang kecamatan Lebakbarang, Karanganyar, dan doro. Di kawasan sungai ini kamu bisa menikmati beberapa wisata yang cukup menantang adrenalin seperti wisata arung jeram, tubing, out bond, jungle trekking, atau camping.

Sumber : http://sofyanalbarsy.blogspot.co.id/

Berikut tarif untuk bisa menikmati wisata adrenalin di kawasan desa wisata lolong:

  • Rafting

Biaya sekitar Rp 140.000 – Rp 200.000 per orang dengan fasilitas berupa Makan, Snack, air mineral, Kelapa muda, Dokumentasi, Transportasi local, Asuransi, Guide, dan Rafting equipment. Dengan syarat minimal usia yang mengikuti kegiatan ini yaitu 5 tahun dan minimal 5 orang baru bisa mengikuti kegiatan ini.
Tubing
Biaya sekitar Rp 30.000 per orang dengan fasilitas Dokumentasi, Asuransi, Guide, dan
  • Out Bond

Biaya sekitar Rp 50.000 dengan fasilitas berupa Makan, Snack, Air mineral, Dokumentasi, Asuransi, Guide, dan Safety equipment. Untuk persyaratan mengikuti out bond adalah usia minimal 4 tahun dengan jumlah minimal peserta adalah 10 orang.
  • Jungle Trekking ( Curug Lowo)

Biaya sekitar Rp 50.000 per orang dengan fasilitas yang didapat berupa Makan, Snack, Air mineral, Dokumentasi, Transportasi lokal, Asuransi, Guide, dan Safety equipment. Terdapat persyaratan untuk mengikuti kegiatan ini yaitu berupa usia minimal 10 tahun dan jumlah minimal peserta adalah 10 orang.
  • Camping

Biaya sekitar Rp 50.000 per orang dengan fasilitas berupa makanan, Snack, Air mineral, Dokumentasi, Asuransi, Guide, dan Tenda dome. Dengan syarat minimal usia 10 tahun dan dengan jumlah peserta adalah 10 orang.

Sebaiknya kamu mempersiapkan baju ganti jika ingin menikmati beberapa wisata diatas. Karena semua kegiatan diatas akan sering berinteraksi dengan air, sehingga kemungkinan akan menjadi menyebabkan pakaian kamu basah.


Sumber : http://sofyanalbarsy.blogspot.co.id/

Jika kamu adalah pecinta durian, maka desa lolong ini merupakan tempat yang sangat tepat untuk dijadikan destinasi wisata. Karena selain kamu bisa menikmati serunya wisata alam, kamu juga bisa menikmati buah durian langsung dari pohonnya.

Kawasan desa ini memang memiliki banyak sekali pohon durian di sepanjang jalan. Sehingga moyoritas penduduk setempat berprofesi sebagi seorang petani durian. Namun, semenjak desa ini menjadi kawasan desa wisata muncul berbagai peluang kerja dan usaha baru bagi para penduduk setempat.

Salah satunya adalah masyarakat setempat mulai membuka usaha home stay bagi para wisatawan yang memilih menginap selain di hotel. Harga home stay yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan hotel yang ada. Namun, jika kamu tetap ingin menikmati  kenyamanan fasilitas hotel di Pekalongan ini, kamu juga bisa memesannya secara langsung atau melalui situs penyedia hotel seperti Traveloka.com untuk mendapatkan promo hotel murah.

Desa ini juga memiliki sebuah festival yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu festival buah durian. Kamu bisa menikmati makan durian sepuasnya selama festival berlangsung. Tarif untuk mengikuti festival ini cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 30.000, kamu bisa menikmati durian sepuasnya. Selain makan durian sepuasnya, ada juga agenda lainnya berupa Selamatan Petik Durian dan juga Kontes Durian Unggul.

Desa lolong bisa menjadi sebuah destinasi wisata yang baik untuk menikmati waktu bersama keluarga dengan bermain air di sungai atau menyantap durian sepuasnya.
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.