5 Tips Menjadi Food Blogger

www.tukangjalanjajan.com ,5 Tips Menjadi Food Blogger ,Food Blogger adalah sesorang yang mengkhususkan materi tulisannya dengan sesuatu yang berhubungan dengan makanan atau kuliner.

Food Blogger adalah sesorang yang mengkhususkan materi tulisannya dengan sesuatu yang berhubungan dengan makanan atau kuliner. Blog yang memiliki niche khusus seperti ini biasanya akan mengupas hal-hal yang berhubungan dengan kuliner. Banyak sekali di Indonesia orang yang mengukuhkan dirinya menjadi food blogger. Saya mencoba menekuninya sembari mempelajari seluk beluknya.

food blogger www.tukangjalanjajan.com
food blogger www.tukangjalanjajan.com

Apa alasan saya menjadi food blogger? Jelas karena alasan passion dan kecintaan saya terhadap makanan. Dulu saya hanya berpikir menjadi food blogger bearti akan mengulas dan menulis tentang makanan. Pasti mudah! Menuliskan rasa dan menggambarkan apa yang kita makan. Tapi makin lama berjalan. Tidak semudah yang saya bayangkan. Di awal-awal ini saya butuh berjuang. Menjadi food blogger saya pelajari dari 0.

Di Indonesia, banyak yang beranggapan bahwa menjadi food blogger akan mendapat perlakuan istimewa seperti di Singapura. Di sana food blogger di anggap spesial karena mampu membantu promosi usaha. Tapi ada juga yang justru beranggapan sebaliknya, bisa merusak nama baik restoran. Sekarang mungkin belum banyak orang yang masuk dalam kategori food blogger profesional.

food blogger www.tukangjalanjajan.com
food blogger www.tukangjalanjajan.com

Profesi ini di anggap memiliki harapan dan masa depan cerah sehingga banyak yang mencoba ikut-ikutan menjadi food blogger. Harapannya supaya bisa makan gratis di restoran tapi itulah yang justru menjadi kehancuran food blogger. Berkaca dari beberapa food blogger sukses yang ada di Indonesia dan manca negara mereka memiliki integritas dalam menuliskan review makanan yang dicicipinya. Banyak sekali yang harus di jaga supaya tetap dalam garisnya. Jangan sampai harga diri dan eksistensi hancur berantakan.

Menulis makanan mesti luwes dan mesti mudah dipahami dan tentu untuk membangun semuanya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Harus ada kerja keras demi traffic yang mendatangkan pengunjung untuk mampir ke blog. Menjadi Food blogger butuh perjuangan. Setuju?

Lima Tips Menjadi Food Blogger

Apa yang harus dilakukan supaya bisa menjadi food blogger? Ini 5 tips menjadi food blogger menurut saya. Jika mempunyai pemikiran lain silakan berkomentar di kolom bagian bawah ya.

Harus Punya Passion

Utamanya adalah passion, ada niat dan rasa cinta pada dunia kuliner. Dengan passion akan ada terlihat bagaimana dia akan berusaha menjadi yang terbaik. Sebaiknya menjadi foodblogger menghindari mencari makan gratis saja. Ada banyak hal lain yang lebih penting.   Tujuan menjadi seorang food blogger haruslah berkesan lebih bermakna dari cuma diundang untuk icip-icip di restoran besar.

food blogger www.tukangjalanjajan.com
food blogger www.tukangjalanjajan.com

Kemampuan Menulis Dan Memotret

Paket ini komplit dan saling melengkapi. Kemampuan menulis dan memotret makanan ini akan menjadi kekuatan sebagai modal untuk menjadi food blogger sukses. Namanya blogger pasti harus memiliki kemampuan menulis yang kuat. Namun untuk food blogger yang harus pula menampilkan foto makanan yang diulasnya, maka mereka dianjurkan juga menguasai beberapa teknik memotret. Tulisan dan foto tentu menjadi daya tarik

food blogger www.tukangjalanjajan.com
food blogger www.tukangjalanjajan.com

Konsisten Menulis

Bisa dibayangkan kalau food blogger hanya mengupdate sebulan sekali? Pasti tidak ada yang berkunjung. Menulis tentang makanan yang di icip adalah suatu keharusan. Blogger yang rajin menulis pasti blognya menjadi hidup. Jika food blogger selalu mengupdate dengan rajin menulis dan mengulas kuliner maka mereka bisa meminimalisir blognya kehilangan pembaca.


Menyiasati Dana

Untuk proyek icip-icip tentu saja butuh biaya. Menjadi food blogger bearti siap untuk datang ke restoran dan icip icip makanan di restoran. Harus ada persiapan dana jelas dan menghitung secara tepat berapa batas makanan yang bisa di makan. Dengan intensnya para food blogger ini ke berbagai tempat makan, maka mereka harus mampu mengatur keuangan agar tidak merugi atau bangkrut. Saya sendiri memilih dengan cara membentuk genk Makan Ceria untuk bersama-sama datang ke suatu tempat untuk icip-icip sehingga semakin banyak makanan yang di makan dan di ulas.

food blogger www.tukangjalanjajan.com
food blogger www.tukangjalanjajan.com

Jujur Menulis Ulasan

Inilah yang selalu saya jaga sampai kapanpun. Saya akan menulis dengan jujur dan tidak menyakiti pihak lain. Walaupun terkadang menjadi dilema, teknik alih topik jadi hal menarik. Saya hanya menulis hal positif dan menulis yang tidak enak dengan tersirat. Jika ada nasi goreng yang tidak enak namun porsi besar maka saya akan menulis “lebih baik datang kesini dalam keadaan sangat lapar karena porsinya jumbo dan sungguh menyenangkan”. Jika hanya ingin icip-icip mungkin tidak me tempat ini. Tulis saja hal positif lain yang di dapat di tempat ini. Memang menjadi food blogger harus jujur karena dengan memegang teguh itu maka reputasi akan terus terjaga.

Nah, Apakah 5 tips menjadi food blogger tadi sudah bisa diterapkan bagi kita? Jangan lupa untuk membaca tulisan lain yang berhubungan dengan menulis kuliner di sini 
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.