American Chicken, Fast Food Ala Pontianak

Amchick, Berada di Jalan Agus Salim tidak jauh dari Restoran Cita rasa setelah supermarket Harum Manis. Restoran Amerika akhirnya kembali menggunakan American Chicken dan masih berada di Jl. H. Agus Salim, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243, Indonesia
Ayam goreng! booming banget, sudah ada puluhan waralaba ayam goreng di Pontianak. Mulai asli buatan anak negeri berasal dari ibu kota sampai dari luar negeri seperti Amerika bahkan Dubai! Tapi apakah ada yang asli di dari Pontianak? Ada! American Chicken tau Amchick. Konsepnya sama, fast food. Tukang Jalan jajan yakin kalau inspirasinya datang dari makanan cepat saji dari luar. Tentu saat restoran ini dibuat, saat tidak ada restotan cepat saji di Pontianak. 
American Chicken, Fast Food Ala Pontianak
American Chicken, Fast Food Ala Pontianak
Amchik a.k.a American Chicken ini dulu sempata bernama Restoran Amerika saat zaman pemerintahan Presiden Soeharto karena ada pelarangan bahasa asing sebagai nama tempat. Berada di Jalan Agus Salim tidak jauh dari Restoran Cita rasa setelah supermarket Harum Manis. Restoran Amerika akhirnya kembali menggunakan American Chicken dan masih berada di Jl. H. Agus Salim, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243, Indonesia. Lalu apa saja yang saya makan disini? 

Sebenarnya hanya ada satu alasan yang membuat orang kembali makan di tempat ini, yaitu sambalnya. Rasanya begitu khas dan seperti ada zat adiktif yang membuat kamu datang untuk mencoba menikmatinya lagi danlagi. Bahkan siapapun orang Pontianak yang sudah melanglang buana kemana mana akan kembali untuk datang dan menikmati ayam goreng dan sambalnya. Menu disini tidak hauh berbeda dengan menu makanan cepat saji kebanyakan. Ada menu menu lokal yang dimasukkan seperti lumpia goreng isi bengkuang.

Fast Food Ala Pontianak

American Fried Chicken merupakan restoran pertama di Pontianak yang menawarkan konsep makanan cepat saji (fast food). Restoran ini terletak di Jalan Agus Salim (sebelah kiri bila masuk dari Jalan Tanjung Pura) setelah Restoran Cita Rasa. Di era zaman kepresidenan Pak Soeharto, restoran ini pernah berganti nama menjadi Rumah Makan Amerika karena dilarangnya penggunaan Bahasa Inggris di Indonesia. Menu yang ditawarkan di restoran ini hampir sama dengan restoran cepat saji lainnya yaitu ayam goreng, kentang goreng, burger dan lainnya. Berikut merupakan beberapa menu yang dapat menjadi rekomendasi 
Lumpia, kentang goreng dan saus sambal American Chicken
Lumpia, kentang goreng dan saus sambal American Chicken
Menunya sederhana, semuanya digoreng, beberapa menu lain seperti salad buah dan sup jagung sepertinya masih kurang untuk memenuhi asupan serat. Tapi, inilah style fast food ala Amerika yang sebenarnya. Tempat ini tidk memiliki cabang namun pernah mencoba membuka cabang dan melebarkan sayap namun gagal. Memang menerapkan standarisasi adalah hal sulit, perkembangan makanan cepat saji dengan sistem waralaba yang terus menjamur membuat cabang American Fried Chicken tak pernah bisa bertahan walaupun ditempat aslinya, lumayan ramai dikunjungi.

Menu spesial American Fried Chicken

Jika ditanya, apa yang menjadi ciri khas tempat ini, semua yang pernah bertandang akan mengatakan saus sambalnya. Walaupun begitu tukang jalan jajan tak terlalu sering bertandang kesini. Awalnya dulu menyangka ini adalah sambal belibis yang dimodifikasi dengan tambahan bumbu dan bahan lainnya. Rahasia ini tidak mungkin dibagi karena inilah yang membuat orang berdatangan kembali. Ini beberapa rekomendasi yang bisa dicicipi

Ayam Goreng utuh

Ini adalah ayam goreng dari satu ekor ayam yang digoreng dalam minyak panas dengan balutan tepung yang tipis. Ayamnya sudah berbumbu namun tidak terlalu kuat, ada rempah lada, bawang putih dan garam terasa tipis di lidah. Ada aroma sedikit jahe namun hampir tak tercium. Tapi sebelum digoreng, ayam ini sudah direbus didalam bumbu terlebih dahulu, menggunakan panci bertekanan namun tidak sampai empuk sekali. dengan harga 70K sudah cukup dinikmati untuk 4 orang. Tapi kalau saya, berdua saja cukup.

Ayam utuh dari Amchik
Ayam utuh dari Amchik 

Salad America Chicken

Ini adalah salad sayuran dengan mayo. Didalamnya ada pipilan jagung, serutan wortel, selada, potongan garlic bread yang renyah karena sudah di oven terlebih dahulu, leci dan siraman saus mayo. Ada rasa sedikit saus thausand island dan gurih susu. Cocok untuk makanan pembuka sebelum makan. Kalau tidak salah, harganya 20K seporsinya

Salad American Chicken (Amchick)
Salad American Chicken (Amchick)

Sup Sayuran American Chicken

Ini adalah sup sederhana dengan kuah kaldu bening. Ada pipilan jagung manis dan serutan wortel serta suwiran ayam. Kaldu gurih berpadu dengan manisnya jagung dan wortel dengan tambahan potongan seledri. Menambah nikmatnya makan dengn menyeruput kuahnya, maklumlah, makanan disini terasa “kering” karena semua digoreng. 10K untuk menebus semangkuk sup disini.

Lumpia dan Roti Goreng

Ada lumpia dengan isian bengkuang yang padat, renyah diluar namun gurih manis didalam, ada tekstur kresnyes disetiap kunyahan karena bengkuang tidak ada rasa ebi yang mencolok seperti lumpia pada umumnya. Biasanya lumpia ini dimasukkan dalam paket makan yang ada. Selain itu ada pula roti bulat yang digoreng untuk melengkapi makan, ini adalah roti panggang yang kemudian digoreng, Tukang jalan jajan belum pernah menemukannya selain disini, dulu pernah kecewa karena minyaknya begitu banyak menyerap ke dalam roti, untung sekarang sudah tidak lagi.

Lumpia, Perkedel, kentang goreng American Chicken
Lumpia, Perkedel, kentang goreng American Chicken

Paket makan American Chicken

Dari beberapa yang saya lihat, paket makannya mulai dari nasi plus ayam goreng. Ada pula yang tambahan lumpia dalam paketan lain dan masih ada beberapa paket makan lagi. Harganya mulai dari 20K dan ayam disini sepertinya seekor dipotong menjadi 6-8 bagian, tergantung besarannya.

Paket makan (Nasi, Ayam, Perkedel) American Chicken
Paket makan (Nasi, Ayam, Perkedel) American Chicken

Bebas, mau memilih makan apa saja, silakan kombinasikan secukupnya. Porsinya terbilang kecil dan lebih seru kalau makan bersama sama

Amchick, Tempat menikmati kenangan


50% nya karena saus sambal sisanya kenangan. Itu yang bisa didapat dari tempat makan fast food legendaris. Sayang sekali kalau tidak ada sentuhan modernisasi supaya tempatya lebih nyaman dan elok. Sudah dua kali dalam setahun ini saya mampir dan rasanya masih sama. Jadi, buat yang kangen dengan tempat ini, masih sama kok seperti 20 tahun lalu. Selamat makan dan Salam YumCes! anyway, ada yang pernah beli saus sambalnya doang?
 
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.