Liburan ke Penang, Menikmati Arsitektur dan Kuliner

Penang itu kota yang menyenangkan, banyak arditektur kuno yang indah, mural yang kekinian dan maknan serta minuman murah. Banyak pula hotel murah di Penang, penginapan murah di Penang, hotel bintang 3 di Penang Malaysia, penginapan di Penang yang murah
Penang itu kota yang menyenangkan. Berkali kali saya datang untuk menikmati keindahan kota tua yang didesain kekinian. Banyak sekali bangunan peninggalan Inggris yang masih terawat rapi dan sayang kalau tidak sampai datang bertandang kesana. Saking senangnya dengan Penang, saya pernah datang ke kota ini sampai 7 kali dalam setahun hanya untuk menghabiskan waktu berlibur. Tentu, kota ini punya pembagian wilayah yang apik, ada kota lama, kota baru, pusat perbelanjaan modern, pasar tradisional, perbukitan sampai spot makan yang bertebaran dimana mana. Semuanya menarik untuk dikunjungi sdan tidak susah untuk bisa mencapai semua lokasi tersebut

Liburan ke Penang, Menikmati Arsitektur dan Kuliner
Liburan ke Penang, Menikmati Arsitektur dan Kuliner  
Kota yang berada di Pulau Kecil inipun punya banyak keunikan, mulai dari suku bangsa, arsitektur, kuliner serta keramahan dan kehangatannya. Tidak susah untuk mencapai kota ini. Tidak ribet juga untuk berkeliling kota karena sudah disediakan peta gratis dimana mana dantransportasi yang memadai. Tukang jalan jajan ingin mengajak berkeliling dan mungkin pembaca blog ini bisa menggunakannya sebagai referensi atau juga bisa menambahkan titik untuk dikunjungi.

Kota Penuh Arsitektur Indah dan Seni

Kota George sudah diakui oleh UNESCO sebagai World Culture Heritage disini arsitektur peninggalan Inggris ada pula peninggalan Portugal, rata – rata masih sangat terawat. Beberapa lokasi bangunan di George Town sangat indah. Ada bangunan pemerintahan, gereja, pasar dan banyak lagi yang lain. Tidak hanya arsitektur Eropa di sini juga rumah peranakan bertebaran banyak sekali. Ada bangunan besar dan tinggi serta megah ala bangunan Eropa. Perumahan ala Tionghoa juga banyak disini. masih ada pintu masuk berbentuk gerbang yang khas dengan tatahan naga yang mengelilingi tiang hingga di pintu gerbang. Biasanya bangunan besar ini dimiliki taipan sedangkan rumah rumah kecil biasanya digunakan masyarakat Tionghoa biasa. Ada banyak mural yang tergambar di tiap dinding rumah dengan aneka tema.

Karya mural di tembok dibeberapa bagian George Town, Penang
Karya mural di tembok dibeberapa bagian George Town, Penang
Jika memang rajin, carilah mural karya Ernest Zacharevic yang tersebar luas di berbagai rumah dan tembok jalan. Jika bingung, silakan cari Tourism Information Center dan carilah brosur peta posisi mural gratis disana. Foto foto ciamik di Mural juga bisa . Senarnya ada beberapa musium yang bisa dikunungi beberapa diantara gratis namun banyak pula yang berbeyar. Ini beberapa tempat yang bisa dimasukkan kedalam list jika berkunjung ke Penang.
  • Pinang Peranakan Mansion
29, Church St, Georgetown, 10200 George Town, Penang, Malaysia. Didalamnya ada 1,000 barang antik dan peninggalan sejarah peranakan yang dipamerkan di dalam sebuah mansion (rumah mewah) ala Baba Nyonya yang dibangun di penghujung abad 19. Menarik dan harus membayar uang masuk
  • Masjid Melayu
Aceh Street Mosque, George Town, 10450 George Town, Pulau Pinang, Malaysia. Salah satu masjid tertua di Penang yang didirikan tahun 1801 oleh Tengku Syed Hussain bin Abdul Rahah Al-Aidid, putra Aceh asli yang datang ke tanah Pinang atas undangan Kapten Francis Light. Makamnya pun dapat kita jumpai di kompleks masjid. Masjid ini dibangun dengan memadukan arsitektur Aceh Melayu dan Arab. Tempat ini sering membagikan makanan gratis pada waktu tertentu. ditandai dengan antrian ramai didepan masjid.
  • Queen Victoria Memorial Clock Tower
Lebuh Light, George Town, 10450 George Town, Pulau Pinang, Malaysia. Queen Victoria Memorial Clock Tower didirikan tahun 1897 untuk merayakan 60 tahun (Diamond Jubilee) Sang Ratu bertahta. Angka 60 ini direpresentasikan melalui tinggi menara jam (60 kaki) dan 6 undakan kecil yang ada di bagian bawah menara.
  • Benteng Cornwallis
Jalan Tun Syed Sheh Barakbah, George Town, 10200 George Town, Pulau Pinang, Malaysia. Benteng ini dibangun tahun 1786 oleh Francis Light, sang penemu Pulau Pinang, untuk menahan serangan dari Kesultanan Kedah dan kolonial Perancis. Patung Francis Light berdiri menyambut setiap pengunjung di bagian depan dalam benteng
  • Padang Kota Lama dan Esplanade
Georgetown, 10200 George Town, Pulau Pinang, Malaysia. Padang Kota Lama sendiri sebetulnya adalah sebuah tanah lapang luas seperti alun-alun. Padang ini dikelilingi oleh Fort Cornwallis, trotoar, bangunan-bangunan tua yang manis, pepohonan, dan esplanade. Trotoarnya lebar, bersih, dan rindang, Sering diadakan konser atau kegiatan besar disini. Biasanya pada sore dan malam haripun banyak pedagang makanan dan minuman yang parkir disini.
  • Pelabuhan Jetty
Ada sepanjang kawasan Weld Quay, Pelabuhan Jetty menjadi salah satu pelabuhan bersejarah di sana. Saat berjalan-jalan di sini, kita bisa melihat kampung nelayan tradisional dengan bangunan serta jalan setapak yang terbuat dari kayu serta beragam aktivitas nelayan lainnya. 7 klan asli dari Tiongkok juga bermukim disini.

Perkampungan Tionghoa di Jetty, 7 klan di kota Penang
Perkampungan Tionghoa di Jetty, 7 klan di kota Penang

Makanan dan Minuman wajib coba di Penang

Jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan lezat disini seperti Ais Batu Campur yang mirip dengan es campur dengan taburan kacang goreng, Ais tingkap yang terdiri dari sirup coco pandan dengan isian kelapa dan selasih, Rujak Pasembur yang berisi gorengan dan disiram dengan saus gula merah dan kacang, Chendul yang disebut cendol dalam bahasa Indonesia dan pancake berbagai macam taburan yang mirip martabak manis versi mini. Jangan sampai melewatkan char kway teow yang mirip dengan kwetiaw goreng Pontianak dan Popiah yang sekilas terasa sama dengan lumpia basah Bogor. Bermacam ragam makanan yang merupakan perpaduan dari makanan Melayu, Tiongkok dan India serta pernanakan tersedia hampir 24 jam disetiap sudut kota. Penang sendiri pernah dinobatkan sebagai kota surga makanan jalanan versi Lonely Planet. Saat di Penang saya selalu berusaha mengosongkan perut karena terlalu banyak makanan enak yang sayang untuk dilewatkan.

Ais Batu Campur (ABC) Penang Malaysia
Ais Batu Campur (ABC) Penang Malaysia
Ini ada beberapa rekomendasi kuliner yang bisa di coba untuk dinikmati. Bisa didatangi dengan jalan kaki dan jika bingung, google maps akan sangat membantu
  • Tai Tong Restaurant
alamatnya ada di 45, Lebuh Cintra, George Town, 10100 George Town, Pulau Pinang, Malaysia. Disini banyak sekali pilihan dimsum yang bisa dicoba, begitu dipesan langsung dikeluarkan dari kukusan.
  • Gurney Drive Hawker Centre
Ada di 72, Solok Gurney 1, Pulau Tikus, 10250 Jelutong, Pulau Pinang, Malaysia. Tempatya terbuka, seperti emanfaatkan parkiran dan banyak stall makanan. mulai beroperasi jam 4 sore hingga 11 malam. Bagusnya datang saat sunset, tempatnya oke buat bersantai sambil makan oyster omelette dan Douhua serta pasembur yang terkenal itu
  • Restoran Kapitan
Alamatnya 93, Chulia St, Georgetown, 10200 George Town, Penang, Malaysia. Disini ada berbagai macam makanan India berbagai rupa dan berhadapan dengan Masjid Keling. Bisa sekalian mampir

Restoran Kapitan Penang Malaysia
Restoran Kapitan Penang Malaysia
  • Nasi Kandar Line Clear
Disebelah 161 & 177 Penang Road, George Town, 10000 George Town, Pulau Pinang, Malaysia. Buka 24 jam dan menjual makanan Peranakan India Melayu atau Mamak. Makanannya seperti nasi Padang di Indonesia. Hampir mirip dan rasanya kurang lebih sama.
  • Roti Canai
Transfer Road, 56 Jalan Transfer, Georgetown. Disini bisa menikmati roti canai dengan berbagai macam cocolan. Roti canainya pun ada beberapa rasa. pilih saja mana yang disuka. Cocok untuk sarapan pagi
  • Mee Goreng
Bangkok Lane, 270 Jalan Burma, Lorong Bangkok. Ada banyak pilihan mie goreng bisa dengan ayam, lembu atau seafood. MeeSotong adalah salah satu yang terkenal di Penang. Silakan mencoba mana yang dirasa pas dilidah
  • Famous Teochew Cendol
Lebuh Keng Kwee, off Penang Road. Berbeda dengan cendol Indonesia. penang shendul menggunakan kacang merah dan es serut serta santan. Tak susah mencarinya walaupun ada didalam gang sempit. Lihat saja gerobak dengan antrian mengular.

Penang Cendol / Teow Chiu Chendul
Penang Cendol / Teow Chiu Chendul
  • Asam Laksa
Air Itam, Jalan Pasar (on the way to Penang Hill). Walaupun terbilang jauh, tempat iniboleh menjadi sasaran untuk menikmati Asam Laksa yang nikmat. Makanan Peranakan Baba Nyonya atau Tionghoa Melayu ini salah satu yang paling dicari di Penang.

Asam Laksa Penang
Asam Laksa Penang
  • Ferringhi Coffee Garden
43-D Batu Ferringhi, ingin menikmati suasana café di pinggir pantai? kenapa tidak mencoba ke Batu Feringghi. namun lokasinya cukup jauh daripusat kota sekitar 1 jam perjalanan.

Pilihan Menginap di Penang

Banyak sekali hotel murah di Penang ynag bisa dinikmati atau penginapan murah di Penang yang bisa ditinggali, tinggal pilih saja sesuai budget yang dimiliki. Saya sendiri lebih suka di George Town agar tetap bisa jalan kaki menikmati indahnya kota. Hotel Bintang 3 di Penang Malaysia yang bisa dipilih adalah Grand Inn berada di 165-G-2, Jalan Macalister, Georgetown, Penang, Georgetown dan dapat mudah dicapai dengan berjalan kaki dari banyak stasiun bus yang tersebar dimana mana. sengaja saya agak pilih sedikit jauh dari pusat keramaian agar bisa tidur dengan nyaman. hanya 15 menit jalan kaki dari Penang Times Square dan Pusat Medis Gleneagles Penang. Hotel ini berjarak 2,2 km dari Gurney Drive dan 2,2 km dari KOMTAR. Berada di pusat kota Georgetown, Grand Inn menawarkan akomodasi yang strategis. Anda bisa menikmati fasilitas WiFi gratis di seluruh areanya. Sementara pusat perbelanjaan Gurney Plaza bisa dijangkau sekitar 10 menit berkendara.

kamar Hotel Grand inn Penang Malaysia
kamar Hotel Grand inn Penang Malaysia
Seperti Biasa, saya selalu mempercayakan booking hotel di Penang menggunakan Pegipegi, selai n mendapatkan informasi yang akurat, bisa juga mendapat rekomendasi penginapan di Penang yang murah tanpa harus bersusah payah. Saya disambut dengan ramah saat datang, dengan menunjukkan kode booking dan langsung mendapatkan kamar yang sesuai dengan pesanan online yang dilakukan di PegiPegi. Lalu mengapa saya sering sekali menggunakan Pegigegi untuk memesan tiket hotel?
  • Mudah digunakan, apalagi jika sudah menginstal aplikasi di smartphone
  • Pembayaran mudah, bisa internet banking, menggunakan kartu kredit atau bisa dimana mana bahkan di Indomaret dan Alfamart.
  • Banyak diskon! ini yang jadi favorit saya.
Pegipegi hotel memberi jaminan mendapatkan kamar yang sesuai dengan kantung di Penang. Menggunakan PegiPegi saya bisa mendapatkan hotel bintang 3 di Penang Malaysia. Cihuy!

Toilet Hotel Grand Inn Penang Malaysia
Toilet Hotel Grand Inn Penang Malaysia
Nah lanjut ke kamar hotel yuk. Setiap kamar di Grand Inn berlantaikan karpet dan sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti AC, TV kabel layar datar, dan teko listrik. Kamar mandi dalamnya menyediakan perlengkapan mandi gratis dan air panas. Cocok buat mandi setelah lelah melakukan perjalanan di kota George Town. Kmarnya lumayan besar untuk tempat tidur queen size ini. Kamar mandi cukup memadai dengan handuk bersih yang ada setiap hari. kelengkapan toilet juga diberikan setiap hari. Kita juga bisa menggunakan fasilitas internet gratis di kamar.

Jika ingin mencari makanan, tempat ini juga berdekatan denga lokasi icip-icip, tinggal pilih saja makanan yang disuka atau ingin membeli snack? ada beberapa mini market yang selalu menyediakan kebutuhan harian. Sedangkan paket tur dan layanan shuttle bisa Anda manfaatkan dengan biaya tambahan melalui meja resepsionis atau bisa juga datang ke beberapa tur travel yang bangunannya tidak jauh dari hotel. Harganya masih bisa dijangkau dan pilihannya juga banyak

Penang, Asia Rasa Eropa.

Jika berkunjung ke tempat ini, saya selalu merasakan tidak berada di Malaysia. Seperti ada disebuah ulah di Eropa namun iklimnya yang tropis khas Asia Tenggara menyadarkan saya kalau ini Malaysia. Salut dengan pemerintah lokal yang benar benar menjaga heritage tempat ini sehingga tetap terasa seperti aslinya dulu. Terutama gedung-gedung pemerintahan peninggalan colonial Inggris yang masih tetap digunakan, termasuk beberapa gereja dan bangunan tinggal.

Tukang Jalan Jajan menikmati Penang dengan booking hotel di Pegipegi
Tukang Jalan Jajan menikmati Penang dengan booking hotel di Pegipegi
Penang juga menjadi sangat ramai karena kota ini merupakan transit para backpacker dari atau menuju ke Thailand melewati Jalan darat. Selain kota ini masih terhitung murah dan nyaman ditinggali beberapa waktu untuk berlibur dan menghabiskan waktu luang. Penang bukan kota yang dituju bagi penggemar belanja, namun jika suka dengan kota tua, pantai, laut, bukit dan kegiatan outdoor, Penang layak untuk dikunjungi.


Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.