Kona Kofe, Ada Hawai di Pontianak

Saatnya Kona Kofe, Tidak sedang membicarakan kopi Aming, kopi Winny atau kopi Asiang di Pontianak. Walaupun bukan warung kopi bergaya khas Pontianak Apa yang dicari dari segelas kopi? Pasti kenikmatan dalam setiap cecap. Kona Kofe adalah coffe shop pertama di Pontianak yang bertemakan Hawai, beralamat di Gang Trijaya No 2 Podomoro Pontianak, nomor telepon 0819-5335-2660.
Saatnya Kona Kofe, Tidak sedang membicarakan kopi Aming, kopi Winny atau kopi Asiang di Pontianak. Walaupun bukan warung kopi bergaya khas Pontianak Apa yang dicari dari segelas kopi? Pasti kenikmatan dalam setiap cecap. Seduhan kopi bubuk dengan aroma yang membuat semangatmu tumbuh 100x lipat dan tentu rasa kopi yang membuat syaraf lidahmu bahagia. Tukang Jalan Jajan bukan pencicip kopi profesional seperti para ahli bersertifikat, hanya seorang pecinta kopi yang tak bisa hidup tanpa minimal 2 gelas sehari. Banyak rasa kopi yang sudah tukang jalan jajan icip dari hasil berburu dan pemberian beberapa teman yang memang hobi berburu kopi. Walaupun tak punya kemampuan meracik kopi tapi paling tidak lidah terbiasa mencicip yang enak dan tidak. Dari hasil belajar maka ada standar tertentu yang terpajang rapi dalam otak.

Ice Coffee by Kona Kofe
Ice Coffee by Kona Kofe
Kona Kofe adalah coffe shop pertama di Pontianak yang bertemakan Hawai, beralamat di Gang Trijaya No 2 Podomoro Pontianak, nomor telepon 0819-5335-2660. Saya mengenal sang peracik sebagai orang yang sangat menyukai kopi. Berpetualang kesana kemari untuk menemukan komposisi tepat meracik kopi. Wajar saja kalau kopi yang disajikan dibuat dengan teknik dan kecintaan, bukan sekedar bubuk kopi yang diseduh dengan air panas.

Kopi Kona Asal Hawai.
Berbicara asal muasal kona, itu artinya kaki harus ikut melangkah ke Hawaii. Distrik yang memiliki produksi kopi. Kopinya tidak sembarangan, karena memiliki pecinta dan dianggap sebagai salah satu kopi terbaik di dunia. Kawasan pegunungan Mauka menyimpak berhektar hektar kebun kopi yang menyelimuti lerengnya. Jalan setapak yang berkelok kelok, sangat sedap di pandang mata. Kopi di sini disebut beri kopi atau ceri oleh petani, pekebun dan pengolahnya.

Sambil baca cerita tentang Kopi Kona, ngemil dulu genks
Sambil baca cerita tentang Kopi Kona, ngemil dulu genks
600-an kebun kopi, baik besar dan kecil berdampingan. sudah beberapa generasi yang mengelola kebun kopi di areal dua gunung api tua, Hualalai dan Mauna Loa. Luas kebun kopi ini tidak main-main, membentang kira-kira50 kilometer dengan lebar 1,5 kilometer. Jika berkunjung ke sini, makan hidung akan sering terpapar aroma kopi sedap yang dihasilkan dari ketinggian  150-750 meter. Banyak penikmat kopi yang memuji aromanya yang lembut serta rasa kopi yang segar namun lembut, intens namun tak tajam.

Distrik Kona, menyimpan rahasia kopi Arabika yang sudah ada sejak 1813. Sinar matahari yang tersedia sepanjang tahun membuat tumbuhan kopi tumbuh subur. Akh! saya selalu lupa menanyakan, apakah Kona menyembunyikan disuatu sudut karena kona kofe berprinsip untuk menyajikan kopi lokal dengan gaya internasional yang elegan. Mendukung petani lokal Kalimantan Barat dan Indonesia adalah langkah bijak.

Kona Kofe, santai serasa di pantai!
Memang tidak ditemukan pasir pantai atau air laut serta pohon kelapa. Keramahan, keakraban dan suasananya yang nyaman buat bersantai terasa santai seperti di Pantai. Pasti PR yang luar biasa menghadirkan aroma pantai, hembusan angin dan deru ombak di tempat ini. Mungkin secara fisik ini tak mungkin dihadirkan namun suasana yang coba dihadirkan mulai dari desain ruangan dan menu yang disajikan. Wajib serasa liburan seperti di Pantai! 
Udah berasa di pantai belum nih, Seruput dulu racikan Kona Kofe
Udah berasa di pantai belum nih, Seruput dulu racikan Kona Kofe
Itulah sebabnya saya sengaja menceritakan kopi kona diawal supaya teman tukang jalan jajan tidak hanya membayangkan pantai jika membayangkan hawai. masih banyak kenikmatan lain yang ada disana. Pantai tidak identik dengan kelapa muda, kopipun bisa asik jika nyeruputnya dibawa enak. Kona Kofe, coffee shop berkonsep ala Hawaiian yang unik, cozy, homy, dan belum pernah ditemui sebelumnya, itulah garansi sang peracik.

Lumayan banyak menu pelengkap racikan kopi disini. Selain disajikan hangat, ada pula yang dingin. Berbagai macam sajian kopi panas maupun dingin, baik yang diolah secara manual based maupun espresso based. Caffe Latte, Cappuccino, Long Black Americano, Flat White, Dopio, V 60,. Blue Bottle, Vietnam Drip. Selain itu adapula menu andalan dan SIGNATURE, seperti : Macchiato Caramello, Irishimisu Latte, Rolleo Latte, Butter Caramel Latte, Kona Ice Coffee, Salted Latte, Irish Macchiato, Japanese Ice Drip, Korean Ice Coffee. Mungkin teman jalan jajan bisa meracik kopinya sendiri.
Selain menu-menu minuman kopi, Kona Kofe juga menyediakan variasi menu lain, yaitu Mocktail dan Minuman Coklat, seperti Tequilla Sunset, Margaritta, Green Chinese Mocktail, Choco Caramello, Lazy Choco, Triplice Choco, Hawaiian Pure Cocoa,  Penasaran kan? apalagi beberapa nama sepertinya tak mungkin disajikan di cofe shop.
Selain aneka minuman ada pula menu sampingan sebagai teman minum minum ceria. Sembari menyeruput kopi panas ataupun meneguk kenikmatan minuman dingin, harus mencoba beberapa makanan ringan yang porsinya ngga ringan seperti Grilled Sausages , Kona Tofu Crunch, Sunny Side with Sausages. semua menu yang ada di Kona Kofe dijual dengan harga bersahabat, antara 15K – 40K.
Kona Tofu Crunch
Kona Tofu Crunch
Kona Kofe juga memberikan promo menarik ayng patut di incar yaitu setiap hari Senin, Rabu, Kamis ada promo BUY 1 GET 1 untuk menu-menu tertentu yang infonya akan selalu disampaikan melalui IG dan FB Kona Kofe. Gg Trijaya No. 2, Putri Candramidi, Podomoro, Pontianak Kota, Buka setiap hari (kecuali Selasa, TUTUP) dari jam 14.00 WIB - 24.00
Menu Kona Kofe Pilihan Tukang Jalan Jajan
Nah! Tukang jalan jajan memilih duduk di sofa pojok kanan karena merasa lokasi ini paling nyamandan tenang. Sekalian bisa melihat barista meracik kopi dari sudut ini. Duduk disini bisa sendiri atau juga bersama keluarga, teman, pasangan, maupun teman kerja kamu, sambil ngomongin printilan kerjaan yang lumayan banyak.
Pilihan saya jatuh pada Kona Ice Coffee, Irish Macchiato, Butter Caramel Latte dan vietnam drip sedangkan makanannya saya memilih spicy fried tofu dan chicken cheese cruncy. Mari sekarang kita merasakannya bersama sama.
Vietnam drip byKoba Kofe
Vietnam drip byKoba Kofe
Dari obrolan saya dengan sang barista, Kona Kofe mendukung petani lokal dengan menggunakan kopi lokal sehingga dihasilkanlah racikan robusta dengan rasa dan aroma yang khas. Tak mudah menggambarkan rasa kopi karena menikmati dengan lidan dan cara masing-masing. Kona ice coffe terasasegar dengan jejak rasa beraroma. entah itu vanilla sentuhan lainnya. yang jelas ini sangat menyegarkan tanpa menghilangkan rasa kopi.Mungkin kepekatanespresso akan pudar setelah terkena es batu sehingga dapat lebih mudah diterima lidah kebanyakan.
Butter Caramel Latte
Butter Caramel Latte
Irish Macchiato dan Butter Caramel Latte terasa lebih creamy. sulit menggambarkan rasa kafein dengan paduan gurihnya lemak dengan sedikit sentuhan legitnya gula. terdengaraneh namun jika sudah merasa dan mengaduk hingga rata jangan kaget kalau tiba-tiba tandas hingga tuntas ke dasar. Bagi penggemar manis dan creamy, ini adalah pilihan tepat untuk meningkatkan mood dan semangat baru jika sedang merasa malas.
Kona Tofu Crunch by Kona Kofe
Kona Tofu Crunch by Kona Kofe
Lalu bagaimana dengan makanannya? Untuk cemilan, ukurannya terbilang besar. Ini dimungkinkan karena makanan ini mungkin diperuntukkan untuk teman ngonrol saat berbincang dengan teman atau klien. Fries tofunya terasa nikmat dengan bumbu asin pedas. Kulitnya yang nrispi dan disajikan hangat membuat lahap dan ingin menyuapkan terus menerus tahu renyah ini. Mirip dengan tahu cabe bawang dan disajikan dengan havermout goreng membuat citarasanya semakin kaya. cocok dipadukan dengan kopi pagi, siang ataupun sore.
Piring berikutnya berisi paha ayam tanpa tulang dengan lelehan keju dan mayo serta disajikan dengan kentang yang lumayan banyak. Karakter daging paha ayam yang empuk namun bertekstur disajikan krispi dengan kulit tepung yang bermandikan keju dan mayo serta taburan Italian herbs yang menambah aroma. Rasanya mulut tak berhenti mengunyah karena inilah kenikmatan finger licking good saat keju dan mayo menempel di jari.

Chicken with french fries by Kona Kofe
Chicken with french fries by Kona Kofe
Semua makanan disini bercitarasa namun sangat pas dengan kopi dan turunannya karena tidak merusak rasa akhir yang ditimbulkan. Menikmati makanan disini membuat saya harus mengingat banyak tempat. Makanan disini dari proses pengamatan yang panjang oleh pemilik hingga memutuskan menu ini hadir di Kona Kafe. Puas dengan menu yang disajikan walaupun belum menikmati semua. Nikmati semuanya di Kona Kofe, Gang Trijaya No 2 Podomoro Pontianak, nomor telepon 0819-5335-2660. Selamat makan dan salam yumcez
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.