Tukang Jalan Jajan

OneChick, Nasi Ayam Halal di Pontianak

OneChick, Nasi Ayam Halal di Pontianak. Menikmati Kota Pontianak tentu tak lepas dengan kulinernya yang berbagai macam ragam. Jangan khawatir masalah rasa. Kebanyakan enak dan tak perlu diragukan terutama makanan peranakannya. Salah satu kota yang menyimpan harta kuliner suku Tionghoa yang tak boleh dilewatkan. Memang yang menjadi kendala bagi teman Muslim adalah masalah Halal atau tidaknya. Terkadang ada beberapa menu yang membuat penasaran untuk di coba namun susah untuk mecari versi halalnya. Salah satu yang membuat penasaran adalah nasi ayam. Namanya memang nasi ayam tapi 90% daging yang digunakan adalah babi. Nama makanan yang terkesan “menjebak”. Jadi berhati-hatilah jika mampir ke Pontianak.

OneChick, Nasi Ayam Halal di Pontianak
OneChick, Nasi Ayam Halal di Pontianak
Nasi Ayam Pontianak atau Nasi Campur atau Koi Peng adalah Nasi putih atau nasi hainam yang disiram kuah kental dengan bumbu bawang putih goreng, dulu ada yang mengatakan kuah kental ini dibuat dari kaldu sirip hiu. lalu diatsnya diberi potongan daging babi dalam berbagai jenis olahan, mulai dari babi kecap, samcan atau three layer (Kulit renyah, lemak dan daging), Babi merah panggang (dengan bumbu angkhak/5 spices), dan Sosis babi (lap Chiong), dan semur telur lalu biasanya ditambah ayam goreng asam manis, sayur sawi asin dan potongan timun segar. Tak lupa tambahan sup, ada yang menggunaka sayur asin ada juga kaldu kaki ayam dengan kacang kedelai. Saya juga bingung kenapa lafal Tio Chiu menyebutnya Koi Peng yang artinya Koi adalah Ayam dan Peng adalah nasi sehingga diterjemahkan menjadi nasi ayam. 
Nasi Ayam, Koi Peng ala Pontianak yang halal
Nasi Ayam, Koi Peng ala Pontianak yang halal
Tentu banyak yang penasaran dengan rasanya? iyakan? untunglah di Pontianak ada satu satunya rumah makan yang menjual Nasi Ayam Pontianak versi Halal. Beneran menggunakan daging ayam namun bumbu dan citarasa dipertahankan sama dengan versi aslinya. One Chick , Nasi Ayam Halal, No telepon 0822-5117-1699 di Jalan Siam No.7. Benua Melayu Darat. Pontianak Selatan. Taglinenya “No Pork No Lard” menekankan memang semua makanan disini menggunakan ayam 100%. 
Nasi Ayam disajikan dengan sup Kosong
Nasi Ayam disajikan dengan sup Kosong
Nasi ayam di sini menggunakan nasi yang disiram kuah kental dari kaldu ayam, dengan ayam kecap tanpa tulang, ditambah Ayam panggang merah bumbu angkhak, Ayam kukus dengan bawang putih, ayam panggang dengan bumbu charsiew, telur semur, sosis ayam dan sayuran sawi asin yang spesial. Saya pribadi menyukai aroma charsiew atau BBQ yang melekat di ayam tanpa tulamg ini. Rasa gurih berpadu smoky tentu pas dipadukan dengan rasa ayam panggang angkhak yang gurih sedikit manis. Sawi asinnya seperti acar yang segar, kresnyes dan ada rasa manis yang membungkus rasa asamnya. Seperti memakan asinan buah, membersihkan rasa bumbu didalam rongga mulut. Nasi ayam ini memang solusi untuk tahu bagaimana rasa Koi Peng Pontianak yang sebenarnya.
Sawi asin pujaan hati di OneChick, wajib coba
Sawi asin pujaan hati di OneChick, wajib coba
Selain itu masih ada menu lain yang patut dicoba seperti Nasi Hainam dengan ayam kukus.Makanan sederhana yang sering ditemui di Malaysia dan Singapura. Ayam kukus yang empuk dengan sentuhan sederhana bawang putih. Membangkitkan semangat makan terutama disiang hari. Masih ada menu kuah seperti sup ayam dengan pilihan lada putih dan lada hitam. Masih ada mie dan bakso ayam, nasi dengan dada ayam bumbu 5 spices dan ada beberapa pilihan menu lainnya yang bisa dipilih dengan hanya 25K perpaket include es teh.
Ada sup ayam lada hitam, bakso ayam dan nasi ayam  ala OneChick
Ada sup ayam lada hitam, bakso ayam dan nasi ayam  ala OneChick
Bubuk lima rempah atau ngo hiong adalah campuran dari lima rempah-rempah, meliputi kelima rasa manis, asam, pahit, pedas, dan asin. Bumbu ini sangat popular dalam masakan Tionghoa, tetapi juga digunakan dalam masakan Asia lainnya. Bahan-bahan untuk membuat bumbu ini ada bermacam-macam varian. Yang paling umum adalah bunga lawangcengkihkayu manisandaliman dan biji adas yang ditumbuk. Paduan rempah-rempah ini didasarkan pada falsafah Tionghoa dalam menyeimbangkan yin dan yang dalam makanan.
chicken karage by OneChick Pontianak
chicken karage by OneChick Pontianak
One Chick , Nasi Ayam Halal, No telepon 0822-5117-1699 di Jalan Siam No.7. Benua Melayu Darat. Pontianak Selatan. Menyajikan Nasi Ayam Halal yang menarik untuk dicoba. Menjawab penasaran dengan rasa nasi ayam Halal. Parkirnya memang tidak luaskarena rukonya berada di tepi jalan namun meja kursi didalamnya cukup nyaman untuk diduduki. Saya menyelipkan nilai 8 dari 10 untuk Koi Peng yang dijual disini. Sekali lagi, Nasi Ayam Halal ini tentu tidak bisa dibandingkan head to head dengan Nasi Ayam non Halal. Selamat makan dan salam Yumcezzz!

20 komentar:

  1. Akhirnyaaa..dapat satu menu buat tamu nanti bang...makasih yaaa..biasanya nasi ayam menjebak dan tamu2 pengen yg halal soalnya..

    BalasHapus
  2. Wah, jadi pengen nyobain jadinya hehe

    BalasHapus
  3. Harga paketnya affordable ya mas.

    Saya lihat sepintas, nasi ayam ini seperti sop ayam ya? bener nggak ya..

    Oh, jadi kalau di Pontianak, namanya nasi ayam tapi dari babi ya? insight baru nih mas

    BalasHapus
  4. Sup ayam lada hitamnya menggoda selera nih. Jadi referensi nih kl suatu saat lagi jalan2 k Pontianak

    BalasHapus
  5. Harus coba ini, one chick kayak masakan d resto Jepang, cuma namanya lupa��, nti klo k Pontianak wajib di coba ini

    BalasHapus
  6. Aduh semua menu ini mengingatkan saya waktu masih kerja di Singapura. Kalau tidak beli, Ama (nenek) suka memasak dan ia jago masakan melayu meski ia beretnis chinese.

    BalasHapus
  7. Wah, sangat menggiurkan masakannya ini. Chinese food dikenal enak makanannya, selalu menggoyang lidah :)

    BalasHapus
  8. Di foto yang kedua, daku kirain tadi rawon, hehehe. Nasi ayam apapun kuah palsunya pasti enak deh. Dan Kuliner ini patut dicoba pas ke sana nanti.

    BalasHapus
  9. Bisa buat referensi ini jika cari makanan di Pontianak yang halal terutama dengan menu ayam karena saya sebagai pecinta ayam yang merasakan menu ayam yang ada di Pontianak

    BalasHapus
  10. Ooo aku juga baru tau nih kalau ternyata nasi ayam Palembang itu dari Babi, tapi kira kira yang nasi ayam berbahan dasar babi ini ada tandanya ga kak...? Maksudku adakah tulisan Tidak halal nya gitu...

    Alhamdulillah kalau sudah ada nasi ayam halal, tapi aku justru takut temen temen yang baru ke sana jadi salah menafsirkan masa...

    BalasHapus
  11. pas baca jam nya maksi nih, saya jadi lapar. DI Bandung ada gak yah One chick hihi adanya Dechick

    BalasHapus
  12. wah, nambah pengetahuan nih! padahal kalau dari namanya (nasi ayam) ya kupikir udah pasti halal, ternyata ada yg gak halalnya juga ya karena pakai babi..

    BalasHapus
  13. Makanannya menggoda banget tapi bisa bikin berabe kalo gak tahu bahwa sebenarnya nasi ayam tidak menggunakan daging ayam. Hmmm

    BalasHapus
  14. wah, ngeri juga kalau rancu gitu ya :D
    harus hati-hati, cari yang pasti-pasti halal aja. soalnya suer aku kepengen banget ke Pointianak nih, seklaian main dengan teman yang sudah menetap di sana, lama tak jumpa

    BalasHapus
  15. Wah, harus hati-hati kalau mau makan di Pontianak,jangan sampai makan yang gak halal.
    Kalau mau Koi Peng mendingan ke One Chick Nasi Ayam Halal aja ya..

    BalasHapus
  16. Waduh menggiurkan nih. Kudu kucobain kalau ke Pontianak. Anak-anak pasti suka juga nih. Bumbunya yang lima itu kepo apa saja

    BalasHapus
  17. Jadi gitu, ada yg pakai daging babi juga. Bner nih kita harus jeli saat beli makanan di tempat yg blm kita kenal. Catet lah siapa tahu main ke Pontianak

    BalasHapus
  18. Beneerr mas Don.
    Yumcezz bangeett...

    Selalu suka sama review plus foto makanannya mas Don.
    Serasa langsung laffaarr~~

    BalasHapus
  19. Oh agak susah ya cari makanan halal disana kak. Btw ya alloh itu nasi ayamnya kok menggoda banget.

    BalasHapus
  20. Menu olahan ayam itu ga ada matinya. Selalu bikin mupeng & baper alias bawaan laper :D

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.