Tukang Jalan Jajan

Belajar Sejarah Perkembangan Kota Dubai di 5 Tempat Berikut Ini


Belajar Sejarah Perkembangan Kota Dubai di 5 Tempat Berikut Ini. Dubai merupakan salah satu kota dengan perkembangan tercepat dan terindah di dunia. Perkembangan Dubai sudah dimulai sejak kejayaan perdagangan mutiara di era 60-an. Meskipun demikian, pemerintah Dubai pada masa itu pun sadar betul bahwa Dubai harus melakukan diversifikasi sehingga tidak hanya mengandalkan kekayaan alam saja. Oleh karena itu, dibangun berbagai infrastruktur yang dapat menopang berbagai industri lainnya, termasuk industri pariwisata. 
Belajar Sejarah Perkembangan Kota Dubai di 5 Tempat Berikut Ini
Belajar Sejarah Perkembangan Kota Dubai di 5 Tempat Berikut Ini
Visi pemerintah Dubai pun terbayar karena kini Dubai merupakan salah satu oase pariwisata dunia yang wajib dikunjungi, setidaknya sekali seumur hidup. Sebelum menikmati kota Dubai yang terasa seperti kota-kota fiksi ilmiah, sebaiknya memulai kunjungan wisata dengan tempat-tempat bersejarah di kota Dubai. Dengan demikian dapat merasakan masa lalu kota Dubai sebelum menikmati tempat-tempat lainnya.

Tukang jalan Jajan sendiri sudah tiga kali transit di Dubai dan merasakan kemegahan bandara yang super megah. Walaupun belum sempat mengelilingi kota Dubai namun nanti berharap bisa merasakan backpackeran di negara yang super megah dn mewah. Dubai sebagai pusat wisata dan ekonomi dunia, kini banyak maskapai yang menawarkan penerbangan ke Dubai dengan harga yang terjangkau. Bahkan Korean Airlines menawarkan penerbangan langsung dari Indonesia. Berikut lima tempat bersejarah di Dubai yang patut dikunjungi.

1.   Bastakiya

Pada masa kejayaan perdagangan mutiara dan tekstil, Dubai mencoba menarik para pedagang Persia dengan kebijakan perdagangan bebas pajak. Untuk itu pula dibangunlah Bastakiya, yang juga dikenal sebagai Old Dubai, pada akhir abad ke-19 dengan tujuan sebagai permukiman bagi para pedagang kaya dari Persia.

Menyusuri Bastakiya, bisa menemukan rumah-rumah besar yang terbuat dari batu gamping dan koral dengan dilengkapi menara-menara angin khas bangsa Persia. Menara angin ini merupakan bentuk kemahiran arsitektur masa lampau karena mampu menjaga suhu ruangan tetap dingin di bawah teriknya matahari yang menimpa Dubai setiap waktu.

Selain mengagumi arsitektur Jazirah Arab, coba juga untuk mengunjungi beberapa museum yang berada di komplek bersejarah ini. Salah satunya Majlis Gallery yang terletak di bawah sebuah menara angin dan menampilkan keramik tradisional Arab. Silakan coba untuk menyusuri Bastakiya sambil berfoto di gang-gang kecil yang beda dari yang ada di Indonesia.

2. Khor Dubai

Khor Dubai yang dikenal pula sebagai Dubai Creek atau Sungai Dubai merupakan sungai kecil yang membelah Kota Dubai menjadi dua, yaitu Deira di sisi utara dan Bur Dubai di sisi selatan. Pada awalnya, sungai ini merupakan sungai air asin yang dangkal sehingga hanya dapat dilalui kapal-kapal dagang kecil. Namun pemerintah Dubai pada tahun 1955 memutuskan untuk melakukan pengerukan sehingga dapat dilalui kapal-kapal dagang besar. Sebagai jalur perdagangan, Uniknya disini akan banyak sekali ditemukan pasar disepanjang sungai

Khor Dubai atau Sungai Dubai
Khor Dubai atau Sungai Dubai
Jangan sampai melewatkan melihat Dhow Wharfage atau kapal-kapal dagang yang bersandar untuk menurunkan kargo dari berbagai belahan Jazirah Arab. Beberapa kapal yang digunakan bahkan sudah berumur lebih dari 100 tahun. Beberapa kapal juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menyusuri sungai sambil melihat bagaimana rupa kapal tradisional para pedagang Jazirah Arab.

3. Burj Nahar

Terletak di pesisir Sungai Dubai, berdiri sebuah menara jaga yang dibangun pada tahun 1870. Burj Nahar merupakan salah satu saksi sejarah peradaban kota Dubai lama yang dikelilingi oleh benteng untuk melindungi dari serangan berbagai suku yang tinggal di luar kota. Kini Burj Nahar dikelilingi oleh kebun kecil yang dihiasi pohon-pohon palem yang menjadi ciri khas dari negara gurun.

4. Al Ahmadia

Al Ahmadia adalah sekolah pertama yang berdiri di Dubai. Didirikan di tahun 1912 oleh para pedagang mutiara terkemuka di Teluk Persia, sekolah ini menjadi tempat berkumpulnya para pemikir-pemikir dan pelajar-pelajar dari Jazirah Arab sebelum ditutup pada tahun 1958. Pemerintah Dubai memutuskan untuk merenovasi dan menjadikannya museum pada tahun 1994.

Berkunjung ke museum ini, artinya tidak hanya menemukan arsitektur khas Arab yang kental akan nuansa Islami, tetapi juga pameran materi akademis seperti bahan ajaran yang diberikan kepada para siswanya. Bahkan, banyak dari siswa sekolah ini tumbuh menjadi pembesar-pembesar Dubai. Selain itu, pengaruh Islam sungguh terasa, terlihat dari cerminan dari ukiran-ukiran ayat suci Alquran di dinding-dinding museum serta pola-pola geometri yang membentuk tekstur floral khas kekhalifahan Islam.

5. Hatta Heritage Village

Hatta Heritage Village adalah rekonstruksi desa tradisional Dubai yang terletak di daerah pegunungan Hatta. Di dalam komplek ini terdapat 30 bangunan yang bagian dalamnya sudah ditata sedemikian rupa sehingga membuat para tamu dapat merasakan bagaimana kehidupan warga Emirat Arab sebelum periode pembangunan ekonomi secara masif di tahun 1960. 
Menara Pengawas di Hatta Heritage Village
Menara Pengawas di Hatta Heritage Village
Pengunjung dapat menemukan bangunan-bangunan yang menggunakan material alami seperti lumpur, batu-batuan, alang-alang, hingga daun kelapa. Terdapat beberapa bangunan yang harus wisatawan kunjungi seperti benteng, masjid, dan dua menara jaga yang dibangun menggunakan material asli. Kamu juga dapat menemukan situs Al Sharia, yaitu kebun pohon palem yang juga menjadi pusat irigasi bawah tanah bagi para petani lokal.

Lain waktu saya akan mencoba berbagi lokasi lain yang tidak kalah menarik di Dubai. Negara sejuta keindahan dan kemewahan yang terus menawarkan daya tarik wisata sejarah.

26 komentar:

  1. Habis baca sejarahnya rasanya kurang lengkap tanpa dokumentasi mbak, mau dibayangin bentuknya tapi susah.

    BalasHapus
  2. Aduh Dodon dipanggil mbak. Cie cie...

    Saya sakit sama pembangunan Dubai yg sangat pesat. Teman2 yang kerja di sana sering cerita. Kehidupan di Dubai sangat nyaman. Ah jadi pengen jalan2 ke sana ya...

    BalasHapus
  3. Mas don , bikin pengen ke dubaaaaaiii
    Sejarah mereka unik ya
    Foto2 disana pasti instagramable hehehehe
    Kalau ada umroh yg paket sama kunjungan ke dubai , nanti pengen share ini ke para tour guide biar diajak ke bastakiya sampe hatta heritage village

    BalasHapus
  4. Dubai ini proggres kotanya keren banget ya. Bisa jadi megapol dalam waktu singkat. Dan saya suka sama pembangunan kotanya yg terkonsep. One day kalau ada jodoh menjejak di Dubai saya bakal tag 5 t4 rekomendasi bang dodon.

    BalasHapus
  5. Ngiler deh..liat view Dubai yang super kece..ntah kapan bisa kesana..

    Semoga suatu saat diperkenankan tuhan untuk melihat skeindahan disana...

    BalasHapus
  6. mas, ajak aku ke Dubai dong! *sape gue :D

    serba modern ya di Dubai itu.. difoto aja terlihat keren2, apa lagi aselinya ya ❤️

    semoga suatu hari aku bisa berkunjung ke Dubai..

    BalasHapus
  7. Dubai pertumbuhan kotanya pesat banget, jadi seperti surga dunia, siapapun pengen ke dubai termasuk saya hehe.. Semoga ada rejekinya

    BalasHapus
  8. Wihh Dubai, kalo ngomongin Dubai tuh inget film Mission Imposible deh. Keceee badai

    BalasHapus
  9. Dubai itu kayak perpaduan modern dan kuno kyk aslinya, gurun2, batu2, bukit2 gu ya. Penasaran sama Dubai. Moga kelak ada kesempatan mengunjungi atau bahkan tinggal di sana :D

    BalasHapus
  10. Melihat suasana kota yang ada di Dubai ini, bisa kita simpulkan. Bangunan2 yg dibangun ini tetap terlihat sesi bangunan tua, tapi polesan yg ada di sekitarnya menjadikan tempat2 disana tersulap menjadi semi modern.
    Tapi karena tertata rapi dan bersih, semua menjadi pemikat bagi seluruh wisatawan luar.
    Semoga dubai akan menjadi salah satu tujuanku suatu saat.
    Amiin

    BalasHapus
  11. Dubai itu keren ya, banyak hal yang bisa kita pelajari dari Dubai. Banyak hal besar yang mereka lakukan untuk menjadi luar biasa seperti sekarang, contohnya saja pengerukan sungai yang disebutkan di atas

    BalasHapus
  12. Dubai negara yang menarik dan layak untuk dikunjungi, terdapat berbagai tempat bersejarah dan tempat wisata yang indah. Berharap suatu saat bisa berkunjung ke sana.

    BalasHapus
  13. Banyak hal luar biasa di DUbai, bangunan tercanggih, hotel termahal, dan ternyata banyak sejarah menarik di sana, seandai ada rezeki bisa menginjakkan kaki ke sana

    BalasHapus
  14. Pengin ke Dubai (maksudnya, jalan-jalan beneran, bukan cuma transit tiga jam), tapi kesannya mahal banget ya di sana?

    BalasHapus
  15. Sungai Dubainya gak boleh dilewatkan!

    Suka dengan tempat2 yang jaga air sungainya tetap bersih bahkan dibuat wisata. Jaman dulu kan buat perdagangan

    BalasHapus
  16. Kemegahan Dubai memang sudah menjadi buah bibir para wisatawan di seluruh dunia. Pantas saja, kalau ada yang mewajibkan berkunjung ke sana, meski hanya sekali seumur hidup ya...

    BalasHapus
  17. Dubai memang cakep sih ya. Negara yang maju dengan berbagai kemewahannya. Sungai Dubainya aja bagus gitu

    BalasHapus
  18. kalau nonton film film timur tengah jaman dulu, penasaran bagaimana mereka menyiasati bangunan rumahnya agar tetap sejuk di cuaca yang panas, ternyata menara angin rahasianya...
    Btw, Dubai itu emang impian banget, ingin aku pergi kesana...ada yang mau ajak?

    BalasHapus
  19. semoga saya ada kesempatan untuk tugas ke Dubai mas.. jadi bisa menyempatkan jalan-jalan ke tempat yang direkomendasikan mas Don... Lihat di youtube, dubai emang keren mas

    BalasHapus
  20. Pengen banget ke dubai. Kaya tempat paling mewah banget sedunia. Indah juga kayanya kl dari foto

    BalasHapus
  21. Khor Dubai bagus sekaliiii :D pengin bisa ke sana juga kaya Mas Don ini, dokumentasi fotonya masih banyak nggak nih kak?

    BalasHapus
  22. Tanteku pernah cerita, bahkan kamar Mandi di apartments mereka tinggal itu pakai ac.. Dan kotanya emang bagus.. sayang tante Dan keluarganya sudah balik ke Indonesia. Sebelum aku bisa kesana dan numpang tinggal di apartments mereka hahaahh

    BalasHapus
  23. Kota Dubai itu emang cantik banget yaaa, salah satu negara Arab yg mau aku datengi huhuhu cari tiket promo aaaaah!

    BalasHapus
  24. Beneerrr...negara impian untuk dikunjungiii...
    Banyak yang mengekpos negara megah ini.
    Salah satunya reality show di Korea yang terkenal banget, Running Man.
    Aku jadi makin terkagum-kagum sama keindahan dan segala fasilitas yang ditawarkan.

    BalasHapus
  25. Aku kalau lihat foto-foto kota Dubai suka silau sendiri, takjub gitu hihi.. banyak gedung-gedung tinggi yang megah dan modern ya, keren deh semoga bisa travelling ke sana suatu hari nanti :D

    BalasHapus
  26. adem benar ngeliatnye, cobe di pinggiran kapuas dibuat kek gitu.... wih seruuu

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.