Pontianak Food Festival 2018, Ayo Makan Ikan

Festival Kuliner terbesar di Kalimantan Barat yang akan diselenggarakan di parkiran A Yani Mega Mall, Pontianak dari tanggal 19 – 25 Februari 2018. Ada 130 tenda Makanan dan gerobak yang menawarkan berbagai kuliner lokal Kalimantan Barat dan Indonesia.

Mau ke Pontianak di Bulan Februari ini? selain Imlek dan Cap Go Meh ada even seru lainnya. Festival Kuliner terbesar di Kalimantan Barat yang akan diselenggarakan di parkiran A Yani Mega Mall, Pontianak dari tanggal 19 – 25 Februari 2018. Ada 130 tenda Makanan dan gerobak yang menawarkan berbagai kuliner lokal Kalimantan Barat dan Indonesia. Pecinta kuliner wajib datang ke even nasional ini.

Pontianak Food Festival 2018, Ayo Makan Ikan
Pontianak Food Festival 2018, Ayo Makan Ikan

Setelah memecahkan masak Rekor MURI menggoreng pisang oleh penggoreng terbanyak, Rekor tersebut terpecahkan dengan kehadiran jumlah 131 penggoreng pisang yang menghasilkan 2017 buah pisang goreng. Pisang goreng sebagai salah satu kudapan khas Kalimantan Barat diangkat derajatnya ke kancah nasional di ajang Pontianak Food Festival 2017.

Tahun ini, Pontianak Food Festival 2018 kembali memecahkan rekor MURI “Lomba Memasak Ikan Asam Pedas Oleh Peserta Terbanyak”. Tema ini diambil karena Asam pedas merupakan salah satu makanan khas Melayu yang ada di pesisir Kalimantan Barat dan menjadi salah satu ikon kuliner yang menjadi primadona wisatawan yang datang berkunjung ke Pontianak. Sepertinya bakal ada yang kurang saat berkunjung ke Pontianak tapi tidak mencicipi Ikan Asam Pedas.

Kalimantan Barat khususnya mewakili nusantara dalam cita rasa kuliner yang berdasarkan letak / lokasi dilintasi sungai dan dikelilingi laut serta topografi daratan rendah tropisl yang kaya akan citarasa kuliner yang berbahan baku ikan, baik sungai maupun laut. Kalimantan barat merupakan salah satu provinsi yang wilayah lautnya luas dengan jumlah ikan yang melimpah, terlihat dari pengiriman hasil laut keluar provinsi dan ekspor. Beberapa waktu yang lalu Kalimantan Barat dipercaya oleh pemerintah Pusat untuk menggelar Festival Ikan dan Lomba Masak Ikan di Taman Alun Alun Kapuas, dimana pemenang lomba masak akan mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan serta mendapat kesempatan memasak untuk Presiden Joko Widodo di Istana Negara dalam rangkaian perayaan 17 Agustus 2017 lalu.

Chef Aiko Sarwosri
Chef Aiko Sarwosri

Tahun ini PFF juga akan menghadirkan Celebrity Chef Indonesia, Chef Aiko. Chef cantik ini akan ikut memasak ikan asam pedas bersama peserta lain pada tanggal 25 Februari 2018 pukul 09.00 pagi. Event pemecahan rekor MURI ini sendiri merupakan bagian dari festival kuliner terbesar di Kalimantan Barat Pontianak Food Festival 2018 yang digelar di Ayani Mega Mal, Pontianak 19-25 Februari mendatang.  Ketua panitia Edi Hartono mengatakan selain menghadirkan sekitar 130 stan kuliner, Food Festival 2018 juga akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) pada penyelenggaraannya lomba memasak ikan asam pedas dengan peserta terbanyak di Indonesia.

PFF2 ini juga akan dimeriahkan berbagai macam acara seperti memasak bersama Chef Aiko, Bank Mandiri dan PHRI, Mandiri lelang fiesta poin, lomba model cilik dan lomba tari traditional kontemporer, talent show abang adek, lomba mewarnai, game show lintas duta dan fruit and vegetables zumba dan permainan anak rakyat

Lomba Masak Asam Pedas Memecahkan Rekor MURI
Lomba Masak Asam Pedas Memecahkan Rekor MURI


Pontianak Food Festival. Ajang Pameran Kuliner terbesar di Kalimantan Barat. Diprakarsai oleh PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) Kalimantan Barat yang bertujuan untuk mengenalkan berbagai macam kuliner Kalimantan Barat ke seluruh Indonesia dan Mancanegara. Pameran kuliner tahunan ini melibatkan banyak Hotel, Restoran, Warung hingga Pedagang makanan kecil yang tersebar di Kalimantan Barat. Pameran yang tidak hanya mengenalkan kuliner namun juga memasukkan unsur budaya serta mencari duta kuliner Kalimantan Barat yang mampu menjadi agen penyebar informasi keseluruh Indonesia.
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.