Tukang Jalan Jajan

Renyahnya Ayam dan Jamur Goreng OFC (Offroad Fried Chicken)


Makan ayam goreng yuk! Sebagai makanan cepat saji yang bisa dinikmati kapan saja. Ayam goreng tepung atau fried chicken memang jadi makanan ngetop yang bisa ditemukan dimana saja. Bahkan ada gerai makanan cepat saji yang mengkhususkan diri menjual menu ini sebagai barang dagangan utama. Saya sendiri termasuk salah satu penggemar ayam goreng tepung. Biasanya saya cemilin untuk mengisi waktu jeda makan. Sudah pernah mencoba OFC?

Ayam Goreng OFC (Offroad Fried Chicken)
Ayam Goreng OFC (Offroad Fried Chicken)
OFC (Offroad Fried Chicken) di pelataran Kopi Siti di Jalan Putri Daranante punya kekuatan untuk memancing saya kembali menikmatinya. Tidak gampang memang menjual makanan cepat saji yang terlanjur sudah punya citra buruk. Tapi percayalah, ayam goreng disini merupakan pilihan terbaik. Tukang Jalan Jajan bisa mengintip dari ukuran ayam, potongannya yang ciamik dan rasa dari tepung yang digunakan. 

Ayam Goreng OFC (Offroad Fried Chicken)
Ayam Goreng OFC (Offroad Fried Chicken)
Saya mengintip ke gerobak yang ada disebelahnya. Gerobak ini merupakan tempat mengolah sekaligus memproduksi ayam goreng. Minyak yang digunakan untuk menggoreng masih berwarna kuning keemasan. Bukan minyak hitam yang sudah tak layak lagi. Apalagi ayam yang digunakan adalah ayam segar, bukan digoreng berkali kali dan dihangatkan saat ada yang memesan. Ayam juga ditiriskan sebelum disajikan sehingga minyak goeng tidak menetes kemana-mana. Dari segi pengolahan, OFC mencuri perhatian saya dari sekian banyak ayam goreng tepung di Pontianak. Fried Chicken harus benar pengolahannya.

Ayam Goreng OFC (Offroad Fried Chicken)
Ayam Goreng OFC (Offroad Fried Chicken)
OFC tidak hanya menyediakan ayam goreng berbagai potongan seperti dada, paha atas dan bawah, OFC juga menyediakan makanan bergizi lainnya yaitu jamut goreng tiram krispi yang bisa dinikmati bersama cocolan sambal dan saus tomat. Jangan lupa OFC juga menyediakan sambal tumis yang special. Sangat cocok dinikmati dengan ayam dan jamur. 

Ayam Goreng OFC (Offroad Fried Chicken)
Ayam Goreng OFC (Offroad Fried Chicken)
Lalu kenapa kamu dan saya suka dengan sensasi krispi atau renyah. Ada penelitian yang dilakukan peneliti Charles Spence, profesor psikologi eksperimental di Oxford University, yang mengulas berbagai penelitian yang berkaitan dengan suara dan persepsi rasa mengungkapkan suara makanan ternyata sangat berpengaruh pada pengalaman bersantap. Jika makanan tak mengeluarkan suara berarti dianggap sama saja dengan tak ada rasanya. Menurut penelitian ini, orang-orang menggunakan suara makanan tersebut untuk menilai bagaimana kelezatan rasa makanannya, bahkan ketika mereka tidak menyadarinya.

Jamur Goreng OFC (Offroad Fried Chicken)
Jamur Goreng OFC (Offroad Fried Chicken)
Salah satu studi dari Leeds University di tahun 2007 yang mengungkapkan betapa pentingnya daging renyah yang tertangkap telinga. Selain itu aroma dan rasa juga jadi hal menarik. Penelitian juga menunjukkan bahwa suara makanan akan memengaruhi persepsi seseorang. Orang-orang lebih menyukai minuman berkarbonasi dengan gelembung yang banyak. Suara adalah sebuah indikator tekstur yang berpengaruh pada kualitas. Tekstur dapat mengungkapkan bagaimana segarnya makanan. Ketika memakan kerupuk dan menghasilkan suara yang keras dan renyah maka Anda tahu kalau kerupuk itu enak. Suara yang memengaruhi kenikmatan makan bukan hanya dari dalam makanan. Namun, suara luar juga bisa berpengaruh.


Ayam Goreng OFC (Offroad Fried Chicken)
Ayam Goreng OFC (Offroad Fried Chicken)
Menikmati makanan di sini sembari menikmati kopi dan berinteraksi dengan banyak orang membuat ayam dan jamur renyah OFC patut dijadikan teman makan siang. Silakan mampir ke OFC (Offroad Fried Chicken) di Kopi Siti, Jalan Putri Daranante dengan nomor telepon 0812-5892-3069 . Tempat parkirnya cukup luas dengan harga yang bersaing. Ayamnya dihargai 8K perpotong dan jamur tiram renyah dihargai 10K. cocok untuk makan hemat tapi mengenyangkan.

Jamur Goreng OFC (Offroad Fried Chicken)
Saya ingatkan untuk tidak lupa dengan sambal tumisnya yang lezat dan menggugah selera. Nilai 8 dari 10 saya sisipkan untuk ayam goreng renyah kaki lima OFC. Pengolahan bersih dan penuh cinta membuat saya tenang mengkonsumsinya. Selamat makan dan salam yumcez!

20 komentar:

  1. Aku kira ini penjualnya sama dengan yang pake gerobak, ternyata bukan ya?

    BalasHapus
  2. Keren ya sampe ada riset utk suara makanan..

    BalasHapus
  3. iyess...kalau makanan yang kriuk kriuk itu sensasinya gimana gitu
    terus bikin nagih dan pengin ngulang makan lagi
    moga nanti bisa ke pontianak lagi
    biar bisa nyoba nih OFC

    BalasHapus
  4. Kalau ayam KFC terasa sekali campuran susunya. Entah apa yg lain ngerasain jg.. kl OFC gimana ka?

    BalasHapus
  5. pantesan banyak orang yang suka makan pakai kerupuk ya...ternyata itu sebabnya, kalo aku sering lupa kalo makan pake krupuk. nasinya udah habis baru inget kalo ada krupuk wkwkwk

    BalasHapus
  6. Anak bungsuku cuma mau sama ayam goreng yang kayak gini, bentuk ayam goreng yang lain ga mau padahal sama-sama ayam dan sama-sama digoreng wkwkwk...

    BalasHapus
  7. Jadi suara itu bisa bikin enak ya? Pantesan kalo nyeruput kuah mie rebus, soto ataupun kuah bakso, paling enak ada suaranya.

    Kopi aja kalo pas, bakalan ada suaranya. Hehehe. Mantap!

    BalasHapus
  8. Sungguhan baru tau kalau sebenarnya orang lebih menyukai sensasi suaranya ketimbang rasa.
    Tapi kalau saya, suka rasa ayam kriuk yang tebal dengan daging ayam yang tidak terlalu tebal. Karena ketebalan ayam, selalu membuat saya berpikir yang aneh-aneh ((misal : disuntik silikon atau digelonggong layaknya sapi...hiiih))

    Kalau OFC bagaimana, mas Don?

    BalasHapus
  9. Suara berpengaruh pada pengalaman bersantap, dan mempengaruhi orang lain untuk ikut menyantap. Hihi. Bener juga sih. Coba aja ya kalau makan mi pake suara "slurrrp" di deket temen yg lagi lapar, dia pasti nelen ludah banget tuh :D

    BalasHapus
  10. Nampaknya nikmat ya, apalagi harganya masih terjangkau. Kalau ada suaranya makanan, jadi lebih terasa nikmatnya. Di sana jualan kulit ayam juga gak?

    BalasHapus
  11. Aduh... Itu foto kenapa dipajang banyak banget.. jadi lapar...
    Dan terdengar.. crunchi diyelinga.. aromanya... Juga bagai lewat disamping rumah...he2

    Resiko.. masuk blog tukang jajan.. siap2 perut lapar...tapai biaa cuma nelwn ludah..wkwkwk

    BalasHapus
  12. Dari sini jamurnya kelihatan renyah. Aku kalau masak jamur krispi gak bs tahan lama kerenyahannya.Di Jepara blm ada OFC, hwaa

    BalasHapus
  13. Hemat ya OFC ini. Jadi ingin coba tapi di kampung saya blm ada

    BalasHapus
  14. Sekilas mirip banget kayak kaefci mas.. tapi entah kenapa ini sepertinya lebih menggoda lidah saya .. apalagi jamurnya.. duhhh mesti maknyus banget rasanya

    BalasHapus
  15. aku juga suka beli fried chicken pinggir jalan, harganya murah dan kebetulan di tempat langgananku ayamnya krispi banget dan berasa bumbunya

    BalasHapus
  16. Walahh ternyata ayam kaki lima ya mas, kulitmya keliatan crispy banget.. aku doyan banget nih sama fried chicken yang crispy2 gini hihi apalagi ada jamur tiram crispynya juga kali dicamil bisa abis banyak aku

    BalasHapus
  17. kalau ayam goreng kayak gini mah dia menang semuanya..

    visual menarik.. ayamnya menul menul
    aroma.. wangi banget
    suara.. kriuk kriuk..
    rasa... gurih..

    ya udah beli terus dan dimakan terus..

    makanya anak kecil jg suka picky eater, maunya ayam goreng tepuuuuuung mulu.. emang enak sih ya

    BalasHapus
  18. Baru tau ternyata ada sebuah penilitian mengenai krispinya makanan gitu hahaha. Harganya murah dan bisa kenyang lagi dengan makanan ayam itu.

    Harga kaki lima rasa bintang 5 ya gan. Apalagi ditamhah cocolan saos sambalnya dijamin bikin nagih. Ngidam jamurnya pasti krispi banget

    BalasHapus
  19. Wuhahahaha salah banget intip tulisan ini malam malam....lapeeer...


    Nasi hangat, saos sambal, plus ayam goreng krispy, mantaap

    BalasHapus
  20. Kulit ayamnya keliatan renyaaaaah! Pengen ngulitin rasanya wkwkw

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.