Pempek Dini, Kenikmatan Pempek dan Tekwan di Pontianak

Pempek Dini di Jalan Sejahtera 1, Telepon 0813-1895-4598 memiliki banyak varian, ada lenjer, lenggang, kulit, adaan hingga kapal selam. Semua tersedia dan bisa dinikmati di tempat.

Saya temasuk penggemar ikan dengan segala bentuk olahannya. Saya selalu mengingat pesan Bu Susi, Menteri Kelautan dan Perikanan yang selalu mengingatkan untuk makan ikan. Paling tidak, karena kesukaan Tukang Jalan jajan, saya tidak ditenggelamkan karena tidak suka makan ikan. Salah satu kota terbaik dalam mengolah ikan adalah Palembang. Menu makanan yang paling terkenal adalah pempek dengan berbagai olahannya. Makanan ini menyebar hingga seluruh penjuru Indonesia. Hingga ke Pontianak. Salah satu pempek terenak di Pontianak adalah Pempek Dini.
 
Adaan Pempek Dini Pontianak
Adaan Pempek Dini Pontianak
Pempek Dini di Jalan Sejahtera 1, Telepon 0813-1895-4598  memiliki banyak varian, ada lenjer, lenggang, kulit, adaan hingga kapal selam. Semua tersedia dan bisa dinikmati di tempat. Selain rasa ikan tenggiri yang menggelora di setiap kunyahannya, tentu saja bahan pendukung yang menambahkan rasa yang semakin kaya yaitu kuah cuko. Rasa manis yangkhas dengan tambahan asin, asam dan gurih menjadikan kuah cuko sebagai pelengkap wajib selain abon ebi dan irisan timun yang segar.

Kapal Selam, Pempek Dini Pontianak
Kapal Selam, Pempek Dini Pontianak
Kuah cuko Pempek Dini menciptakan rasa yang khas, kabarnya, gula merah yang digunakan langsung didatangkan dari daerah asalnya Palembang, Kuah Cuko sangat mempengaruhi “tendangan” akhir dari pempek. “Pempeknya enak sayang kuah cukonya ndak lamak”. Tukang Jalan Jajan sendiri setuju dengan ungkapan seperti ini. Apalagi memilih gula aren berbentuk batok yang bersih sehingga menghasilkan kuah yang benar-benar “lamak” bukan perkara gampang. Gula arennya harus kental namun tidak berasa pahit.

Tekwan, Pempek Dini Pontianak
Tekwan, Pempek Dini Pontianak
Masalah Pempek juga ngga bisa dianggap main-main, dari beberapa literatur yang saya baca, paling tidak ada 21 jenis pempek berbagai bentuk, jenis dan rasa. Semuanya merupakan satu turunan dari olahan ikan dan tepung. Kreasi orang Palembang memang patut diacungi jempol. Saya sendiri tidak pernah memakan semuanya, hanya beberapa saja yang lazim dimakan.

Tekwan, Adaan, Kapal Selam, Pempek Dini Pontianak
Tekwan, Adaan, Kapal Selam, Pempek Dini Pontianak
Jika ingin mencoba beberapa turunannya, Pempek Dini menyediakan beberapa yang bisa di coba dan rasanya bisa dipertanggungjawabkan. Pempek Kapal Selamnya sedep dengan telur utuh dibagian tengahnya. Lenjer yang mirip dengan kerupuk basah a.k.a temet dari Kapuas Hulu juga ada. Kulitnya juga jadi favorit saya, ada sensasi krispi kulit ikan yang enak. Tapi yang patut dipesan lebih banyak adalah adaannya. Diluarnya krispi namun didalamnya membal tapi lembut saat dikunyah. Ini wajib banget di pesan jika mampir ke Pempek Dini.

Adaan dan Kuah Cuko, Pempek Dini Pontianak
Adaan dan Kuah Cuko, Pempek Dini Pontianak
Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan. Tekwan dari pempek Dini. Salah satu tekwan terbaik di Pontianak dengan kuah kaldu yang lite namun kaya rasa kaldu udang. Tekwan dengan tambahan Soun dan irisan bengkuang yang masih krispi serta jamur kuping yang kres nyes. Tidak lupa daun bawang, seledri dan bawang goreng untuk menambah sensasi rasa gurih, sensasi segar dan harum. Tekwan memang makanan ini sederhana namun membuatnya tidaklah gampang. Kaldu yang tidak tepat akan membuatnya amis dan tidak sedap untuk dinikmati.

Tekwan, Adaan, Kapal Selam, Pempek Dini Pontianak
Tekwan, Adaan, Kapal Selam, Pempek Dini Pontianak
Semua yang disajikan di Pempek Dini di buat sepenuh hati sehingga sedap untuk dinikmati. Biasanya sembari makan, Saya juga mengerjakan beberapa tulisan di blog dan berselancar di dunia maya. Untuk memudahkan koneksi dari laptop ke Internet, saya menggunakan XL GO. Mifi yang disiapkan XL dengan koneksi cepat 4,5G sehingga semua pekerjaan dapat lancar dan proses mengirim data bisa cepat. Tukang Jalan Jajan membeli paket bundling XL GO dengan paket kuota 90 Giga selama 90 hari di XL Center. Penggunaannya juga mudah, begitu diaktifkan di XL Center bisa langsung digunakan selama 90 hari tanpa henti. Puas banget! Apalagi Kota Pontianak sudah mendukung jaringan 4.5G dari XL.

Tekwan, Pempek Dini Pontianak
Tekwan, Pempek Dini Pontianak
Pempek Dini tempat menikmati Pempek dan Tekwan dengan rasa yang bisa dipertanggungjawabkan. Tempatnya yang luas dan nyaman membuat saya bisa menghabiskan 2 porsi pempek dan seporsi tekwan seorang diri. Pempek Dini ada di Jalan Sejahtera 1, Telepon 0813-1895-4598. Nilai 8 dari 10 untuk Adaan plus kuah cuko dan tekwannya. Selamat makan dan salam yumces!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.