Santai Malam Ala Warkop di Clover Cafe

Bisnis makanan menggiurkan, sampai-sampai wisma nusantara harus menghadirkan tempat santai berkonsep cafe bernama clover. Entah kenapa pemilik memberi nama clover, namun kalau dilihat di kamus bahasa inggris maka clover merujuk kepada daun semanggi yang memiliki helai daun berbentuk mirip waru dan berhelai empat. Clover Cafe berada satu tempat dengan Wisma Nusantara di Jalan Soeprapto No 14 dengan nomor telepon 085246084348.


Bisnis makanan menggiurkan, sampai-sampai wisma nusantara harus menghadirkan tempat santai berkonsep cafe bernama clover. Entah kenapa pemilik memberi nama clover, namun kalau dilihat di kamus bahasa Inggris maka clover merujuk kepada daun semanggi yang memiliki helai daun berbentuk mirip waru dan berhelai empat. Clover Cafe berada satu tempat dengan Wisma Nusantara di Jalan Soeprapto No 14 dengan nomor telepon 085246084348.
 
Banana Latte ala Clover Cafe Pontianak
Banana Latte ala Clover Cafe Pontianak
Tempai ini lumayan luas, ada meja dibagian luar dan juga dibagian dalam. Bagian dalam pun disusun apik seperti berada didalam bar. Ada dua sisi yang berbeda, tempat santai berkonsep cafe atau tempat ngumpul rame-rame seperti warung kopi lokal dengan tambahan meja bilyard. Tinggal pilih saja, mau duduk di meja dengan jumlah ramai atau sedikit. Dari papan menu yang dipajang diatas meja bar, tukang jalan jajan bisa melihat makanan yang disajikan rata-rata bertemakan western dan makanan super simpel ala anak nongkrong.

Banana Latte ala Clover Cafe Pontianak
Banana Latte ala Clover Cafe Pontianak
Pramusaji datang menghampiri setelah tukang jalan jajan memilih tempat duduk. Beberapa lembar buku menu yang diberikan tidak banyak memberikan pilihan untuk menu makan berat, rata-rata minuman dan cemilan. Ada bermacam-macam kopi dan latte yang dapat dipilih di Clover Cafe dengan beberapa menu sederhana. Pilihan saya kali ini adalah French fries 18K, Grilled sausage 20K, Sunrise 23K, Ice lemon tea 12K, Hot banana latte 20K, Orange float 18K dan Kopi hitam 6K. sengaja tidak memesan makanan berat hanya untuk mencoba menikmati suasana sekaligus membandingkan minuman disini.

French Fries ala Clover Cafe Pontianak
French Fries ala Clover Cafe Pontianak
Tidak perlu menunggu waktu lama, banana latte ala Clover Cafe sudah sampai diatas meja dan berhiaskan susu coklat kental manis. Aroma pisang langsung menyeruak hidung saya. Walaupun ini hanya perasa tapi sudah cukup mempu membuat otak saya termanipulasi untuk segera menghirupnya. Rasa susu yang membentuk foam dapat memperkaya rasa. Lumayan untuk membuat badan terasa hangat. Hiasan susu coklat yang ada diatas latte justru malah membuat saya agak terganggu.

Ice Lemon Tea ala Clover Cafe Pontianak
Ice Lemon Tea ala Clover Cafe Pontianak
Makanan pendamping yang bisa dinikmati juga sudah dipesan. Ada kentang goreng atau french frieas yang diberi bubuk bawang putih dan juga rumput laut untuk menambah aroma. Rasa gurih kentang dan aroma bawang putih membuat rasanya semakin kaya apalagi ditambah bubuk rumput laut. Dimakan dengan saus sambal dan saus tomat semakin sedap.

Sosis panggang ala Clover Cafe Pontianak
Sosis panggang ala Clover Cafe Pontianak
Aroma saus BBQ juga tercium, rupanya datang dari sosis yang sudah dipanggang. Sosis ayam yang berlumur bumbu barbeque dengan taburan italian herbs. Tapi apa sebenarnya BBQ itu? istilah yang merujuk baik terhadap teknik memasak panggang ataupun peralatan memanggang secara khusus. Perbedaan umum yang dapat diterima antara barbekyu dan pemanggangan adalah dari lama waktu memanggang dan jenis panas yang digunakan. Lalpu apa bedanya dengan metode panggang atau grill?.

Sosis panggang ala Clover Cafe Pontianak
Sosis panggang ala Clover Cafe Pontianak
Kita sering salah beranggapan bahwa memanggang makanan sembari ngobrol adalah BBQ Party. Grill memanggang dengan cepat, hanya butuh 1-2 jam hingga matang, gaya barbeque adalah kebalikannya. Barbeque menggunakan suhu yang rendah namun waktu pemasakannya sangatlah lama. Dalam pembuatan barbeque ini bisa memakan waktu sampai lebih dari 10 jam. Namun karena suhu yang rendah, makanya daging yang dipanggang tak akan gosong. Lapisan luarnya akan menghitam bukan karena gosong tetapi kerak dari bumbu yang terkaramelisasi. Tantangannya adalah menjaga supaya panas tetap konsisten  dan stabil.

Sunrise ala Clover Cafe Pontianak
Sunrise ala Clover Cafe Pontianak
Itu sedikit cerita tentang BBQ. Saya sendiri melihat banyak menu lain yang bisa dinikmati ditempat ini. Bagi yang ingin menyelesaikan pekerjaan, masih bisa dilakukan karena banyak meja dipojokan yang nyaman ditempati. Walaupun koneksi internet di tempat ini tidak begitu bagus namun saya masih bisa bekerja dengan nyaman karena menggunakan XL. Sinyal yang kencang dengan akses yang sudah 4.5G membuat akses internet begitu cepat dan lancar. Deadline dapat segera terselesaikan sesuai jadwal.

Kenikmatan lain yang bisa didapatkan dari XL adalah menonton youtube gratis selama setahun dengan paket XTRA Combo. Cukup dengan membeli paket internet, saya bisa menikmati akses Youtube tanpa kuota, menelpon kesemua operator 24 jam serta bebas berlangganan konten untuk menyaksikan liga Inggirs di Genflix. Bisa juga menikmati drama Korea favorit di Tribe dan streaming musik sepuasnya. Asik benerkan! Untuk tahu informasinya, kunjungi www.xl.co.id ya :)

Silakan datang sendiri Clover Cafe yang ada di Wisma Nusantara Jalan Soeprapto no 14. Nilai 7 dari 10 untuk tempat makan yang parkirnya lumayan luas. Selamat nongkrong di warung kopi gaya coffee shop. Salam Yumcez!
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.