Tukang Jalan Jajan

Bukalapak Sepeda, Setelah Membeli Jangan Lupa Merawatnya dengan Cara Ini


Bukalapak, siapa yang tidak mengenal marketplace besar yang satu ini? Bukalapak menyediakan berbagai macam barang yang kita butuhkan termasuk sepeda. Di BukalapaksepedaAnda bisa menemukan banyak pilihan sepeda dengan harga yang bersaing tentunya. Namun, setelah melakukan pembelian sepeda, Anda harus tetap melakukan perawatan sehingga performa prima dari sepeda bisa Anda rasakan. Lantas, bagaimana cara melakukan perawatannya?

Belanja sepeda di Bukalapak sepeda dulu ah!
Belanja sepeda di Bukalapak sepeda dulu ah!
Pertama, cuci sepeda. Untuk mencuci sepeda, Anda bisa menyiapkan ember, sikat, spon, shampoo. Hindari menggunakan shampo yang memiliki bahan keras seperti deterjen. Jangan lupa menyiapkan lap kain. Cuci bersih sepeda dengan menggunakan air. Ketika melakukan pencucian sepeda, hindari mencuci dengan menggunakan air yang bertekanan tinggi. hal ini dikarenakan bisa menyebabkan air masuk di sela komponen penting dalam sepeda. Lakukan perawatan ini minimal seminggu sekali.

Ayo bersihkan sepedamu, jangan malas
Ayo bersihkan sepedamu, jangan malas
Kedua, pergunakan pelapis body. Di Bukalapak sepeda, Anda bukan hanya bisa menemukan sepeda, namun Anda bisa menemukan berbagai macam aksesoris seperti pelapis body. Sesudah mencuci semua bagian sepeda hingga bersih, keringkan sepeda dengan menggunakan lap dan beri pelapis body yang digunakan untuk merawat cat sehingga lebih awet dan mengkilat. Hal ini sangat penting apalagi sedang musim hujan seperti saat ini. agar cat tidak lekas mengelupas diterpa hujan dan panas setiap hari.

Ketiga, perawatan rantai. Rantai yang tidak dirawat dengan baik bisa mengakibatkan rantai berkarat hingga mudah putus. Hal ini bisa membuat performa sepeda menjadi menurun. Tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Jadi, rawat rantai sepeda Anda mulai dari sekarang. Perawatan yang diperlukan seperti sikat gigi, sabun, cairan degreaser, lap kering, pelumas rantai, ember.

Bersihkan dan rawat rantai sepeda dengan baik dan benar
Bersihkan dan rawat rantai sepeda dengan baik dan benar 
Untuk melakukan perawatan rantai, berikut langkah-langkahnya, antara lain:

  1. Bersihkan rantai menggunakan air. Tahap pertama yang perlu Anda lakukan ialah bersihkan rantai sepeda sesudah melakukan perjalanan jauh. Lebih-lebih jika Anda melakukan perjalanan di area yang berlumpur dan becek. Anda dapat membersihkan debu, kotoran dan tanah yang menempel dengan cara menyemprot menggunakan selang air bertekanan rendah,
  2. Gosok rantai dari debu. Bersihkan rantai dari debu yang begitu membandel dengan cara menggunakan sabun dan menyikatnya menggunakan sikat gigi, Anda juga bisa menggunakan cairan degreaser untuk melarutkan kotoran di rantai. Hindari menggunakan sabun detergen berkonsentrasi tinggi karena akan merusak rantai,
  3. Bersihkan komponen rantai yang lain. Setelah rantai bersih dari segala kotoran, jangan lupa bersihkan bagian yang lainnya seperti pulley, gigi depan. Cara membersihkannya hanya cukup menyikat menggunakan sabun,
  4. Beri pelumas khusus. Untuk memberikan pelumas khusus, pastikan rantai sepeda Anda benar-benar kering terlebih dahulu. Untuk sepeda biasa, perawatan bisa dilakukan dengan sederhana, namun bagaimana untuk sepeda listrik. 

Selamat berbelanja di bukalapak sepeda
Selamat berbelanja di bukalapak sepeda
Di Bukalapak sepeda, Anda juga bisa menemukan sepeda listrik, agar baterai sepeda listrik tetap awet, perhatikan hal-hal ini saat mengisi ulang daya baterai, antara lain:
  1. Perhatikan kapasitas dari baterai. Sebelum melakukan pengisian ulang, biasakan membawa buku manual, agar Anda mengetahui berapa kapasitas baterai, setiap baterai memiliki kapasitas yang berbeda selain itu perhatikan voltase yang dibutuhkan untuk pengisian dayanya,
  2. Perhatikan alat untuk mengisi ulang daya. Jangan pernah menyepelekan colokan listrik dan kabel yang menyambungkan baterai di listrik, pastikan semua alat bisa berfungsi dengan baik sehingga tidak terjadi konsleting,
  3. Perhatikan durasi. Hindari terlalu lama mengisi daya baterai. Terlalu lama mengisi daya baterai bisa menyebabkan kebocoran.




6 komentar:

  1. Bukalapak memang terkenal dengan komunitas sepedanya, saya juga tau bukalapak dari komunitas itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mas, keren banget. saya juga pengan gabung ah

      Hapus
  2. Keren banget ini mas, jadi terinspirasi buat lebih rajin lagi untuk merawat sepeda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mas Andi, semoga sepedanya bisa tahan lama ya

      Hapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.