Tukang Jalan Jajan

Nikmatnya Cheese Cake di Cupfee


Tempat nongkrong di Pontianak banyak sekali salah satunya Cupfee. Lokasi santai bertemakan cafe dengan banyak lokasi unik yang instragamable. Berlokasi di Jalan Gajah Mada no 71, Pontianak, dengan nomor telepon 0561 8172199. Beberapa kali saya datang kesini untuk sekedar menemui teman saya yang juga mengelola cafe ini, bertemu dengan klien atau sekalian bersantai dengan teman-teman tukang jalan jajan.  Teman kongkow yang menyenangkan dengan meja tinggi dan beberapa sofa untuk bersantai. Ada dua lokasi yang bisa dipilih yaitu ruangan bebas rokok dan ruangan merokok.

Cappucino dan Cheese Cake Cupfee
Begitu masuk saya langsung kaget dengan teriakan selamat datang dari pramusaji dan bersahutan dengan barista dan yang lainnya. Menantang sekali saat datang, memilih duduk di sofa empuk agar terasa nyaman. Saya ingin bersantai dengan kadar caffein yang tidak tinggi. Cukup dengan cappucino 25K dan aneka cheese cake 35K perpotongnya. Cukuplah untuk sekedar menikmati malam di tempat nongkrong di kota Pontianak, cupfee.

Cappucino dan Cheese Cake Cupfee
Cappucino Cupfee
Sedikit membahas mengenai cafe yang selalu salah kaprah dengan bistro karena terlalu sering digabungkan. Lalu apakah perbedaannya?  Cafe atau Kafe dari (bahasa Perancis: café) secara harfiah adalah (minuman) kopi, tetapi kemudian menjadi tempat untuk minum-minum yang bukan hanya kopi, tetapi juga minuman lainnya termasuk minuman yang beralkhohol rendah. Di Indonesia, kafe berarti semacam tempat sederhana, tetapi cukup menarik untuk makan makanan ringan. Dengan ini kafe berbeda dengan warung.

Cappucino dan Cheese Cake Evelyn di Cupfee
Cappucino dan Cheese Cake Evelyn di Cupfee
Lalu apa pula bistro? Dalam bahasa Prancis, bistro berarti restoran kecil. Di Prancis sendiri, bistro adalah bar kecil yang menyajikan minuman anggur. Di Jakarta, bistro banyak menyuguhkan menu Prancis dengan suasana santai, homey, dan kasual. Perbendaan mencolok antara cafe dan bistro bisa dilihat dari menu, jenis makanan, suasana dan jam operasional. Dari menu Kafe sebenarnya adalah kedai kopi atau tempat menjual kopi. Karenanya, menu yang ditawarkan berupa camilan ringan pendamping kopi. Menu di kafe juga cenderung sama setiap hari dan jarang berganti. Sedangkan menu di bistro umumnya berbeda untuk makan siang dan makan malam. Bistro biasanya menginformasikan menu apa yang dibuat pada hari tersebut atau menu apa yang disuguhkan untuk musim tertentu.

Vietnam Drip di Cupfee
Vietnam Drip di Cupfee
Lain lagi dari jenis makanan yang disajikan Makanan yang dijual di kafe biasanya makanan yang tidak terlalu mahal dan hanya memerlukan waktu sebentar untuk dibuat. Contohnya sandwich dan sup. Beberapa jenis dessert yang ditawarkan antara lain cake, pie, atau es krim. Sementara itu, bistro membatasi pilihan menu pada hari tertentu. Namun secara keseluruhan pilihan menunya lebih beragam seperti roti panggang dan seafood yang segar.

Melihat suasana juga dapat menjadi pembeda antara cafe dan bistro. Suasana di kafe sangatlah bervariasi. Beberapa kafe memiliki tema tertentu seperti klasik dan modern minimalis. Ada pula kafe yang menyediakan meja di luar ruangan agar pelanggan dapat menikmati pemandangan. Sedangkan bistro umumnya dimiliki seoang chef. Karenanya suasana yang disuguhkan mencerminkan makanan yang disajikan. Contohnya, chef yang memiliki spesialisasi masakan Italia akan menghadirkan suasana Italia di bistro miliknya

Cappucino dan Cheese Cake Evelyn di Cupfee
Cappucino dan Cheese Cake Evelyn di Cupfee
Ada perbedaan pula tentang jam operasionalnya. Banyak kafe buka 24 jam sehingga menjadi tempat favorit untuk bersantap malam hari. Sementara itu, bistro memiliki jam operasional tertentu. Mereka biasanya buka pada siang hari, kemudian tutup beberapa jam, dan buka kembali pada malam hari. Bistro juga mungkin tidak buka 7 hari dalam seminggu dan memilih libur lebih awal.

Hampir lupa dengan makanan utama saya di Cupfee, layer cheese cake, original cheese cake dan blueberry cheese cake yang jadi pendamping kopi saya hari ini. Jujur saja, cheese cake evelyn ini paling enak dari semua yang pernah saya rasa di Pontianak. Setiap layer yang tersusun dilapisi cream cheese yang benar benar membuat lidah dimanjakan oleh rasa manis yang creamy. Tidak bisa berhenti menyendok. Lain lagi dengan cheese cake original dan blueberry yang full cream cheese dengan dasaran biskuit yang renyah. Tambahan rasa blueberry juga memberikan rasa dan aroma cream cheese yang dasarnya sudah enak.
 
Cappucino dan Cheese Cake Evelyn di Cupfee
Cappucino dan Cheese Cake Evelyn di Cupfee
Cappucino nya sendiri juga menyenangkan, aroma kopi yang muncul dan terasa sedikit tertinggal dilidah. Aroma kopi yang baru diroast kemudian digiling dan diseduh tentu memberikan sentuhan tersendiri saat dicampur dengan susu yang sudah disteam. Duduk sembari menyuapkan potongan cheese cake disertai menyeruput kopi di cupfee. Tempat ngopi asik sekalingus tempat nongkrong seru buat anak muda Pontianak. Mungkin jika datang diwaktu yang tepat bisa jadi lokasi ini romantis bagi pasangan yang dimabuk cinta.

Lokasi parkir memang jadi masalah di Cupfee karena berada dipinggir jalan utama, sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua untuk mampir ke Cupfee agar mudah untuk parkir. 8,5 dari 10 untuk cheese cake Evelyn ditempat ini. Selamat makan dan salam yumces!

35 komentar:

  1. saya yang udah lama engga makan cake-cake an jadinnay ngiler banget, mana liatnya pas di jam jam laper begini pula hahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya balik ke sini dong ki :D

      Hapus
    2. Habis ngebaca ini langsung nikmatin semua makanan yang tersaji kak, jangan sampai ketinggalan dan kelaparan lagi ya :)

      Hapus
  2. Yummy bangeeett.. tiba2 ngidam pengen ngafe dan makan cheese cake juga, pulang ngantor cuss ah cari cheese cake, kali ke pontianak dulu mah jauh hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh ayulah sini, ngga jauh kok Pontianak, paling 1x penerbangan sekarang

      Hapus
  3. Plis Om Dodon kenapa enggak ada foto detail interiornya? Plis...plis...plis kan bakalan memengaruhi pengunjung juga. Hehehe...


    Oh iya, kirain cafe sama bistro itu sama. Yang satu dari barat. Satunya dari timur. Eh... Ternyata salah tho.

    P.S. Kenapa enggak sekalian dikasih GMaps sih Om? Takut nyasar nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke mas Jung, ntar aku masukin yak.... dateng lagi, mampir lagi dan komentar lagi

      Hapus
  4. Aku bersyukur sekali saat membaca tulisan ini di rumah lagi ada 2 macam cake keju (meski bukan cheese cake). Karena kalau enggak yang ada aku bakal ngubungin suami minta bungkusin cheese cake pas pulang nanti (tagihan ke Kak Dodon yaaa :p)
    Cheese cake itu cake kesukaan aku. Sama seperti yang ada keju-keju lainnya adalah kesukaan aku. Cheese cake dan kopi? Itu pasangan yang paling romantis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh aja, mampir ke sini deh. aku kasih icip satu cetak sekalian hehehe

      Hapus
  5. Cappuccinnonya benar-benar mennggoda mas. Tapi sepertinya, karena saya tidak suka keju maka kalau disuruh makan cheese cake sambil minum kopi, rasanya pasti malah gak enak hhehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya udah mas, makannya dipisah aja biar tetep enak dan sedep hehehe

      Hapus
  6. Eh ada vietnam coffee juga.. Itu kopi enak banget. Cheese cakenya sungguh menggoda baca tengah malam gini.. Perut langsung berontak .. Ajak aku Don ke Ponti 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoklah ngopi sambil maem cheese cake di Pontianak. mari kita makan enak dengan bahagia dan ceria

      Hapus
  7. cheesecakenya mahal bang, 35k per potong T_T
    nggak cocok buat anak kosan T_T
    tapi bikin ngiler T_T
    ah band dodon tega

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi rasanya ngga menghianati harga lho kak :p

      Hapus
  8. wahh akhirnya buat artikel tentang makanan lu don. Manteb nih buat tempat tongkrongan dengan menu makanan cake dan kopi. ngiler sama kopinya sih nikmat banget tuh rasanya. sayangnya tempat parkirnya yang jadi masalah ya. sangat disayangkan banget kalo bawa rombongan nongkrong disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe datengnya bedua aja mas Dik.... biar romantis dan penuh cinta :p

      Hapus
  9. Ya ampun...liat cheese cake-nya jadi pengeeen....
    Jadi membayangkan, gimana kagetnya Mas Don waktu pertama masuk Cupfee hihihi..
    Sekarang saya jadi tau perbedaan cafe dan bistro, makasih pencerahannya Mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheheh mereka teriaknya berjamaah. agak kaget untungnya nda latah hahaha

      Hapus
  10. Nama kafenya unik, Cupfee. Kalau ke Pontianak, bolehlah kumampir ke sana untuk nongkrong dan menikmati cheesecakenya yang bikin ngiler.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja, seru lho mampir di sini, banyak hal menyenangkan dan mengenyangkan hehehe

      Hapus
  11. Ituuuu cupcake fotonya cantiiik amaat, mas Don...
    Ini makanan kesukaan aku. Yang cuma bisa aku makan di waktu tertentu...karena selain alasan harga, alasan takut gemuk jugak..

    Hiihi...

    Tapi kalo uda ketemu cheese cake, aku jadi super norak!
    Makannya di irit-irit, biar ga cepet abis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe merasakan setiap suapannya dengan perlahan dan menunggu hingga lumer dimulut. sedep banget kanyaaa

      Hapus
  12. Ya ampun, itu Cheese Cake-nya enak banget. >.< Mau bungkus! Kirim ke Jogja!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kakak aja yang mampir sini, sekalian jalan jalan hehehe

      Hapus
  13. Ya ampun cheese cakenya 😱😩
    Duh jadi kepengen ngemil chesee cake malam-malam gini 😢.

    Aku baru tahu perbedaan cafe dan bistro 😍 makasih infonya mas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh semoga memberikan informasi yang mencerahkan dan membahagiakan hehehe

      Hapus
  14. ya ampunn fotonya please dech bikin ngilerrrr. Hmmm cheese cakenya mikin pengen

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk maemmmmm..... satu potong ngga bakalan cukup deh

      Hapus
  15. Ilmu baru buat aku yg baru paham kafe dan bristo

    Tetep ya, itu cakenya bikin senut2 perut. Tampilannya menggoda bgt. Kopi, lewat doang krn krg suka, ahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehehe masih ada cupcakenya biar happy dan tetep bisa icip icip

      Hapus
  16. Aku jadi pengen kue yang ijo-ijo, ya? Keknya menggoda banget...
    Pernah denger nama Bisro, bukannya semacam merk baju?
    Eh, itu mah Distro, yak😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkw kakak butuh cheese cake sepertinya :p

      Hapus
  17. Wow ciskek, itu makanan favoritku juga :D
    Enak ya diminum dengan kopi gtu, tapi aku bh suka kopi dingin sih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa aja boleh kak. yang penting bikin happy dan semngat lagi hehehe

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.