9 Tips Mencari Jasa Catering Yang Cocok

Tukang Jalan Jajan sering sekali mendengar keluhan sahabat yang akan menuju ke jenjang pernikahan. Selain masalah klasik seperti deg-degan termasuk masalah katering. Bukannya apa-apa, makanan jadi hal penting dalam sebuah acara pernikahan. Benerkan? Bagi yang ingin menikah, mencari jasa catering yang cocok untuk pernikahanmu bisa jadi tugas yang sangat berat dan bikin kamu sibuk. Teman saya selalu bilang, "Ini PR Banget, citarasa dan lidah tamu undangan harus dimanjakan". Tukang jalan Jajan Setuju banget!
Tukang Jalan Jajan sering sekali mendengar keluhan sahabat yang akan menuju ke jenjang pernikahan. Selain masalah klasik seperti deg-degan, juga termasuk masalah catering. Bukannya apa-apa, makanan jadi hal penting dalam sebuah acara pernikahan. Benerkan? Bagi yang ingin menikah, mencari jasa catering yang cocok untuk pernikahanmu bisa jadi tugas yang sangat berat dan bikin kamu sibuk. Teman saya selalu bilang, "Ini PR Banget, citarasa dan lidah tamu undangan harus dimanjakan". Tukang jalan Jajan Setuju banget!

Tips Memilih Catering Pernikahan
Tips Memilih Catering Pernikahan
Dengan berbagai macam pilihan menu dan paket, hal ini bisa membuat pusing kepala dan belum lagi untuk penambahan-penambahan yang nantinya bakal terjadi pada saat acara. Mencari jasa catering yang cocok harus benar-benar teliti dan jangan sampai salah pilih. Untuk membantu memilih catering yang cocok, Tukang Jalan Jajan menjelaskan beberapa masukan dibawah ini. Dijamin , setelah membaca ini maka mengambil keputusan akan lebih mudah.

1. Survey terlebih dulu.
Bagian pertama, survei dulu catering yang akan dipakai. Jasa catering itu banyak banget! Jadi, harus teliti dalam memilih. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk melakukan survei catering:

  • Coba tanya-tanya ke teman-teman atau saudara kamu yang baru nikah atau sudah nikah. Catering mana yang mereka pakai pada saat pernikahan mereka.
  • Browsing ke forum pernikahan seperti Weddingku. Disana banyak sekali catering-catering yang bisa kamu hubungi.
  • Buat list catering yang menurut kamu paling OK!
  • Coba kontak masing-masing catering tersebut dan bandingkan dari sisi harga, komunikasi, harga dan testimonial pasangan yang pernah menggunakan catering tersebut.


2. Pastikan jadwal acara
Catering yang laku pasti kalendernya sudah penuh dengan jadwal pernikahan dan tidak sedikit yang punya orderan pada saat bersamaan. Agar mendapat kualitas maksimal, pastikan kalau pada tanggal pernikahan, mereka tidak ada order lain, selain untuk melayani pernikahanmu agar kualitas dari segi makanan dan pelayanan bisa semaksimal mungkin.

Macam Menu Catering Pernikahan
Macam Menu Catering Pernikahan
3. Rekanan dengan pihak gedung
Gedung apa yang ingin kamu gunakan untuk pernikahanmu? Kalau sudah mendapat tempat, coba cek apakah catering yang akan digunakan adalah rekanan dari gedung yang akan digunakan untuk resepsi. Biasanya jika sudah menjadi rekanan, kamu bisa dapat harga yang lebih murah. Kalau tidak ada hubungan rekanan juga tidak mengapa asalkan dari pihak catering bisa memberi harga terbaik (Artinya tidak kemahalan jika dilihat dari sisi kualitas makanan dan pelayanannya).

4. Test food
Ini dia bagian paling menentukan, test food! Kalau sudah dapat catering yang akan dipakai, harus test food terlebih dahulu. Untuk test food ini, disarankan untuk berkunjung ke pesta pernikahan yang akan di handle si catering ini sebagai tamu. Kalau bisa, pergi ke 2 atau 3 pernikahan untuk cek kualitas makanan yang disajikan si catering. Jika pengelola catering tidak mau menginformasikan dimana saja acara pesta yang mereka handle sebaiknya tidak menggunakan jasanya.
Aneka Menu Nasi Catering Pernikahan
Aneka Menu Nasi Catering Pernikahan
Kenapa juga harus repot melakukan test food? Ya iyalah, klien harus tahu bagaimana rasa dan kualitas makanan yang mereka sajikan pada saat pesta sesungguhnya. Memasak sedikit dan banyak tentu saja berbeda. Jika koki nya lihai, maka rasa dan kualitas akan terjaga. Jika tidak, bisa jadi makanan yang dicoba ditempat catering dan dipesta berlainan rasa dan kualitasnya.

5. Paket / bukan paket
Klien harus memilih hanya akan menggunakan paket catering saja atau sekalian menggunakan paket lain? Biasanya catering akan menawarkan paket lainnya jika klien memang belum memiliki pilihan. Paket yang ditawarkan biasanya bersamaan dengan makeup, dekorasi, dokumentasi dan lainnya. Tanyakan dengan detil harga paket yang ditawarkan, jikalau memang lebih murah dibandingkan dengan yang lain harus dipastikan alasannya dan pastikan juga masuk akal.
Aneka Menu Catering Pernikahan
Aneka Menu Catering Pernikahan
Jangan tergoda dengan harga murah tetapi kualitas yang didapat tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, jangan sampai terjebak dengan harga murah. Biasanya ada uang maka akan ada kualitas yang sesuai. Jaman sudah semakin berubah, ada barang ada harga. Harus sesuai dan rasional, jangan sampai tertipu.

6. Dekorasi sajian
Pada saat melakukan test food, jangan lupa untuk melihat tampilan dekorasi penyajian makanannya. Apakah sesuai dengan yang  diinginkan atau tidak. Ada beberapa kejadian dimana dekorasi makanan tampil buruk dan tidak menarik. Walaupun kualitas baik namun jika penampilan tak menarik tentu saja tidak sedap dipandang mata. bisa jadi tamu hilang selera. Ini akan jadi nilai minus bagi pengelola catering pernikahan.


7. Pelayanan petugas catering
Selain rasa, pelayanan petugas catering juga harus diperhatikan.  Saat survey, klien juga harus memperhatikan, apakah petugas catering cekatan atau tidak dalam memberikan pelayanan kepada tamu? Apakah sudah bekerja baik? Apakah sopan waktu melayani? Kalau tidak, coba test food catering lain dan ambil yang terbaik.

8. Cek menu yang ditawarkan

Dalam mencari jasa catering yang cocok dan sesuai perlu dicek dan teliti menu utama dan atau makanan gubukan yang diberikan oleh catering. Tentukan makanan apa yang diinginkan untuk disajikan kepada para undangan. Rasa dan jumlah makanan terutama makanan gubukan harus betul-betul dipastikan tidak ada yang kurang. Jumlah makanan perlu diperhatikan benar-benar, jangan sampai kehabisan saat acara berlangsung karena akan membuat malu pemilik hajatan.

Aneka Menu Gubukan Catering Pernikahan
Aneka Menu Gubukan Catering Pernikahan
9. Cara pembayaran
Untuk cara pembayaran, biasanya catering akan memberikan beberapa pilihan pembayaran. Ada yang cash, ada yang per termin tergantung pilihan klien yang akan menikah. Jika memang bisa membayar tunai, cobalah untuk meminta potongan harga ke pihak catering. Jikalau klien memilih pembayaran per-termin, biasanya akan ada pembayaran uang muka atau DP sebesar 10-20 persen dari total keseluruhan. Pembayaran selanjutnya pada saat makanan diantar ketempat pesta dan pembayaran terakhir sesudah acara selesai.

Aneka Menu Dessert Catering Pernikahan
Aneka Menu Dessert Catering Pernikahan
Itulah beberapa cara dan tips untuk mencari jasa catering yang cocok dan sesuai untuk teman jalan jajan yang akan menikah dan menyelenggarakan pesta. Semoga tidak ada yang salah pilih jasa catering. Pilihlah dengan teliti dan carilah yang terbaik agar pesta pernikahan berjalan lancar dan semua tamu undangan bisa pulang dengan perut kenyang dan bahagia.

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.