Tukang Jalan Jajan

Rasa Nusantara di Saung Kedah



Saung kedah namanya, kabarnya menyajikan menu selera nusantara. Tukang Jalan Jajan harus blusukan kedalam Gang Kedah No 7 dari Jalan Tanjungpura Pontianak. Tidak menyangka dalam gagn sempit ini ada sebuah saung. Dari namanya saya bisa membayangkan makanan ala Sunda akan hadir di depan mata. Pasti jadi lapar! Padahal baru membayangkan saja, belum melihat dan mencium aromanya. Begitu sampai saya hanya bisa celingak celinguk, ternyata saungnya berada di atas dan bagian bawah dijadikan basement parkiran. Pantas saya tidak menemukan lokasinya.

Ayam Kalasan ala Saung Kedah
Ayam Kalasan ala Saung Kedah
Selesai memarkir kendaraan, bisa langsung naik menggunakan lift. Begitu masuk, ornamen alami ada di sekitar tempat ini. Ada tanaman, mural dan meja kursi kayu yang memenuhi ruangan ini. Saya memilih duduk di tempat yang bercahaya cukup supaya lebih mudah jeprat jepret. Tidak lama teman-teman saya datang dan kami semua memesan makanan sesuai keinginan masing-masing.

Lumpia goreng ala Saung Kedah
Lumpia goreng ala Saung Kedah
Tahu isi ala Saung Kedah
Tahu isi ala Saung Kedah
Pesanan di Saung Kedah cukup banyak, Nasi Goreng Seafood 23K, Paket Saung No 1 25K, Ayam goreng saung 17K, Nasi Goreng Seafood 22K, Sambal penyet 5K, Sambal teri 10K, Pisgor keju 10K, Tahu goreng isi 10K, Lumpia goreng 10K, dan Es spesial saung 19K, semua makanan ini akan kami habiskan bersama-sama hingga tandas. Saya sebenarnya mencari-cari makanan sunda yang otentik tapi entah mengapa mata saya belum menemukannya, mungkin saja terlewat. Pengunjung memang ramai dan pramusaji sudah mengatakan bahwa makanan akan datang dalam 15 menit dan meminta kami untuk bersabar.

3 jenis sambal tambahan ala Saung Kedah
3 jenis sambal tambahan ala Saung Kedah
Sembari mengobrol saya menunggu pesanan di saung Kedah. Makanan datang satu persatu, Ayam goreng saung dan beberapa jenis sambal datang untuk saya cicipi. Ayam goreng dengan bumbu ungkep digoreng hingga kecoklatan dengan daging yang sangat lembut dan gampang terlepas dari tulang. Setelah di cocol ke dalam sambal, saya lebih suka di makan begitu saja. Sambal teri dengan sambal uleg dan perasan jeruk juga saya nikmati. Teri yang sudah digoreng lalu ditambah dengan kucuran jeruk nipis. Asin, asam dan gurih jadi satu rasa di menu ini. Tukang jalan jajan lebih suka yang memiliki sensasi yang lebih pedas

Sambal Teri uleg ala Saung Kedah
Sambal Teri uleg ala Saung Kedah
Makanan lainnya adalah tahu goreng dan lumpia goreng. Sama sama gorengan. Tahu diisi dengan ikan tenggiri yag dipotong kecil kecil baru kemudian di goreng hingga krispi dan untuk menikmatinya cukup dicelupkan kedalam cabe cair. Lumpianya ada 3 buah diisi dengan tumisan bengkuang ebi yang menambah rasa umami apalagi dibungkus dengan kulit pangsit yang digoreng renyah. Saya juga memesan 3 sambal pendamping yang rasanya belum pernah saya coba sebelumnya. Rasa yang baru menurut lidah ini. Silakan di coba sendiri teman jalan jajan.
Paket saung 1 ala Saung Kedah
Paket saung 1 ala Saung Kedah
Lodeh ala Saung Kedah
Lodeh ala Saung Kedah
Paket saung yang dipesan kali ini ada Nasi yang ditambah lauk, sepotong rendang daging, dadar jagung, sambal dan sayur lodeh yang bergaya peranakan. Mungkin di Pontianak dikenal dengan nama kari Cina. Terdengar rasis namun begitu adanya. Paket ini cukup membuat saya penasaran untuk mencicipinya. Terasa lite dengan bumbu serta santan yang tidak terlalu mlekoh. Aman dinikmati disegala suasana dan cuaca. Sayur mayur yang dimasukkan kedalamnya juga matang dengan baik. Rasanya boleh juga. Tulisan berikutnya akan saya bahas mengenai perbedaan beberapa menu yang serupa tapi tak sama.

Pisang goreng keju ala Saung Kedah
Pisang goreng keju ala Saung Kedah
Menu lain yang menurut saya juga boleh dicoba adalah pisang goreng keju. Pisang yang tua sempurna disajikan dengan keju dan susu. Nyoooommm sedep. Pisang yang mateng sempurna pasti menghasilkan pisang goreng yang sedap menggelora. Lalu jangan lupa ditutup dengan es spesial saung yang menyerupai tampilan es teler dengan berbagai macam buah yang dipotong apik kedalamnya, tidak lupa agar-agar, tape dan siraman kuah santan yang gurih.

Es Spesial Saung ala Saung Kedah
Es Spesial Saung ala Saung Kedah
Lalu bagaimana dengan nasi goreng seafoodnya? Nasi goreng yang saya pikir datangnya paling awal justru datang pada saat semua makanan sudah habis dimakan. Lumayan lama teman saya menunggu dan harus bertanya lebih dari 3 kali untuk memastikan pesanan tersebut sudah di buat. Tampilannya cukup menarik karena disajikan dalam kuali teflon dengan 3 buah topping udang diatasnya dan 2 iris timun disampingnya namun kurang dari segi rasa. Saya masih bisa mendapatkan rasa yang lebih menggoda dengan harga serupa.

Nasi goreng seafood ala Saung Kedah
Nasi goreng seafood ala Saung Kedah
Tempat baru ini lumayan untuk dikunjungi di Pontianak bersama teman dan keluarga namun kendalanya adalah lokasi parkir yang terbatas. Pilihan makanan di Saung Kedah juga beragam dan banyak pilihan. Jika ingin memesan tempat di Saung Kedah cukup reservasi di 0561-8173063. Tinggal memadupadankan menu dari makanan pembuka, utama hingga penutup. Nilai 6,5 dari 10 untuk menu yang saya makan malam ini. Selamat makan dan selamat menikmati, Salam yumcez!


6 komentar:

  1. mantap menunya,
    jadi pengin sarapan pake sambel teri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih... besok buat sendirinya mas. Selamat makan ya

      Hapus
  2. Mupeng menu2nya. :D Pasti enak tuh kalau makan sambal teri super pedas. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya yang disini ngga pedesnih. Buat sendiri ajanyg pedes banget heheh

      Hapus
  3. Mantap bener nih, semoga semakian banyak "selera nusantara" yang tersebar didaerah-daerah di Indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga semua kulinernusantara dapat menyebar dan dirasakan semua masyarakatt Indonesia

      Hapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.