Tumpeng Mini Rasa Bali di Urban Garden

Tumpeng Mini rasa Bali di Urban Garden. urban garden yang menggunakan rumah tinggal dan di sulap dengan nuansa taman modern penuh lampu terang. Ada meja makan yang di pajang di beranda rumah, adapula meja kursi yang tersusun di taman dengan atap langit lengkap dengan ayunan dan taman. Lalu di dalam ruangan sendiri menggunakan aksen lampu modern yang meja kursi simpel kekinian. Urban Garden berada di Jalan Danau Sentarum no 26 A.


Saya merasa bahwa tren tempat makan di Pontianak sekarang lebih mengandalkan tema tertentu. Sekarang ini restoran bertarung dengan food park yang mengadirkan konsep tematik. Salah satunya adalah urban garden yang menggunakan rumah tinggal dan di sulap dengan nuansa taman modern penuh lampu terang. Ada meja makan yang di pajang di beranda rumah, adapula meja kursi yang tersusun di taman dengan atap langit lengkap dengan ayunan dan taman. Lalu di dalam ruangan sendiri menggunakan aksen lampu modern yang meja kursi simpel kekinian. Urban Garden berada di Jalan Danau Sentarum no 26 A. Selfieable atau wefieable? Wajib!

Tumpeng Mini di Urban Garden Pontianak
Tumpeng Mini di Urban Garden Pontianak
Begitu datang, saya langsung di sambut pramusaji yang langsung mempersilakan untuk masuk dan duduk. Saya memilih duduk di beranda dekat dengan ayunan dan taman bunga buatan. Meja makan ala rumahan ini tersusun rapi untuk 4 orang. Ada dua tempat yang bisa dipilih, Urban yang ada di bagian dalam dan gaerden yang ada di bagian luar. Selain di beranda taman masih ada taman terbuka dengan pohon berlampu serta lorong penuh lampu di sayap kiri yang tembus ke parkiran. Silakan memilih lokasi duduk yang diminati di Urban Garden

Tumpeng Mini di Urban Garden Pontianak
Tumpeng Mini di Urban Garden Pontianak
Tidak sabar untuk mencoba menu yang ada di Urban Garden, makanan pembuka, utama dan penutup disediakan di sini. Bergaya barat atau timur , bisa di pilih sesuai dengan kesukaan. Saya sendiri memesan Cheese Pancake 25K, chicken wing 25K, paket betutu urban 25K, paket plala urban 27K, paket sambal mata urban 25K. Dalam waktu kurang lebih 15 menit makanan saya datang. Tersusun di piring dan tampah yang di buat seperti tumpeng nasi. Paket nasi yang lucu dan menarik. Lalu bagaimana dengan rasanya?

Pancake cheese dan ice cream vanilla, urban garden Pontianak
Pancake cheese dan ice cream vanilla, urban garden Pontianak
Pembuka saya adalah pancake yang pluffy dengan parutan keju yang melimpah ruah dan di siram dengan sirup gula dan di beri satu scoop ice cream vanilla yang dihiasi dengan strawberry. Penyajian apik denga taburan gula yang putih dengan cetakan sendok dan garpu. Ini salah satu pancake yang nyaman dari segi rasa dan konsistensi yang pernah saya makan di Pontianak. Menggoda berpadu dengan menarik. Memanjakan mata dan perut dalam satu porsi. Cukup menarik untuk membuka nafsu makan.

Cemilan berikutnya adalah sayap ayam yang di goreng dengan tepung berbumbu dan kemudian di siram dengan tumisan cabe, daun bawang dan bawang putih goreng. Aromanya sedap dan sayap ayamnya gurih, karakter sayap ayam yang berlemak dan berdaging lembut tentu menjadi ciri khas dan daya tarik tak terelakkan dari sayap ayam. Banyak yang suka, banyak pula yang menghindarinya karena takut dengan lemaknya yang banyak. Saya suka dengan tumisan yang disiramkan ke sayap ayam ini. Sedap!

Spicy wing dari Urban Garden Pontianak
Spicy wing dari Urban Garden Pontianak
Makanan utamanya bertema bali dengan model Jawa. Tampah berisi tumpeng mini rasa Bali, dengan menu ayam pelala dan betutu dilengkapi degan sambal matah. Pelala atau Pelalah bisa didapatkan di Bali dan juga Lombok, tidak jauh berbeda. Daging, ayam atau bebek yang di suwir. Ada yang di ungkep terlebih dahulu baru kemudian di bakar dan kemudian di suwir. Ada yang mencampurnya dengan sambal atau cabe kering lalu dikucuri dengan jeruk nipis atau lemon cui. Ada juga yang mirip yaitu Be Sisip atau ayam suwir yang sudah di ungkep dan di beri kecombrang. Lalu bagaimana dengan ayam pelala di Urban Garden? Oke, tetap bisa dinikmati namun mungkin sudah disesuaikan dengan selera lokal sehingga mungkin agak “meleset” dari aslinya. Tumpeng mini di urban gareden dilengkapi dengan sayur asem dan juga tahu tempe goreng.

Ayam Pelala ala Urban Garden Pontianak
Ayam Pelala ala Urban Garden Pontianak
Tumpeng Mini rasa Bali lainnya, Ayam betutunya juga nikmat berbumbu. ada ayam atau bebek utuh yang di beri bumbu basa genep khas Bali yang kemudian dimasukkan kedalam perut ayam atau bebek kemudian dibungkus dengan daun pisang ayau pelepah pinang yang kemudian di rebus dalam api sekam hingga mencapai 24 jam. Betutu berasal dari daerag Gilimanuk dan dulunya biasanya di buat untuk upacara adat dan keagamaan. Di Urban garden mungkin prosesnya tidak selama setradisional itu dan mungkin bumbu basa genep yang “beneran” susah untuk disesuaikan. Ayam yang lembut dengan potongan besar dengan nasi porsi besar.

Saya juga mencicipi sambal matah di tumpeng mini rasa Bali ini, rasanya gutih, pedas dan sedap namun ada teri medan goreng yang ditambahkan di sana. Bahan-bahannya di rajang dan masing-masing rasa muncul namun kemudian saat di campur dan di kunyah dalam mulut menghadirkan rasa yang luar biasa. Rasa cabe dan bawang berpadu dengan bumbu aromatik daun jeruk purut, serai dan kecombrang dan aroma minyak kelapa yang di siram panas panas. Rasanya bikin kepengen nambah terus.

Tumpeng mini ala Urban Garden Pontianak
Tumpeng mini ala Urban Garden Pontianak
Tempat makan ini memiliki parkir yang lumayan luas dengan 2 lokasi makan yang berbeda. Berkonsep tematik dengan menu fine dining yang beragam. Enak untuk di coba dan menarik untuk di foto. Spot-spotnya banyak yang bisa di eksplorasi. Nilai 7,5 dari 10 untuk makanan yang saya coba. Selamat menikmati, selamat makan dan Salam Yumcez teman jalan jajan!


Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.