Tukang Jalan Jajan

Kelana Rasa Makan Besar di Pondok Ale Ale


Kelana Rasa makan besar di Pondok Ale Ale. Yup saya sedang bersama dengan teman-teman dari Kelana Rasa yang sedang berkunjung ke Pontianak. Mengajak untuk menikmati menu spesial ala Kalimantan Barat. Pondok Ale Ale di Jalan Putri Candramidi (Podomoro) no 10 pontianak atau bisa juga datang ke Pondok Ale Ale di A Yani Mega Mall Pontianak, no telpon (0561) 740 789. Tempat ini merupakan salah satu pilihan cocok untuk menemukan banyak pilihan menu tradisional. Sempat beberapa kali ke Pondok Ale Ale membuat saya berani merekomendasikannya ke teman-teman tukang makan yang berpengalaman, tentu masalah rasa jadi prioritas.
 
Set Menu Pondok Ale Ale
Set Menu Pondok Ale Ale
Sambil membolak balik menu Mas Arie Parikesit, Pak Fajar dan Bu Diah serta tukang jalan jajan berdiskusi mengenai pilihan menu di Pondok Ale Ale Podomoro. Sepakat untuk memilih menu khas Melayu, Dayak dan Tionghoa., mewakili tiga suku besar yang mendiami provinsi Kalimantan Barat. Dari citarasa melayu diwakili oleh Ikan Angsam Asam Pedas Pontianak dan Ketapang, Pakis masak lemak, sambal teri ulek, paceri nanas dan ubi Kayong. Dayak diwakili oleh tumis umbut kelapa sedangkan dari Tionghoa ada tahu sutra masak Tausi, Hekeng udang dan hekeng keladi.

Ikan Asam Pedas Ketapang
Ikan Asam Pedas Ketapang
Ikan Asam Pedas Pontianak
Duduk di bagian luar dekat dengan pintu masuk, menikmati hembusan angin sepoi sepoi sungguh bisa memberikan kebahagiaan sembari menunggu makanan datang. Perlahan namun pasti, satu persatu makanan datang. Ikan Asam Pedas Pontianak dan Ketapang sudah terhidang di meja dengan aroma yang menggoda. Langsung saja mangkuk kecil di isi dengan potongan ikan dan terung asam, nanas dan timun kemudian di siram kuah. Kedua jenis makanan ini sama sama di coba. Dari warnanya sudah terlihat berbeda, tentu juga dengan rasanya. Ternyata kami berempat sepakat bahwa ikan asam pedas Ketapang dengan kuah yang kuning lebih diminati dengan citarasanya yang lebih berempah dan justru lebih pedas dari asam pedas Pontianak yang cenderung asam dan pedas.

Sambal Teri Uleg Pondok Ale Ale
Sambal Teri Uleg Pondok Ale Ale
Lain lagi dengan menu pelengkap seperti Hekeng udang dan keladi yang gurih dan cocok sebagai menu pembuka rasa apalagi jika di cocol ke saus cabe atau tomat. Mirip seperti gorengan yang menambah sensasi kriuk kriuk saat di kunyah. Dengan nasi putih juga nyaman, tinggal di tambah dengan sambel teri uleg yang di buat dari teri medan yang di uleg dengan cabe dan dikucuri jeruk kecil. Jika masih kurang pedas masih ada paceri nanas yang merah, pedas dan gurih. Nasi panas dengan taburan bawang goreng sudah cukup kan?

Paceri Nanas Pondok Ale Ale
Paceri Nanas Pondok Ale Ale
Tahu sutra masak Tausi Pondok Ale Ale
Tahu sutra masak Tausi Pondok Ale Ale
Menu lain yang tidak boleh di tinggalkan adalah tahu sutra masak tausi. Tahu sutra di goreng terlebih dahulu lalu  di tambah dengan lapisan bumbu yang di goreng kering dengan tambahan daun bawang setelah itu di siram dengan saus gurih yang sudah di beri tausi, fermentasi kedelai hitam yang terasa asin. Namun jika dipadukan dengan dengan tahu sutra maka kombinasinya jadi rasa yang menggugah selera. Ini salah satu makanan yang juga jadi pilihan kami.

Pakis Masak Lemak Pondok Ale ale
Pakis Masak Lemak Pondok Ale ale
Tumis Umbut Pondok Ale Ale
Tumis Umbut Pondok Ale Ale
Lain lagi dengan sayur maayur yang di pilih ada pakis yang kali ini di masak lemak. Di masak dengan menggunakan kuah gulai dengan santan dan aroma rempah serta kuning kunyit yang dominan membuat rasanya juga menyenangkan. Makanan ini jadi favorit untuk dicampur dengan nasi, kuahnya juga menambah citarasa nasi putih. Gurih, manis dan berempah Indonesia. Seruput kuahnya dan rasakan kenikmatannya. Ini juga salah satu pilihan tim Kelana Rasa kali ini. Umbut kelapa tumis dengan belacan juga sedap menggoda. Umbut yang di tumis namun masih bertekstrur renyah dengan rasa gurih terasi, sangat cocok dinikmati di siang hari yang panas. Sepiring nasi rasanya ngga bakalan cukup!

Set Menu Pondok Ale Ale
Set Menu Pondok Ale Ale
Makan siang bahagia di Pondok Ale Ale kali ini di tutup dengan ubi kayong yang memadukan citarasa gurih dan asing dengan susu kental manis yang creamy dan manis. Rasanya jadi bercampur cengan sempurna dan menyenangkan. Ini juga jadi favorit, mungkin terasa aneh di saat di lihat namun sungguh berbeda saat sudah dicicipi. Penutup yang tepat dan segelas minuman lidah buaya menutup icip-icip kelana rasa di Pontianak. Perut kenyang dan matapun berbinar.

43 komentar:

  1. Kelihatan enak2. :'D Aku mau dong

    BalasHapus
  2. Tempatnya juga kelihatan nyaman. :)

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah sekarang statusnya sudah Halal ya Bro, jadi merasa lebih tenang mau makan atau bawa tamu kesini. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua jaringan Ale Ale sudah mengantongi sertifikat Halal MUI yang diakui di Indonesia dan dunia. jadi amaaaaaaaannnnnnnn

      Hapus
    2. Iyaaaaaahhhhhhh Kaaaaaakkkkkkk...

      Hapus
  4. tahu sutra dan ikan asam pedas ketapang bikin ngeces niiiih... hekeng udang yg di foto yg mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu lho bu. Yang dipotong serong serong lalu goreng kering di gambar paling bawah

      Hapus
  5. Beneran makan besar... Kalau sama mas arie emang nggak ada kata kenyang.. ��

    Btw.. Umbut kelapa itu maksudnya serabut yang ada dibatok kelapanya itu ya, Mas? Wah.. Gimana rasanya ituuu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan mbak. Titik tumbuh mbak. Bagian ujung dari kelapa. Jadi pohonnya mesti di tebang

      Hapus
  6. Siang siang mau deket jam makan siang sambil liat-liat makanan dari Pondok Ale-Ale

    Kaya ada hasrat yang terpendam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga makan siangnya bahagia dan selalu penuh cinta hehehe

      Hapus
  7. Duh! Pontianak surga banget ya sama makanan, harus ke sana nih pan kapan.

    BalasHapus
  8. Tahu sutranya bikin ngiler.. Kirimin aku kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending kakaknya aja yang kesini hehehe lebih mudah ngirimnya :)

      Hapus
  9. Asli, gambar-gambarnya bikin aku menelan ludah saja...
    ueenaaak banget sepertinya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. *lemparin tissue* please oak... jangan ngencessss

      Hapus
  10. Mauu dong, nyobain masakan Pontianak! Pengen nyobain sayurnya juga. :)

    BalasHapus
  11. Duh, makanannya menggugah selera sekali. Kalo ke Pontianak kayaknya harus ke sini nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajib ke sini, banyak makanan tradisional yang enak buat di icip icip lhoooo

      Hapus
  12. enakkkk... sukanya makan kayak gini, bareng-bareng.lebih nikmat

    BalasHapus
  13. Doon.. ngiler sangat sama Paceri Nanasnya.. itu buatnya giman ya? kasih resepnya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus klo udah bisa masak aku di kasi ngga nih buat icip2?

      Hapus
  14. Ngiler....
    Aku blom pernah makan menu itu semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu Tandanya kakao harus segera menjejakkankaki ke Pontianak hehehe

      Hapus
  15. Sambal teriii.. <3 Tar bikin sambal teri ahh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku minta ya kak..... jangan lupa foto lalu share di IG dan twitter

      Hapus
  16. Perut harus besar kalau ke sini biar mau makan apa aja muat. Dari foto-foto semua makanannya menggiurkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. perutnya harus bisa dilebarkan, kantung makanannya a.k.a lambung harus elastis hehehe

      Hapus
  17. Ya ampun, makanannya menggiurkan semua, kayanya bumbu2nya itu gak pelitnya, bikin semangat makan.. apalagi liat nanas disiram gitu, slruup kaya asinan #ngeces

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe asinannanas, seger klo dinikmati siang hari. biar makin sedep mantap dan bahagia... selamat makannn

      Hapus
  18. Makanan khas Indonesia itu memang gak ada duanya.
    Bumbunya, pedesnyaaa....huumm~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia tanah air beta yang menyenangkan dan membahagiakan, selamat makaaaannn

      Hapus
  19. Waw memang betul makanan besar, bukan hanya besar tapi bisa membuat ngiler hehe *jadi leper 😆😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya orang orangnya besar. Jadi makannya juga harus besar

      Hapus
  20. Balasan
    1. Ini ngga buat ditayangin kok kak Ben. Buat konsumsi pribadi hehehe

      Hapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.