Tukang Jalan Jajan

Warkop Kekinian di Kim's Kopi Tiam

Kopi Tiam, sering di dengar dan mulai banyak di Pontianak. Ada yang masih berkonsep tradisional namun ada juga yang sudah jadi sangat modern. Saya mengunjungi beberapa Kopi Tiam di Malaysia dan Singapura lalu bagaimana dengan Indonesia khususnya Pontianak? Mencoba mampir ke Kim’s kopi Tiam di Jalan Gajah Mada no 185. Mengusung konsep modern dengan tagline “Good Coffee is a pleasure, good friend are a treasure”. Mencoba menghadirkan makanan dan minuman sehat dengan bahan-bahan segar dengan rasa masakan ala rumahan.

Menu yang saya pesan di Kim's Kopi Tiam
Menu yang saya pesan di Kim's Kopi Tiam
Jangan percaya kalau tidak mencoba. Sekarang saya mau sedikit bercerita mengenai kopi tiam. Di negara tetangga seperti Malaysia dan SIngapura bertumbuh dengan baik . kopi tiam tradisional tersebar di beberapa kantong masyarakat etnis tionghoa termasuk di Indonesia. Kopitiam merupakan paduan kata Bahasa Melayu dan Bahasa Cina dialek Amoy atau dialek Hokkian, “kopi” dan “tiam”. "Tiam" adalah lafal dialek Hokkian yang berarti ‘toko’, dalam Bahasa Mandarin adalah  (pinyin: dian). 

Pilihan isian sup di  Kim's Kopi Tiam
Pilihan isian sup di  Kim's Kopi Tiam
Waralaba kopitiam juga jadi fenomena dan pernah saya tuliskan di Indonesia termasuk di Pontianak. Saya juga pernah menuliskannya. Beberapa kota seperti Pontianak dan Singkawang memang sudah ada dan berkembang sejak jaman penjajahan Belanda dengan nama warung kopi. Sebagai warisan budaya Tiongkok yang berkembang pesat di Asia Tenggara tentu menjadi bisnis yang menggiurkan. Dulu, jika dimiliki orang Tionghoa maka digunakan nama Kopi tiam sedangkan jika dimiliki suku lain maka akan di sebut warung kopi. 

Pilihan isian sup di  Kim's Kopi Tiam
Pilihan isian sup di  Kim's Kopi Tiam
Modern dan tradisional memiliki ciri khas masing-masing apalagi jika diadopsi dari luar Indonesia termasuk Kim’s Kopi Tiam yang menyajikan banyak makanan bergaya modern baik lokal, nasional maupun dari luar. Saya memesan sup yang isisannya bisa di pilih sendiri, kuah kaldu bening dengan soun, rumput laut, tahu isi ikan, dan jamur. Masing-masing isian ada harganya. Saya juga memesan paket nasi timbel 26K, kolak keladi 10K dan es lemon tea 12K.

Nasi Timbel di  Kim's Kopi Tiam
Nasi Timbel di  Kim's Kopi Tiam
Sup di sini lumayan santai. Konsep clean sup dengan tambahan sesuai keinginan kita cukup mampu membuka selera. Kaldunya tinggal di pilih, kaldu ayam atau tom yam, saya sendiri memilih kaldu ayam yang ringan dengan isian yang tidak terlalu memiliki rasa khusus, sehingga saya dapat merasakan kaldunya. Memang bukan yang terbaik namun sudah cukup membuka selera makan.

Nasi Timbel di  Kim's Kopi Tiam
Nasi Timbel di  Kim's Kopi Tiam
Nasi timbel di sini, tidak mirip dengan nasi timbel sunda atau solo. Ini khusus gaya sendiri. Nasi putih di bungkus daun pisang, disajikan dengan ayam goreng, lalapan daun ubi, ikan asin, dan sambal cabe ijo. Tidak ada yang salah dengan kesemua rasanya hanya mungkin penamaannya saja yang perlu sedikit di koreksi. Daun ubi yang lembut dan sudah beraroma bawang putih dicocoli dengan sambal cabe ijo berminyak lalu dinikmati dengan ikan asin. Sedapkan? Ayam goreng berbumbu Indonesia ini terasa jadi kalah bersaing. 

Kolak di  Kim's Kopi Tiam
Kolak di  Kim's Kopi Tiam
Selesai makan, saya menyeruput makanan penutup berupa kolak ubi jalar yang gurih dan legit. Santan yang berpadu dengan umbi talas. Menurut saya, santan dan karbohidrat adalah kombinasi kompak yang sulit di tolak. Memang sedikit manis di lidah tukang jalan jajan namun saya yakin, untuk selera orang Pontianak kebanyakan pasti ini sudag masuk kategori cukup manis. Saya seruput hingga tandas keladi empuk bercampur ubi jalar ini. 

Lokasi di  Kim's Kopi Tiam
Lokasi di  Kim's Kopi Tiam
Tempat yang lumayan luas dengan konsep café dengan meja panjang dan kursi empuk untuk bersantai cukup membuat nyaman orang yang datang untuk sekedar bersantai atau menikmati makan besar. Perokok juga disediakan tempat di luar. Tapi untuk kondisi jalan Gajah Mada yang ramai, saya tidak terlalu yakin orang bisa betah duduk di luar.

Lokasi di  Kim's Kopi Tiam
Lokasi di  Kim's Kopi Tiam
Tempat parkir kendaraannya memang tidak terlalu besar sehingga cukup merepotkan untuk kendaraan roda empat. Jika ingin menikmati suasana ngopi berbeda, mungkin konsep kopi tiam. Nilai 7,5 dari 10. Selamat makan dan Salam Yumcez!

20 komentar:

  1. Balasan
    1. Sini mbak, kolaknya masih banyak. abisin semangkuk juga oke kok

      Hapus
  2. Nasi ayam sama sambalnya duh, sukses bikin laper

    BalasHapus
  3. Mupeng sama nasi timbelnya. :D

    BalasHapus
  4. Kayanya tempat ini cocok banget buat berwisata kuliner

    BalasHapus
  5. Menunya termasuk lengkap, ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan lengkap buat di icip icip dari ringan sampai berat

      Hapus
  6. huh .... nasi timbelnya tu pengen ngerasain ....

    BalasHapus
  7. tempatnya kekinian banget ya tapi disana juga menyediakan nasi timbel, keren..

    BalasHapus
  8. luar biasa bisa jadi tempat enak nih,,, makasih reperesninya

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.