Ayam Pak Usu, Ayamnya Pontianak

Ayam Goreng Pak Usu, Ayamnya Pontianak berada di Jalan H.O.S Cokroaminoto a.k.a Jalan Merdeka, Pontianak, Kalimantan Barat dengan nomor telepon 0561-576115. Parkirnya luas dan bisa menampung banyak kendaraan roda empat dan roda dua. Ruangan ber AC juga ada 2 titik, ada tempat duduk berupa sofa dan meja makan serta lesehan. Ada perpustakaan mini dan banyak ornamen yang menarik untuk di jadikan background selfie.

Saya sudah ada rencana makan ayam hari ini. Ayam goreng atau ayam panggang, pokoknya ingin makan ayamnya Pontianak. Saya mengintip beberapa tempat makan ayam di Pontianak yang seru untuk dikunjungi siang ini. Intinya saya harus menemukan menu yang membuat saya bahagia dan bisa makan lagi dengan happy. Akhirnya diputuskan untuk mencoba Ayam Pak Usu, Ayamnya Pontianak yang sudah lama tidak tukang jalan jajan kunjungi. Pilihannya lokasinya banyak karena cabangnya lumayan banyak. Sepertinya Ayam Pak Usu di Jalan Merdeka. (HOS Cokroaminoto) di depan Universitas Widya Dharma.
Menu makanan di Pak Usu , Ayamnya Pontianak Merdeka.
Menu makanan di Pak Usu Merdeka.
Tempatnya luas dan penuh dengan ornamen. Ada 3 stall, termasuk bubur ikan, sushi dan es krim, lain kali saya akan mencoba ice creamnya. Dari awal sudah ingin nyobain ayam Pak Usu, ayamnya Pontianak. Akhirnya kemaruklah saya untuk mencoba ayam Pontianak dan Ayam Pak Usu 23K. Sebagai teman makan saya mencoba sup Ikan Napoleon 27K yang sepertinya sedap untuk di coba. Tidak lupa 3 sambal menemani saya, balado, terasi dan lamongan. Sebagai penghilang dahaga, ada es lidah buaya 14K. Duduk manis sembari membaca buku di perpustakaan mini, menunggu makanan tiba. Tempat ini juga cocok untuk bersantai selain makan.

Sup Ikan Pak Usu Pontianak
Sup Ikan Pak Usu Pontianak
Minuman lidah buaya dengan selasih dengan sirup frambozen yang manis dan harum. Potongan lidah buaya kecil kecil bisa langsung masuk kedalam sedotan dan  pastinya pas untuk yang sedang panas dalam. Sup ikan datang menyusul, kuah panasnya mengepul dengan dahsyatnya, aroma sedap dan harum bawang putih menyeruak rongga hidung. Kaldu ikannya terlihat bening dengan taburan bawang putih goreng. Begitu diseruput, kuah kaldu ikan ini terasa ringan dengan cecap sedikit kaldu ayam. Ada potongan ikan napoleon yang bertekstur padat dan kenyal. Ikan ini segar karena tidak beraroma amis sama sekali. Ayam kecap juga ditambahkan kedalam sup ikan ini sehingga menambah rasa manis yang tipis. Ada rasa kecap ikan yang juga menambah rasa. Apalagi sayuran hijau, lettuce yang kressssssss....
Sup Ikan Pak Usu Pontianak
Sup Ikan Pak Usu Pontianak
Sambal balado, sambal terasi, sambal lamongan ala Pak Usu Pontianak
Sambal balado, sambal terasi, sambal lamongan ala Pak Usu Pontianak
Dibuka dengan makanan yang berkuah dengan bumbu sederhana membuat saya siap untuk makan yang lebih berat. Ayam Pak Usu, ayamnya Pontianak sudah mulai dihidangkan di atas meja, aroma bakaran mulai tercium. Ayam gorengnya juga sudah di depan mata. Ditambah kuah gulai yang kental dan taburan kremes serta pelengkap nasi putih juga diletakkan di atas meja. 3 jenis sambal yang berminyak dan menggoda untuk di cocol juga ada. Sambal terasi, sambal lamongan dan sambal balado.

Ayam Pak Usu Pontianak
Ayam Pak Usu Pontianak
Saya mencoba ayam panggang berlumur bumbu manis gurih dan kecap yang mengkilap. Lettuce yang menjadi hiasan segera saya sobek lalu ayamnya Pak Usu juga saya sobek dan disimpan kedalam lettuce yang kemudian di gulung dan dicelupkan kedalam sambal cabe. Ayam bakar ini rasanya gurih berbumbu, ada jejak ketumbar dan kemiri serta bumbu lain yang kaya rasa hingga ke dalam serat ayam. Sambal yang paling cocok menurut saya adalah sambal balado yang pedas namun tidak merusak rasa ayam. Sambal merah yang tidak terlalu banyak bahan berasa tajam.

Ayam Pontianak dari Pak Usu
Ayam Pontianak dari Pak Usu
Lain lagi dengan Ayam Pontianak Pak Usu yang di goreng dengan tepung yang melapisi ayam. Dari rasanya, saya yakin ayam ini sudah diungkep dengan bumbu terlebih dahulu, harumnya kunyit, bawang putih, lembaran daun salam dan serai langsung tercium begitu ayamnya di sobek. Kremesan dengan jejak santan melapisi ayam serta ditaburkan di ayam. Sensasi garing tentu menambah rasa ingin makan. Belum lagi kuah gulai mlekoh berbumbu dengan santan kental yang berbumbu merah. Siap disiramkan ke atas nasi. Slurupsssss. Bumbu gulainya? Amboiiiii! tambo cieeek! Eh.... Mao agek laaah Ayam Pak Usu, Ayamnya Pontianak!

Ayam Pak Usu Pontianak
Ayam Pak Usu Pontianak
Ayam ini lebih cocok di cocol dengan sambal terasi yang pedas dengan aroma khas menggoda juga cocok dengan sambal lamongan yang juga menggoda selera. Memang tidak terlalu pedas yang mennyengat tetapi rasanya cukup membuat pangkal lidah tergoda untuk minum. Tidak ada perbedaan yang terlalu jauh antara lamongan dan sambal terasi tapi kembali ke selera saja. Suka yang mana? Kalau saya? Lamongan dong! Bawang merah, bawang putih, tomat dan cabe di goreng dalam minyak panas dan kemudian di ulek kasar! Sedap banget buat aktifitas cocol mencocol ayam goreng.

Jangan lupa selesaikan semuanya dengan segelas lidah buaya dan selasih serta sirup frambozen yang menggoda. Pedas lenyap, haus hilang. Ayam Goreng Pak Usu, Ayamnya Pontianak berada di Jalan H.O.S Cokroaminoto a.k.a Jalan Merdeka, Pontianak, Kalimantan Barat dengan nomor telepon 0561-576115. Parkirnya luas dan bisa menampung banyak kendaraan roda empat dan roda dua. Ruangan ber AC juga ada 2 titik, ada tempat duduk berupa sofa dan meja makan serta lesehan. Ada perpustakaan mini dan banyak ornamen yang menarik untuk di jadikan background selfie. 8,5 dari 10 untuk menu ayam dan sup ikan di Ayam Pak Usu, Ayamnya Pontianak. Selamat makan dan salam Yumcez!
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.