Tukang Jalan Jajan

Suasana Baru Pondok Balado Pontianak


Lama sudah tak bertemu dengan makanan melayu ala Pondok Balado. Sempat menghilang beberapa saat namun akhirnya kembali lagi. Rasa kangen yang sudah menumpuk rasanya ingin segera dilepaskan. Sempat was-was kalau tempat ini tidak muncul lagi. Siapa yang bisa lupa dengan rasa sambal pete / petai udangnya yang pedas meranggas sehingga lupa sudah makan sebakul nasi hangat. Mari meluncur ke jalan Dr Sutomo no 45, Pontianak, tepat di depan pijat refleksi untuk melesakkan rasa kangen.
Menu komplit pesanan saya di Pondok Balado, Pontianak
Menu komplit pesanan saya di Pondok Balado, Pontianak
Siang yang panas dan semangat membara hanya untuk makan sambal pete udang sembari ngobrol dengan genk penggemar panganan yang satu ini. Entah kenapa, walapun bau tapi rasanya enak dan malahan bisa membuat nagih. Bumbu tepat, komponen cocok, hasilnya sudah pasti sedap!

Jangan remehkan petai karena sebenarnya bagus bagi wanita, bisa mengurangi perih saat PMS (Pre Menstruasi Syndrome) karena petai mengandung Vitamin B6 akan membantu mengontrol kadar gula darah dan membuat suasana hati lebih nyaman. Bagi pria tentu ini sangat baik untuk memperbaiki mood. Bahkan ada yang mengatakan konsumsi petai juga mampu menurunkan tekanan darah dan juga memperbaiki kinerja otak. Terlepas dari efek positifnya ada pula efek negatifnya! Yaitu Bau. Tapi tukang jalan jajan tidak perduli

Menu komplit pesanan saya di Pondok Balado, Pontianak
Menu komplit pesanan saya di Pondok Balado, Pontianak
Di Pondok Balado, menu yang pasti di pesan adalah sambal udang pete (30K), sambal terong (10K), sup sayuran (15K), asam pedas ikan kakap (tergantung bagian dan jenis ikan), dan sambal teri ulek (10K) dengan tingkat pedesan yang sopan. Makan di Pondok balado sudah pasti pedas mendominasi. Jangan lupa untuk memesan es teh lebih dari segelas agar aman kalau kepedesan.

Sebenarnya masalah rasa tidak perlu diragukan, belum berubah selama makan dari awal. Sambal pete udang dengan biji pete pilihan yang besar-besar dan udang yang segar memang DIE DIE MUST TRY. Jangan di tanya lagi sambal teri uleknya yang jadi primadona saya di Pondok Balado, rasanya memang JAHANAM. Mau level pedas normal, menampar hingga tendangan maut. Siapkan saja lidah dan mental agar bisa merasakan nikmatnya.

Sambal petai udang di Pondok Balado, Pontianak
Sambal petai udang di Pondok Balado, Pontianak
Asam pedas di tempat ini sangat otentik Melayu Pantura, dengan kuah yang mlekoh, merah membara dan kental. Tidak lupa terong asam jadi pendamping wajib di tempat ini. Asam pedas di sini memang asam dan pedas. Tapi jangan lupa dengan sup sayuran dengan tahu sutra yang mampu menetralisir rasa. Damai di lidah dan damai juga di perut. Sederhana namun jadi pendamping dan penetralisir semua makanan pedas di sini. Pendamping saya juga terong goreng yang di beri topping sambal tumis yang juga menggigit. Sensasi pedas di Pondok Balaso memang sesuai dengan namanya. Pedas menggelora penuh makna. Sudah ada beberapa tulisan tentang Pondok Balado di blog tukang jalan jajan.

Menu di Pondok Balado, Pontianak
Menu di Pondok Balado, Pontianak
Yang jelas tempat yang baru ini lebih nyaman, tempat duduknya lebih banyak dan luas. Kita bebas memilih lokasi yang diinginkan. Di depan, di dalam, di luar atau di bagian belakang. Mau duduk dengan meja kursi atau duduk lesehan dengan keluarga. Begitu pula dengan lokasi parkirnya yang luas dan lega. Bisa menampung banyak kendaraan yang mampir.

Pondok Balado, Pontianak
Pondok Balado, Pontianak
Walaupun konsepnya tidak open kitchen lagi tapi kualitas makanan yang disediakan di sini masih sama seperti yang dulu. Tetap ngangenin dan selalu membuat saya kembali untuk mencicipi pedas yang bisa nampar bolak balik. Selamat makan dan salam Yumces!







14 komentar:

  1. Busyeettt..ini nih yang bikin perut saya langsung lapar Bang..hahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan di tahan laparnya. Segera selesaikan dengan makan sambel pete :)

      Hapus
  2. Soup sama sambal petenya mantaaap banget nih, jadi ngileeeeeeeeerrrrr!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mampir ke Pontianak. Kita icip icip di Pondok Balado. Sedep mantep hehehe

      Hapus
  3. Wah, siap2 perut menggeletar ya mas klo maem di sini. Endang gurindang semua euuyy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini mbak. dihabiskan semua makanannya. biar semangat terus hehehe

      Hapus
  4. Wahh sedap nampaknya nih. Mau lah kapan kapan kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung menuju TKP kak. Disana banyak yang wueendanggg bambanggg

      Hapus
  5. walah petaii :'(, kembarannya jengkol.. saya lebih suka jengkol sih daripada petai hehe, tapi jengkolnya dibikin sayur sambal gitu enakkk nyam nyamm hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku suka dua dua nyaaaa sama sama sedep mantep dan bikin bahagia hehehe

      Hapus
  6. Oh em ji..makanannya...sabarrr :D cuma bisa tabah aja mas..disini nggak adaaa :(

    BalasHapus
  7. info yang penting sekali nih, khususnya utk update tempat wisata yang keren2 ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah mampir, Semoga saya dapet kesempatan menginap dn memberikan review di sana :)

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.