Melanglang di Penang, Asia Rasa Eropa

Melanglang di Penang, Asia Rasa Eropa. Penang. Kota yang menyimpan banyak cerita tentang Inggris dan George Town dinobatkan sebagai kota warisan dunia oleh UNESCO di tahun 2008. Terletak di sebuah pulau dengan nama Pulau Pinang dengan ibu kotanya bernama George Town. Banyak bangunan dan landmark peninggalan Inggris.

Sekarang mari menuju barat laut Semenanjung Malaysia. Dari Kuala Lumpur saya melangkah ke Penang. Kota yang menyimpan banyak cerita tentang Inggris dan George Town dinobatkan sebagai kota warisan dunia oleh UNESCO di tahun 2008. Terletak di sebuah pulau dengan nama Pulau Pinang dengan ibu kotanya bernama George Town. Banyak bangunan dan landmark peninggalan Inggris.

sore di Penang, Asia Rasa Eropa
Sore di Jetty
Dikelilingi Pantai dan tentu saja menurut saya Kulinernya lah yang menjadi juara dunia. Melalui jalur darat bisa memakan waktu 5 Jam menggunakan Bus atau kurang lebih 1 jam menggunakan pesawat terbang. Goerge Town bisa dicapai kurang lebih 45 menit jika tidak macet dari Bayan Lepas Airport. 


Mural di Penang, Asia Rasa Eropa
Mural di Penang, Asia Rasa Eropa
Saran saya untuk mengambil semua peta dan petunjuk yang anda butuhkan di bandara karena semua diberikan secara gratis dan selalu meluangkan waktu 1-2 jam sebelum keberangkatan pesawat saat menuju bandara karena Penang adalah kota yang selalu macet terutama di jam berangkat, istirahat dan pulang kantor. Sementara untuk Jumat, sabtu, minggu macet akan sangat parah karena kebiasaan masyarakatnya untuk makan diluar.

Mural di Penang, Asia Rasa Eropa
Mural di Penang, Asia Rasa Eropa
Untuk menikmati Penang dengan mudah lebih baik membeli tiket Hop on Hop off. Tiket bisa dibeli saat naik kedalam dan berlaku selama 24 jam. Kita bisa naik dimana saja dengan melihat logo di halte bus. Bus model double dekker ini terbuka di bagian depan dan mengelilingi semua lokasi wisata beserta dengan pramu wisata yang memberikan berbagai informasi melalui pengeras suara. Kita juga bisa mengambil peta gratis di dalam bus. Ada dua rute yang dilewati bus ini. Jika ingin berganti jalur berhenti saja di Gurne Plasa atau Chowrasta. Masih ada bus kota bernama Rapid Penang atau naik Bus gratis di pusat George Town bertuliskan CAT.

Mural di Penang, Asia Rasa Eropa
Keadaan jalan di Penang
Jika merasa bingung dengan Penang, jadikanlah KOMTAR (Komplek Tun Abdul Razak) sebagai acuan, pusat perbelanjaan sekaligus stasiun bus tujuan kemana saja di Penang ini bersebelahan dengan banyak hotel dan mall besar. George Town tidak terlalu besar, kita bisa saja berjalan kaki atau menaiki bus gratis bertuliskan CAT. Mari mulai mengunjungi taman Esplanade yang sangat luas, banyak gedung pemerintahan peninggalan Inggris disekitarnya, misalnya St George’s Church, City Hall dan Gedung Pejabat Perlesenan. 


Mural di Penang, Asia Rasa Eropa
Pagi di klan Jetty
Di sebelah timur Esplanade ada Taman Kota Lama dan di sebelah timurnya Taman Kota Lama terdapat Fort Cornwallis (Kota Cornwallis). Kota ini dikelilingi oleh benteng dan bentuknya seperti bintang dengan 4 sudut. Kota ini dibangun pada tahun 1786 oleh Francis Light dan pasukannya dalam rangka untuk mengambil alih Pulau Pinang. Jika lapar atau haus terdapat banyak Foodtruck dan tenda yang menyediakan banyak sekali jajanan enak. Banyak pula foodcourt disekitar tempat ini. Disisi utara terdapat pantai yang menyediakan bangku untuk bersantai sembari melihat lautan luas.

Mural di Penang, Asia Rasa Eropa
Mural di Penang, Asia Rasa Eropa
Lanjutkankan berjalan memasuki beberapa jalan yang dipenuhi dengan ruko (rumah toko) bergaya Tiongkok Selatan seperti lebuh (jalan) Chulia yang menyediakan banyak sekali hostel dan penyewaan sepeda untuk berkeliling. Rasanya sayang sekali jika melewatkan berfoto bersama berbagai macam street art disini. Barang asli dan gambar ditembok digabungkan menjadi seni 3D yang bermacam ragam. Jika bingung untuk mencari street art di beberapa jalan sempit disini cari saja peta street art gratis yang disimpan diberbagai sudut kota ini. Kelilingi saja lokasi ini dan temukan banyak rahasia tersembunyi, ada banyak benda seni unik, pertunjukan jalanan, cafe bergaya kolonial, warung kopi bergaya tiongkok dan tentu saja foodcourt disetiap sudut

Mural di Penang, Asia Rasa Eropa
Mural di Penang, Asia Rasa Eropa
Jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan lezat disini seperti Ais Batu Campur yang mirip dengan es campur dengan taburan kacang goreng, Ais tingkap yang terdiri dari sirup coco pandan dengan isian kelapa dan selasih, Rujak Pasembur yang berisi gorengan dan disiram dengan saus gula merah dan kacang, Chendul yang disebut cendol dalam bahasa Indonesia dan pancake berbagai macam taburan yang mirip martabak manis versi mini. Jangan sampai melewatkan char kway teow yang mirip dengan kwetiaw goreng Pontianak dan Popiah yang sekilas terasa sama dengan lumpia basah Bogor. Bermacam ragam makanan yang merupakan perpaduan dari makanan Melayu, Tiongkok dan India serta pernanakan tersedia hampir 24 jam disetiap sudut kota. Penang sendiri pernah dinobatkan sebagai kota surga makanan jalanan versi Lonely Planet. Saat di Penang saya selalu berusaha mengosongkan perut karena terlalu banyak makanan enak yang sayang untuk dilewatkan.

Mural di Penang, Asia Rasa Eropa
Mural di Penang, Asia Rasa Eropa
Ingin mencoba bermain ke pantai? Coba saja ikut saya menuju ke Batu Feringgi, disini banyak pantai yang menyediakan berbagai macam petualangan dan permaianan air. Tinggal pilih, mau yang kelas atas atau murah meriah. Jika ingin menikmati hutan di punggung bukit lengkap dengan cafe dan pertunjukan musik, cobalah masuk kedalam Tropical Spicy Garden yang unik segar dan hijau. Selain hiking dan trekking, kita juga bisa bermain flying fox atau duduk santai menikmati matahari terbit yang muncul dari balik laut. Dari sini jika ingin mengeksplorasi lokasi alam juga bisa menghabiskan waktu di Balik Pulau yang terdapat dam air raksasa untuk memenuhi kebutuhan air dan pembangkit listrik di Penang.

Mural di Penang, Asia Rasa Eropa
Mural di Penang, Asia Rasa Eropa
Mengunjungi Kuala Lumpur dan Penang membuat kita harus ekstra mempersiapkan kamera, batere cadangan dan memory tambahan berkapasitas besar untuk mengabadikan setiap momen. Saya masih mengajak anda untuk melihat bagian lain dari Malaysia. Setelah dari Semenanjung mari mengikuti perjalanan saya menuju negara bagian lain yaitu Sarawak. Mari ikuti perjalanan saya menuju dataran tinggi Bario untuk menjauh sementara dari hirup pikuk kota dan kembali menyatu dengan alam.









Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.