Adv

Rahasia Kelezatan Seafood Pontianak Ada di RM Podomoro


Pontianak punya banyak makanan enak. Saya tidak bisa lagi menyangkal ini. 8 tahun menetap di sini membuat saya mencintai makanan yang ada di Pontianak. Entah mengapa, menurut saya makanan Tionghoa paling enak di kota ini, ada 2 etnis yang sering saya icip makanannya, teow cheuw (tio ciu) dan kek. Jenis makanannya kebanyakan sama tapi tendangan akhirnya berbeda. Tidak hanya kuliner lokal seperti makanan dayak dan melayu. Makanan lain dari Jawa, Sumatera, Manado dan daerah lain di Indonesia. Kali ini saya mau mengajak menikmatan citarasa kuliner nusantara di Rumah Makan Podomoro di Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim (jalan Penjara) No 33 di deretan Apotik Graha Pontianak.

Kepiting saus Rumah Makan Podomoro
Kepiting saus Rumah Makan Podomoro
Rumah makan ini menyeiakan beragam kuliner. Pagi hari pukul 07.00 sudah ada mie ayam dan mulai pukul 10.00 sudah ada menu lengkap yang di masak saat di pesan oleh pelanggan. Chef Fajerin yang mengolah makanan di sini. Pengalamannya cukup banyak, mulai dari hotel dan restoran di Jakarta, Manado sampai Medan hingga beberapa daerah di Indonesia sampai akhirnya menepi di Rumah Makan Podomoro Pontianak. Hari ini saya memesan cukup banyak makanan. Mau tahu pesanan saya? Baca terus tulisan tukang jalan jajan hingga ke bagian bawah.

Ayam Bakar Makassar
Ayam Bakar Makassar
Ayam bakar Parape
Ayam bakar Parape
Dari sayuran, saya memesan kangkung hotplate seafood dengan tauco 35K, udang telur asin 45K, Ayam bakar Parape dan Ikan Bakar Parape, Ayam Bakar dan Ikan Bakar Makassar, Ikan Kerapu salad buah, Kepiting Asam Manis, Sup Ikan dan Cumi goreng krispi. Untuk harga detilnya terutama seafood di hitung per gram. Kepiting 25K/ons, Kerapu dan kakap 15K/ons dan Nila 10K/ons. Kabar gembiranya saat ini masih ada diskon 10% untuk pembelian jika ada informasi silakan saja telepon di 081348368384 untuk informasi lebih lanjut.

Ayam bakar Parape, juara di RM Podomoro
Ayam bakar Parape, juara di RM Podomoro
ikan kerapu yang di fillet lalu digoreng dengan tepung hingga krispi lalu di tambah dengan potongan melon kuning dan putih serta longan dan disiram dengan mayo. ikannya lembut lalu dibalut tepung krispi yang gurih. sederhana tapi rasanya juara. ini mesti di coba. Saya masukkan dalam kategori DIE DIE MUST TRY. 

Ikan Kerapu dengan salad buah
Ikan Kerapu dengan salad buah
Lain lagi dengan ikan kakap fillet yang di goreng dengan tepung krispi. daging ikannya segar, lembut dan masih manis. di siram dengan saus kental ala thai yang asem segar dan sedikit manis dan pedas dengan potongan cabe besar dan mangga muda. 
Ikan Saus Thai
Ikan Saus Thai
Segar banget dan pas untuk mengembalikan mood yang rusak seharian. Ada pula kangkung yang di tumis dengan saus tauco lalu di tambahkan seafood. porsinya besar dan disiram langsung di dalam hot pot di depan yang memesan. gurih tauconya terasa

Kangkung seafood hotplate dengan says tauco
Kangkung seafood hotplate dengan says tauco
Ini juga tendangannya luar biasa. udang macan yang lumayan besarnya. masih fresh karena ekor udang bisa saya kunyah. di masak dengan kematangan yang tepat lalu di balut sempurna dengan telur asin yang beradu dengan gurihnya butter. 2 kali tendangan gurih dan manis daging udang. DIE DIE MUST TRY. Saya juga suka sekali dengan kepiting saus Podomoro yang memadukan berbagai macam saus dengan kepiting pilihan yang segar. Dagingnya dengan mudahnya terlepas dari cangkang, gurih, manis dan asin saus mampu memberikan rasa lezat tapi tidak merusak rasa daging kepiting. belum lagi aroma daun bawangnya yang membuatnya semakin menggugah selera.

Udang telur asin
Udang telur asin
Lidah saya masih dimanjakan lagi dengan ikan bakar Parape yang enaknya kebangetan. Rasa asem jawa dan gula merah berpadu dengan sempurna dengan daging ikan yang gurih dah lembut. Bumbu ini juga diaplikasikan dengan ayam namun lebih cocok untuk ikan. Jika suka dengan pedas ayam dan ikan bakar makassar boleh jadi pilihan, rasa pedasnya bikin lidah menari, awalnya saya pikir ini sambal colo-colo sewaktu melihat tampilan luarnya.

Ikan bakar Makassar
Ikan bakar Makassar
Mulut saya juga masih belum berhenti mengunyah, masih ada cumi goreng krispi yang memanjakan lidah. Dicocolkan ke saus sambal racikan sendiri yang padu rasa asam, manis dan pedas. Membuat saya tidak berhenti untk memolesnya ke cumi lalu memasukkan kedalam mulut. Duh! Malam ini saya dimanjakan berbagai rasa sampai lupa untuk memesan nasi putih. Hanya segelas es teh yang saya pesan. Semua makanan di sini memberikan kepuasan lidah dan jiwa. Bahan makanan di sini juga segar dan di masak saat ada yang memesan.
Cumi krispi ala Rumah Makan Podomoro
Cumi krispi ala Rumah Makan Podomoro 
Sup Ikan merah
Sup Ikan merah
Tempatnya luas dengan banyak meja tersusun rapi. Bisa lesehan atau duduk di meja kursi. Saking besarnya bisa untuk 100 orang dan cocok untuk tempat arisan dan ulang tahun. Tempat parkir roda 4 agak susah karena berada di pinggir jalan namun aman bagi roda 2 dan bebas tukang parkir. Harganya ramah di kantong dan sedang ada diskon 10% untuk makanan. Saya memberikan nilai 8,5 dari 10. Tempat ini punya beragam pilihan makanan yang menyenangkan dengan rasa yang sedap

8 komentar:

  1. Mpppfftttt sial, pagi-pagi malah baca postingan kuliner, mana dompet lagi tipis T__T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiahahahaha ajakin temennya bareng bareng mas Alid. Biar bisa share

      Hapus
  2. aku sambil baca lalu liat foto makananannya kagum sama 1 hal: hiasan garnis berbentuk bunganya. Rajin ya juru masaknya bikin hiasan garnis seperti itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diriku sempet ngintip dia buat garnish. Dalam 5 menit bisa dapet 3 buah. Mantan chef hotel sih. Cepeeet tangannya kak aade.... aslik

      Hapus
  3. Ya Allah, Baannggg dosa banget bikin postingan kayak gini yang baca ibu hamil.. pengen semuaaa.. di Sampit belum nemu resto kayak gini, semuanya masih olahan standarm rasa punbias aja :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehehe harus di coba ini kak, enak soalnya dan pasti bikin happy. rugi kalau ngga coba lho :)

      Hapus
  4. kalau sup ikan merah? ikannya apa? Itu beneran abis sendiri semuanya? :)))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibantu ibu.... 5 orang lainnya hehehe . Ngga kuat kalau sendirian. Yang disajikan saya pilih ikan kakap merah untuk sup

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.