Jelajah Benteng Merah bergaya Persia Eropa

Ini cerita tidak saya ceritakan di atas, sebenarnya saya mencoba cara iseng untuk mendapatkan tiket murah masuk ke Red Fort. Caranya dengan cuek berbaris di deretan turis lokal.
Setelah melewati lorong kita akan langsung disambut dengan taman yang indah. Di ujung taman itu, sebuah bangunan yang merupakan pintu masuk sesungguhnya berdiri kokoh. Disini tiket akan diperiksa dan disobek. Bangunan tempat pemeriksaan tiket ini juga difungsikan sebagai museum di bagian atasnya. Kita bisa masuk ke museum melalui tangga sebelah kanan menuju ke lantai tiga. Museum kecil ini memajang kisah peperangan Shah Jahan. Termasuk berbagai macam senjata dan baju-baju perang yang digunakan kekaisaran Mughal di masa lampau. Terlihat juga beberapa alat komunikasi saat perang dan tanda-tanda kepangkatan militer kala itu. Tidak terlalu banyak barang yang ditampilkan ditempat ini, namun suasana ruangan yang sejuk dapat membuat saya merasa nyaman sejenak sebelum melanjutkan perjalanan kembali.
 
Melompat bahagia bahagia didepan gerbang Red Fort
Melompat bahagia
Diwani-I-Am sedang ramai dikunjungi
Diwani-I-Am
Sesampainya di luar bangunan ini, saya langsung disambut kembali taman hijau yang asri. Sementara di bagian ujung, terdapat sebuah bangunan yang terlihat seperti aula. Jika bagian benteng dan gerbang benteng terbuat dari bata merah yang berwarna menyala, maka aula ini terbuat dari batu marmer yang diukir manual dengan tangan manusia. Namanya Diwani-I-Am yang berfungsi sebagai Bangsal Umum. Ini adalah ruangan dimana raja menemui tamu-tamunya dari kalangan masyarakat umum. Ruangan yang berbentuk segi empat melebar ini bernuansa "Pietradura" yaitu termbok-tembok yang berkanopi ukiran seperti yang terdapat di Taj Mahal.

Lahore Gate untuk keluar masuk di Red fort
Lahore Gate
Taman di Red Fort yang hijau dan penuh pohon
Taman di Red Fort
Ukiran di salah satu sudut istana
Tepat di depan Diwani-I-Am terdapat Diwani Khas atau Bangsal Pribadi. Ditempat inilah raja biasanya duduk di Singgasana Meraknya sambil menghadiri pertemuan pribadi, atau sekedar menerima laporan-laporan dan saran serta kritik dari sang perdana menteri. Ornamen ruangan ini tidak jauh berbeda dengan bangsal umum yang menggambarkan keindahan pietradura di setiap sisinya.

Ukiran di salah satu tiang Diwani Khas
Diwani Khas
Bangunan khusus lainnya adalah Rang Mahal atau disebut juga Istana warna. Bangunan unik yang terdapat di belakang Diwani-I-Am ini dikhususkan untuk tempat tinggal para istri-istri dan selir-selir raja. Bangunan ini terdiri dari banyak ruangan yang bersebelahan. Menariknya dalam setiap ruangan di Rang Mahal ini dihiasi dengan lukisan-lukisan indah dan segala bentuk ornamen bernuansa keemasan, serta mozaik-mozaik kaca yang memiliki background air mancur berbentuk teratai. Semua keindahan itu merupakan bentuk apresiasi sang raja untuk semua istri dan selir yang dicintainya.

Taman Hijau di salah satu istana dalam Red Fort
Rumput hijau di Taman Istana
Sang Raja juga mempunyai istana pribadi tersendiri yang terletak disebelah utara Rang Mahal. Istana pribadi ini disebut Khas Mahal. Di ruangan inilah sang raja melakukan aktivitas pribadinya. Hanya beberapa orang terdekat raja saja yang bisa diizinkan masuk ke ruangan ini.

tempat pertemuan raja dan tamu
Tempat pertemuan raja dan Tamu
Pancuran dan tempat mandi
Hammam
Yang menarik, di bagian belakang bangunan ini terdapat Hammam. Ini adalah semacam tempat pemandian yang dikhususkan hanya untuk anggota kerajaan, mulai dari prajurit-prajuritnya sampai pejabat kerajaan.

Masjid yang digunakan di dalam benteng
Masjid dalam red fort
jalan dengan selokan di bagian tengahnya
Jalan menuju istana

Berbeda lagi dengan pribadi raja yang satu ini, yang merupakan ruang kerja raja. Namanya Shahi Burj. Bangunan ini berbentuk segi delapan dan letaknya tak jauh dari Diwan-I-Am, tapi sayangnya ruangan ini tertutup untuk umum.

Kolam air yang mengering di tengah istana
Kolam air yang mengering di tengah istana
Tepat berseberangan dengan Istana Rang Mahal terdapat Masjid Moti atau disebut juga dengan Masjid Mutiara. Masjid indah ini dibangun oleh Raja Aurangzeb, penerus tahta kerajaan selepas Shah Jahan.

Taman dan Istana
Sejarah mencatat bahwa Red Fort ini punya peran penting dalam sejarah India. Di Benteng Merah inilah pemerintah kolonial Inggris menurunkan Tahta Bahadur Shah Jafar, sang Raja Mughal terakhir. Ini menjadi penanda berakhirnya kejayaan dinasti Mughal yang telah bertahta selama tiga abad lamanya di semenanjung India.

Taman istana yang rimbun
Taman istana yang rimbun
Tidak hanya itu, di Lahore Gate yang merupakan pintu utama Red Fort, merupakan tempat dimana Jawaharlal Nehru memproklamirkan kemerdekaan India pada tahun 1945 untuk pertama kalinya. Sejak itulah pada tanggal 15 Agustus tahun-tahun selanjutnya, di tempat inilah sang Kepala Negara India membacakan pidato kenegaraannya.

Taman air di Red fort
Taman air
Tiga jam saya menghabiskan waktu di situs yang masuk ke dalam daftar bangunan bersejarah UNESCO. Saya berusaha untuk menjelajah dari ujung ke ujung, tapi sepertinya bangunan-bangunan ini tiada habisnya. Panas dan lelah membuat saya harus beristirahat beberapa kali di tengah taman-taman berpohon rindang. Di bawahnya terdapat juga muda-muda yang asik berpacaran. Tidak jauh beda dengan Indonesia.

ramai dikunjungi oleh masyarakat
Red Fort ramai pengunjung
Hari beranjak siang, waktu saya semakin terbatas. Saya memutuskan untuk bergegas melanjutkan perjalanan ke titik lain yang paling dekat dari Red Fort yaitu Masjid Jama.

Gerbang berukir di dalam Red Fort
Gerbang berukir di dalam Red Fort
Tips : Cara Mendapat Harga Tiket Murah
Ini cerita tidak saya ceritakan di atas, sebenarnya saya mencoba cara iseng untuk mendapatkan tiket murah masuk ke Red Fort. Caranya dengan cuek berbaris di deretan turis lokal. Saat berada di depan konter tiket saya hanya memberi tanda satu dengan jari telunjuk tanpa berkata apa-apa. Petugas akan bertanya, “Where do you come from?” saya menjawab, “Bangladesh”. Maka tiket masuk yang saya dapatkan hanya seharga 15 rupee saja. Saya tidak menyarankan untuk melakukannya kecuali anda ingin berhemat seperti saya

Baca kelanjutan cerita selanjutnya di sini
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.