Adv

Mengawali Weekend Dengan Asam Pedas Khas Pontianak


Hello December!! Thanks God! It’s Friday! Saya senang bisa memasuki masa weekend dengan ceria. Hati plong dan perut pun plong karena kelaparan. Apa pilihan makanan yang paling seru? Mumpung masih siang seperti yang pedas dan asem pasti membuat lidah menari-nari. Saya putuskan untuk mencoba menu asam pedas ikan. Salah satu tempat yang menjual Asam pedas adalah Bu Wati. Lokasinya tidak begitu jauh dari rumah. Sebagai bentuk cinta makanan Indonesia dan demi mempromosikan makanan lokal kota Pontianak ada baiknya tukangjalanjajan mlipir kesini.
 
Paket Ayam Bakar
Makanan melayu umumnya bercirikan pedas, asam dan asin tentu saja ini sangat menggugah selera makan di siang hari. Saya sudah tidak sabar membayangkan kuah asam dan pedas berwarna merah cantik lewat melalui mulut dan tenggorokan. Duh! Mulut dan segala isinya sudah bergejolak ingin mencicipi kuah mantap asam pedas ini. Lokasi Dapur Asam Pedas bu Wati berada di Jalan Suwignyo didepan Gg Sudiharjo 2. Menempati sebuah ruko dan dengan parkir yang cukup luas. Beberapa meja tersusun dan mampu memuat lebih dari 30 orang. Saya tidak kesulitan mendapatkan meja dan ternyata beberapa teman saya juga sudah ada di lokasi ini. Tepat lokasi dan sasaran.

Tumis Kangkung
Pesanan saya tentu asam pedas dengan pilihan ikan tenggiri bagian perut. Ah, saya membayangkan lemak dibagian perut ikan yang gurih dan segera lumer saat masuk kedalam perut. Kita juga bebas mau memilih jenis ikan seperti kakap hitam, kakap merah dan jenis seafood lainnya. Boleh juga memilih bagian ikan yang diinginkan seperti kepala, badan atau ekor. Tergantung kesukaan pelanggan. Menu lain ada ikan dan ayam panggang, paket nasi goreng, tumis kangkung dan masih ada beberapa menu lainnya lagi. Tapi ingat fokuskan saja ke menu utama yaitu asam pedas.

Paket Nasi Asam Pedas
Selain asam pedas ikan tenggiri, pesanan lain adalah paket nasi dan ayam bakar, cah kangkung, nasi goreng dan tentu ditutup dengan minum es jeruk kecil yang asem kecut manis. Makanan terhidang dalam 15 menit. Kuah merah dengan bumbu yang berani. Mlekoh! Potongan ikannya tidak terlalu besar 1 potong seharga Rp 12.000 tidak termasuk nasi dan pendamping lainnya. Saya menebak kalau kuahnya sudah dimasak terlebih dahulu baru jika ada yang memesan maka ikan dimasukkan sehingga teksturnya masih cantik dan tetap bisa disajikan hangat. Rasa pedas dan asam begitu menggumpal ditambah gurih kemiri yang terasa dibalut rasa asin yang pantas. Rasa ini otentik melayu di lidah saya. Rasa manis hanya saya dapatkan dari daging ikan yang lembut namun masih terasa seratnya saat dikunyah. Ini membuktikan ikannya masih segar saat diproses.

Asam Pedas Ikan Tenggiri
Dinikmati dengan nasi panas dan sambal belacan pasti syedap muantep! Menu lainnya adalah tumis kangkung yang cukup tepat dijadikan pendamping. Ayam panggang yang dipaket bersama nasi, lalapan dan sambal seharga Rp 18.000 cukup ringan dikantong. Potongan ayamnya juga lumayan besar. Lalapan disajikan dalam keadaan segar ditambah dengan sambal tumis yang merah tua berbalut minyak. Warna yang cantik. Ayamnya sopan saat dikunyah, masih berserat namun manut saat dikunyah. Walaupun bumbu panggangnya biasa-biasa saja menurut saya tapi bila dicocol ke sambalnya maka pedas gurihnya langsung menyerang dengan intens.
Nasi Goreng Seafood
Menu lainnya adalah nasi goreng seafood yang rasanya bertolak belakang dengan menu lainnya. Manis legit dan benar-benar terasa njawani. Hanya manis itulah yang saya rasakan kalau mau nikmat lebih baik tambahkan sambalnya yang pedas nyelekit. Jangan lupakan 2 buah udang yang berukuran cukup besar diletakkan diatas cukup memberikan respon positif. Semuanya bisa dinikmati dengan bahagia bersama teman.

Tempat ini cukup luas dibagian malam sehingga tidak terlalu pengap. Dibagian luar juga terdapat parkir yang luas sehingga memudahkan orang untuk meletakkan kendaraannya. Pelayanan yang cepat dan kebersihan tempat ini juga jadi poin plus. Nilai 7 dari 10 boleh saya bagikan disini. Selamat makan dan mencari alternatif baru. Salam Yumcezz

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.