Adv

Si Manis, Kuliner Pontianak yang Melegenda



Tampak depan Warung Kopi Suka Hati
Salah satu budaya yang tidak lekang dimakan zaman adalah minum kopi. Warungnya bertebaran disana sini, bahkan jalan Gajahmada di jantung kota Pontianak ditahbiskan menjadi coffee street. Disini terdapat puluhan warung kopi yang berlomba menyajikan kopi terbaik bagi pelanggannya. Jalan ini selalu hidup oleh hiruk pikuk selama hampir 24 jam.

Plang Serikaya Suka Hati
Saya jadi teringat beberapa tahun lalu saat produk ‘pisang goreng Pontianak’ begitu laris di pasaran Indonesia. Sebuah ciri khas lokal yang menjadi nasional. Pisang goreng menjadi menu wajib menemani nongkrong minum kopi warga lokal Pontianak. Tapi jika membeli pisang goreng diluar Pontianak maka tampilannya menjadi berubah 180 derajat. Bentuknya menjadi sebuah pisang utuh yang digoreng dengan balutan tepung tepung roti kemudian di tambah dengan berbagai macam topping. Mulai dari selai beraneka rasa, taburan coklat beras sampai keju. Tapi paling tidak nama pisang goreng Pontianak sudah menyebar diseluruh Indonesia.

Lokasi didalam Warung Kopi
Tapi sebenarnya pisang goreng Pontianak tidak seperti itu. Pisang kepok dari Sungai Duri di bentuk menyerupai kipas lalu dibalut dengan tepung cair dan kemudian digoreng. Saat disajikan akan diolesi selai serikaya dan dipotong ukuran satu suapan. Menemani minum kopi sedapnya minta ampun. Pisang yang masak sempurna namun tidak benyek di goreng dengan balutan tepung gurih dan dipadu dengan selai serikaya yang super legit lalu berpadu dengan rasa dan aroma kopi Robusta lokal. Mertua lewat sampai lupa menyapa.

Selain pisang goreng, biasanya selai ini akan di oleskan ke talas yang juga berbalut tepung. Talas yang membyar dan empuk bertemu dengan legitnya selai serikaya. SUngguh sumber karbohidrat ini menjadi sangat juara citarasanya setelah mendapat sentuhan selai serikaya. Tidak hanya itu, roti manis khas buatan rumahan tanpa menggunajan mesin juga jadi padu padan sempurna menemani minum kopi sepanjang hari.

Pilih mana yang ingin dibawa pulang
Selai serikaya Pontianak terbuat dari bahan segar seperti kuning telur ayam kampung, gula dan santan serta tanpa bahan pengawet sehingga hanya tahan 4-5 hari di suhu ruangan dan 3 bulan di freezer. Kandungan protein dan karbohidrat tentu dapat memberikan efek positif bagi tubuh apalagi dimakan saat sarapan pagi. Menyehatkan dan penuh energi

Perpaduan tepat. Kopi dan Cemilan
Selai serikaya ini sendiri juga sering sekali menjadi oleh-oleh khas yang jadi pesanan teman-teman saya seluruh Indonesia bahkan beberapa temen saya di Asia seperti Malaysia, Singapura dan Philipina. Memang selai serikaya juga ada dibeberapa daerah tapi dari syaraf lidah saya, selai serikaya buatan Pontianak lebih legit dan gurih dan sangat pas untuk olesan berbagai macam bahan makanan.

Roti, pisang dan talas goreng dengan balutan selai serikaya
Jadi ada banyak hal yang harus di coba saat mlipir ke Pontianak. Mulai dari budaya minum kopi sampai icip-icip cemilan khas pisang goreng, talas goreng dan roti manis khas tanah Pontianak dan disajikan dengan selai serikaya sebagai elemen penting melengkapi petualangan rasa di Pontianak. Temui semua atmosfir kenikmatan dan legenda rasa ini di warung kopi Suka Hati yang sudah berdiri sejak tahun 1942 di Jalan Tanjung Pura No 17 Pontianak. Salam cita rasa dari saya di Pontianak.

Tulisan ini dimasukkan untuk ikutan Jelajah Nusantara 3. Mau coba ikutan? silakan cek deh langsung menuju TKP :)
Ikutan. Siapa tahu beruntung

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.