Adv

Pernak Pernik Penang


In My Opinion (IMO) Penang itu kota yang komplit untuk menghabiskan masa liburan. Apalagi bagi yang suka menikmati arsitektur dan makanan. Saya sendiri samai dua kali mengunjungi kota ini karena masih merasa kurang mengeksplorasi. Kotanya tidak besar dan bisa dijelajah tuntas dalam waktu 3 hari. Asal benar-benar serius untuk menikmati semuanya maka dapat diselesaikan dengan hasil maksimal.
Cerita Mural

Beberapa hal yang membuatnya menjadi kota yang nyaman untuk didatangi ada beberapa hal menurut saya, kalau misalnya pembaca tukangjalanjajan merasa ada hal yang perlu ditambahkan, silakan saja menulis di kolom komentar tapi di sini saya juga mencoba menuliskan beberapa hal yang perlu diperhatikan di Penang.


Kota Transit

Penang bisa menghubungkan Indonesia dengan beberapa Negara Asia Tenggara lewat Hatyai, Thailand. Indonesia bisa melalui Medan, bisa menyeberang menggunakan Ferry lewat Pelabuhan Belawan ke Fort Cornwallis. Saya belum pernah mencoba karena penerbangan sudah sangat murah. Saya pernah mencoba menggunakan pesawat Lion Air dari Penang Airport di Tanjung Bayan Lepas ke Bandara Kualanamu hanya 30 menit. Tidak terasa tiba-tiba sudah sampai. Dari Penang menuju Hatyai memakan waktu diatas 4 jam lalu atau paling tidak 10 jam ke Singapura melewati Kuala Lumpur setelah itu terserah melanjutkan mau kemana.
Transit
Kota Pengobatan
Ini yang jadi senjata andalan strategi bagi warga Indonesia. Hampir di setiap sudut kota Penang saya melihat banyak sekali rumah sakit dan klinik perawatan. Hebatnya lagi saat saya membaca papan nama, masing-masing klinik dan rumah sakit punya spesialisasi, mulai dari khusus kanker, khusus syaraf, khusus organ dalam sampai saya melihat klinik yang hanya menangani khusus fertilitas. Saat ini jug berkembang paket berobat wisata, jadi sementara yang sakit dirawat maka yang menunggu bisa melakukan perjalanan wisata agar tidak bosan menunggu. Agak absurd tapi ternyata ini sangat diminati.

Sudut rumah
Kota Penuh Makanan Enak
Siapa yang tidak kenal dengan Penang Assam Laksa, Char Koay Teow, Ais Kacang, Cendul dan masih banyak lagi. Terakhir saya menemukan kelezatan mie goreng seafood yang sangat banyak ditemukan di berbagai sudut kantin yang ada di Penang. Street food atau food hawker Penang memang sudah mendunia, sudah banyak penghargaan yang didapat, salah satunya dinobatkan sebagai ‘best street food you must try’ Memang boleh diakui jika makanan disini memang menyesuaikan lidah wisatawan kulit putih. Saya yakin jika harus memuaskan lidah orang Indonesia yang mencintai rasa berbumbu pastilah susah. Tapi untuk cendul dan Ais Kacangnya, saya berikan dua jempol ‘die die must try’
Asam Laksa
Popiah
Char Kwe Teow
Ais Batu Campur

Laopan 
Kota Penuh Arsitektur Indah dan Seni
George Town sudah diakui oleh UNESCO sebagai World Culture Heritage disini arsitektur peninggalan Inggris dan beberapa peninggalan Portugal masih banyak ditemukan disini. Beberapa lokasi bangunan di George Town sangat indah. Ada bangunan pemerintahan, gereja, pasar dan banyak lagi yang lain. Tidak hanya arsitektur Eropa di sini juga rumah peranakan bertebaran banyak sekali. Jika berminat, macam-macam museum bisa dikunjungi, ada yang gratis ada yang berbayar. Selain itu rajin-rajinlah mencari mural karya Ernest Zacharevic yang tersebar luas di berbagai jalan disini. Jika bingung, silakan cari Tourism Information Center dan carilah brosur peta posisi mural gratis disana.

Mural
Mural
Kota dengan Pantai dan Wisata Alam
Saya pernah menginap disalah satu hotel di Batu Feringgi, jujur saja pantainya terlihat biasa saja, ada yang landai berpasir tapi juga ada yang memiliki batu karang besar. Di sini juga kita bisa menemukan banyak permainan seperti paralayang dan jetsky. Jika di Pusat Kota, pantainya langsung bertemu beton. Ingin melihat penang dari atas?, naik saja ke bukit bendera menggunakan kereta api. Disini juga ada bendungan besar di balik  bukit. Masih banyak alam hijau yang bisa dikunjungi berupa hutan untuk trekking atau pulau dengan pantai seperti monkey beach.  Cari saja informasi paket wisata permainan air yang ditawarkan di banyak lokasi
Pantai
Lets get lost
Kota Pasar
Hampir setiap daerah di Penang punya Pasar Malam atau Pasar Pagi. Jualannya juga macam-macam. Boleh dibilang segala macam ada. Mulai dari makanan, pernak-pernik, perkakas, kebutuhan harian, baju, barang bekas, sayur mayur sampai binatang. Kalau saya suka Pasar Pagi Pulau Tikus yang menjual pernik murah dan juga cemilan enak yang bertaburan di sepanjang jalan, asal betah memilih dan menawar pasti mendapat harga yang bagus. Saya juga pernah berbelanja di Pasar Malam daerah batu Feringgi tapi disini agak mahal dan tidak bisa di tawar karena daerah hotel untuk orang berduit.
sudut pasar
 Kota Ramah Backpacker
Walaupun Penang banyak hotel berbintang dengan harga yang membuat backpacker melotot. Tapi tenang saja, disekitar George Town, apalagi disekitaran lebuh Chulia banyak sekali dorm bertarif murah. Silakan memilih bangunan dengan arsitektur seperti apa. Tinggal menyesuaikan dengan budget dan jangan lupa untuk mengecek fasilitas apa saja yang disediakan disana. Saya lebih prepare tempat yang ada persewaan sepda, motor dan laundry.
Ramah
Sudut Kota
Kota Mahal
Selain banyak hal yang menarik, boleh dibilang biaya hidup harian di sini cukup mahal, di banding beberapa daerah di Malaysia. Buat yang tidak bisa menahan diri berbelanja harus benar-benar menghitung budget termasuk biaya makan. Saya Pernah makan nasi lemak untuk sarapan di Johor Bahru, satu bingkus plus sambal dan telur rebus berharga RM 1,5 di Penang RM 3,5. Mee Goreng di Kuching RM 4 di Penang RM 7, memang semua makanan terlihat unik dan enak untuk di coba. Untuk paket wisata juga harus diperhatikan, apa saja yang mereka sediakan. Sebaiknya bergati-hati dalam budget harian. Ketatkan diri supaya tidak bablas.
Sudut rumah
 Kota Macet
Ingat! Penang selalu macet saat pagi, makan siang dan jam pulang kantor, di hari jumat saat waktu sholat dan weekend dimana semua orang keluar untuk makan. Boleh di bilang setiap saat macet! Saya selalu menyiapkan waktu dua jam dari kota menuju bandara. Tapi untunglah transportasi di Penang sangat nyaman dan mudah di dapatkan. Rapid Penang melayani semua rute menuju tempat wisata dengan tarif yang murah berkisar dari RM 1 – 5. Adalagi bus pariwisata Hop on Hop off yang melayani rute berkeliling seluruh sudut kota Penang. Untuk tiketnya berlaku selama 24 Jam seharga RM 49 menggunakan bus 2 tingkat dengan setengah bagian atas terbuka ala double decker.
Macet , ada baiknya jalan kaki
 Masih punya cerita lain? silakan berbagi

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.